OUR NETWORK

Masjid Walima Emas, Tempat Terindah Untuk Beribadah di Gorontalo

Source Image: antarafoto.com

Saat ini, sudah banyak masjid yang berdiri mempunyai bangunan nan indah dan mengesankan. Menjadi daya tarik dan melengkapi zona wisata religi di suatu tempat. Tidak hanya itu, terkadang masjid tersebut mengandung sebuah sejarah yang unik dan menarik untuk dikupas. Seperti halnya, masjid Walima Emas yang berada di Gorontalo.

Keindahannya benar-benar nyata adanya. Dimana, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Sudah masjidnya sendiri sangat nyaman dan sejuk, pemandangannya begitu menawan. Kamu bakal dibuat betah berlama-lama disini.

Tentang Masjid Walima Emas

Sumber: bintalahe.blogspot.com

Masjid ini dibangun pada ketinggian 250 mdpl. Dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada 12 Desember 2012. Disini kamu bakal disuguhkan dengan nama-nama bulan dalam penanggalan Hijriyah dengan ukurannya yang cukup besar. Dimana, kamu bisa melihatnya di kanan dan di kiri tangga. Kubahnya berwarna emas sehingga, kamu bisa mengambil latar belakangnya. Sungguh indah dan menawan nian tempat ini. Bahkan, beberapa orang juga menggunakannya sebagai tempat foto prewedding lho. Cukup mengesankan bukan?

Mengunjungi kawasan ini kamu akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah sebagai biaya parkir. Berlaku bagi sepeda motor dan juga mobil. Bagi kamu yang jalan kaki, bisa mengisi kotak amal yang sudah disediakan di depan pintu masuk masjid.

Kawasan ini memiliki dua lantai lho. Dimana, di lantai pertama digunakan sebagai sarana beribadah. Di lantai kedua barulah digunakan untuk tempat melihat pemandangan sekitar.

Cara Menuju ke Lokasi

Masjid Walima Emas secara administratif terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. Kamu bisa masuk melalui Bandara Djalaludin. Dimana, harga pesawatnya bisa mencapai 700 ribuan lho. Dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam sampai 5 jam lamanya.

Sumber: sumber.com

Dari bandara, kamu bisa menyewa mobil dan menuju ke tempat ini dengan waktu kurang lebih 1 jam 19 menit. Perlu diperhatikan bila tempat ini jauh menuju ke atas bukit. Sehingga, jalanan sebelum tiba di tempat ini akan sangat sulit. Naik, turun dan belok tajam menjadi makanan yang harus kamu santap.

Penginapan Sekitar

Bagi kamu yang belum mempunyai tempat menginap, di Sekitar masjid akan ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih. Mulai dari Hotel New Melati. Jaraknya kurang lebih 4,8 kilometer menuju ke lokasi. Terletak di Jalan Wolter Monginsidi No.01, Hulonthalangi, Kota Gorontalo.

Sumber: traveloka.com

Ada beberapa pilihan kamar yang disediakan disini, mulai dari 260 ribu rupiah. Dimana, kamu sudah disuguhkan dengan kamar AC, air minum kemasan cuma-cuma, desk shower dan toiletries, kamu juga bisa mengakses wifi secara gratis serta mendapatkan sarapan gratis pula.

Sumber: agoda.com

Ada lagi Grand Q Hotel Gorontalo  yang jaraknya 5,2 kilometer dari lokasi. Terletak di Jln. Nani Wartabone 25, Gorontalo, Kota timur, Gorontalo. Disini kamu sudah disediakan fasilitas Lift dengan harga mulai dari 385 ribu rupiah. Fasilitas yang akan kamu dapat adalah mesin pembuat minuman hangat teh atau kopi, Ac, Mini bar, Air minum kemasan, televisi dan juga desk. Ditambah dengan bathrobes, hair dryer, dan mendapatkan sarapan gratis serta akses wifi yang super kencang.

Keindahan Masjid Walima Emas

Sumber: antarafoto.com

Berbicara soal keindahan dari masjid ini memang tampak mengesankan. Dimana, kamu bisa melihat pemandangan yang mengesankan Teluk Tomini dan pesisir pantai Gorontalo. Banyak kapal-kapal nelayan yang bisa kamu lihat dari tempat ini.

Kalau saat bulan Ramadhan tiba, biasanya banyak wisatawan yang datang sekitar pukul 5 sore. Biasanya mereka menikmati sinar senja yang turun secara perlahan sembari menunggu bedug maghrib. Makanan takjil pun juga sudah disiapkan di tempat ini.

Nah, kalau pagi hari setelah sholat subuh, banyak wisatawan yang sengaja berdiam diri di tempat ini. Mereka mencoba menikmati bagaimana keindahan dari sang fajar yang perlahan tapi pasti muncul membawa sinar harapan yang indahnya tidak tertahankan.

Sumber: kumparan.com

Keunikan dari masjid ini adalah kubahnya yang terinspirasi dari kue walima. Kue tradisional yang akan disediakan oleh masyarakat Gorontalo untuk menyambut Maulid nabi Muhammad SAW. Kamu bisa melihat empat kubah kecil yang mengapit satu kubah besar di tengah masjid.

Kesimpulan

Masjid Walima Emas menjadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi terutama bagi kamu umat muslim. sholat disini tidak ada salahnya. Apalagi, kalau kamu datang saat bulan Ramadhan. Nuansanya akan sangat berbeda. Jadi, kapan akan mengagendakan kunjungan ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…