OUR NETWORK

Menikmati Pesona 10 Tempat Wisata di Tulang Bawang

Beribukota di Kota Menggala, Kabupaten Tulang Bawang yang merupakan bagian dari Provinsi Lampung memang kurang begitu dikenal di sektor pariwisata. Namun demikian, bukan berarti Tulang Bawang tidak memiliki daya tarik untuk dikunjungi.Sejumlah objek wisata yang ada di kabupaten ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak kalah dari objek-objek wisata yang ada di daerah-daerah lain. Untuk mengetahui sejauh mana potensi Tulang Bawang di sektor pariwisata, berikut 10 tempat wisata di Tulang Bawang yang memiliki pesona tersendiri.

Islamic Center Tulang Bawang

Sumber: Instagram @radenbuddy

Memiliki desain yang unik dan mewah dilengkapi dengan Masjid Asmaul Husnah atau Masjid Agung Baitul Sobhur yang juga sangat indah serta bangunan adat Lampung yang merepresantasikan 4 marga, membuat Islamic Center Tulang Bawang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan.

Selain mengagumi desain arsitektur dari bangunan-bangunan yang ada, pengunjung yang datang ke Islamic Center yang berada di Dusun Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah ini juga bisa melepaskan penat dengan bersantai di taman dan di danau buatan yang dipenuhi berbagai jenis ikan.

Kota Tua Menggala

Sumber: Instagram @banyujava

Selain menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang, Kota Menggala juga menyimpan potensi wisata karena kota ini sudah berkembang sejak zaman kolonial Belanda. Itu sebabnya banyak bangunan-bangunan bersejarah yang menghiasi sudut kota yang akan membawa wisatawan ke suasana masa lampau, dua diantaranya yang sangat terkenal adalah Dermaga Sungai Tulang Bawang dan Pasar lama.

Cakat Raya

Sumber: Instagram @danel_mahendra
Sumber: Instagram @julianardi99

Dihiasi dengan rumah-rumah adat dari berbagai daerah di Indonesia plus miniatur candi Prambanan berukuran 9 x 10 meter2 dengan ketinggian 12 meter, membuat Cakat Raya bisa dibilang miniaturnya Taman Mini Indonesia Indah.

Objek wisata ini banyak dikunjungi anak-anak muda utamanya yang suka bergaya di depan kamera, karena bangunan-bangunan yang ada di lokasi sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Rawa Pacing

Sumber: Malahayati

Selain menyuguhkan panorama yang indah dan masih alami, daya tarik dari Rawa Pacing adalah kehadiran koloni-koloni burung dari Asia dan Australia yang akan bermigrasi. Namun, koloni-koloni  burung tersebut tidak dapat dijumpai setiap saat dan hanya pada musim hujan.

Terletak di Kampung Kibang Pacing yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Menggala, Rawa Pacing hanya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi serta harus melewati jalan tanah yang licin dan berbatu.

Kuala Teladas

Sumber: Thevirginhunter

Kuala Teladas adalah nama kampung yang terletak di Kecamatan Dante Teladas yang sebagian masyarakatnya hidup dari budidaya ikan dan udang. Bahkan ada sebagian masyarakat yang bertempat tinggal di atas Sungai Way Tulang Bawang.

Meski bukan kampung wisata, Kuala Teladas sangat menarik untuk dikunjungi dan selama ini memang banyak para wisatawan yang berkunjung ke sini untuk bersantai dengan berperahu menyusuri panjangnya sungai sambil melihat karamba-karamba milik warga yang menjadi tempat pembudidayaan udang, ikan patin, ikan baung, ikan mas dan berbagai jenis ikan yang lain.

Kampung Tambak Rawajitu Timur 

Sumber: Instagram @rawa_jitu_selatan

Rawajitu Timur merupakan kecamatan yang wilayahnya paling jauh dari Kota Menggala dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petambak. Ada sebagian kecil yang memiliki tambak sendiri, namun sebagian besar menjadi karyawan perusahaan tambak udang, PT Aruna Wijaya Sakti (AWS).

Sama halnya dengan Kuala Teladas, wisatawan yang berkunjung ke Rawajitu Timur dapat melihat secara langsung proses budidaya udang. Hanya saja, jika Kuala Teladas, wisatawan dapat bebas pergi kemanapun, sementara di Rawajitu Timur wisatawan harus memiliki ijin dari PT AWS untuk dapat berkeliling di area tambak milik perusahaan tersebut.

Way Tulang Bawang

Sumber: Instagram @eira_wahyudi

Sungai yang membelah Kota Menggala ini merupakan sungai terluas di Provinsi Lampung dengan daerah tangkapan seluas 1.285 km2. Memiliki panjang puluhan kilometer dan lebar rata-rata 200 meter, Way Tulang Bawang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai objek pariwisata dan upaya itulah yang kini tengah dicoba oleh Pemkab Tulang Bawang dengan menggelar berbagai event wisata seperti lomba memancing, lomba dayung, lomba perahu hias dan sebagainya.

Tirta Garden Waterboom

Sumber: Youtube

Kolam Renang Tirta Garden yang populer dengan sebutan Tirta Garden Waterboom ini terletak di JL. Lintas Timur, Unit 1 Kecamatan Bandar Margo. Diantara beberapa pemandian buatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang, Tirta Garden Waterboom adalah yang terbesar dengan fasilitas paling lengkap. Tidak heran jika waterboom ini menjadi objek wisata favorit masyarakat Tulang Bawang.

Taman Wisata Agro Pulung Kencana

Sumber: Instagram @theodosius_moses

Tempat ini sebenarnya merupakan Pusat Pelestarian Keanekaragaman Hayati Tanaman Buah-buahan Daerah Tropis yang menjadi tempat penelitian budidaya tanaman dan pembuatan bibit unggul sebelum akhirnya disebarluaskan ke masyarakat utamanya petani yang ada di Tulang Bawang.

Namun, dalam perkembangannya tempat ini menjelma menjadi objek wisata karena banyaknya pengunjung yang datang ke sini. Itu sebabnya pihak pengelola melengkapinya dengan berbagai fasilitas bagi wisatawan, seperti gazebo-gazebo untuk tempat beristirahat dan menikmati pemandangan sekeliling, kamar mandi dan WC umum serta rumah makan.

Jurang Seribu

Sumber: Instagram @bekymarthaa

Objek wisata baru ini awalnya adalah sebuah jalan setapak berupa timbunan tanah yang membelah rawa-rawa. Timbunan tanah tersebut sengaja dibuat untuk dijadikan jalan penghubung bagi warga yang akan pergi memancing atau berkebun. Karena di sepanjang jalan ditanami kayu sepang, akhirnya dahan dan ranting dari tumbuhan ini memenuhi kanan kiri jalan membentuk lorong yang indah. Terlebih pada musim hujan, hijau dedaunan yang melingkupi sepanjang jalan membuatnya sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Comments

Loading...