OUR NETWORK

Pagoda Ekayana, Tempat Terindah Bagaikan di Surga

Source Image: bisniswisata.co.id

Berkunjung ke suatu tempat jangan hanya fokus pada wisata alamnya saja ya. Karena, wisata religi sebenarnya mampu membuat kamu tertegun dengan arsitektur bangunannya. Salah satunya adalah Pagoda Ekayana yang berada di kaki Gunung Lokon, Tomohon.

Mungkin, kamu sedikit terkejut dengan keberadaan Vihara satu ini. Ya, toleransi beragama di Tomohon memang sangat baik. Walaupun mayoritas beragama Kristen, tetapi mereka tetap rukun dan berjalan berdampingan tanpa adanya perselisihan sedikit pun. Menarik sekali bukan?

Tentang Pagoda Ekayana

Sumber: bisniswisata.co.id

Pagoda ini juga disebut dengan Pagoda sembilan lantai yang dibangun pada tahun 1982 baru selesai pada tahun 1996 tetapi, baru diresmikan tahun 2009. Proses yang sangat panjang memang membangun kawasan ini yang didominasi dengan warna merah dan juga kuning.

Luas kawasannya mencapai 2 hektar, dimana dari pintu masuk saja kamu sudah bisa melihat patung Pagoda Ekayana yang menjulang menakjubkan mata. Dibangun dengan arsitektur khas cina. Dimana, kamu akan digiring ke sebuah legenda sakti yang berasal dari Tiongkok.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kabupaten Tomohon. Menuju ke objek wisata ini kamu bisa menempuhnya melalui Bandara Sam ratulangi terlebih dahulu atau kamu juga bisa naik kapal menuju ke pelabuhan Manado. Dari pelabuhan kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh mencapai 51 menit jaraknya kurang lebih 24,1 kilometer. Kamu bisa melalui jalan Raya Manado Tomohon untuk mencapai titik lokasi.

Sumber: liputan6.com

Bila memulai dari Bandara Sam Ratulangi, waktu tempuhnya kurang lebih 59 menit dengan jarak kurang lebih 33,9 kilometer. Kamu bisa menempuhnya melalui Jalan Raya Manado – Tomohon. Bagaimana, cukup mudah bukan menuju ke objek wisata ini?

Keindahan Pagoda dan Vihara

Sumber: Instagram @mapangetmegawisata

Salah satu keindahan yang mungkin tidak bisa kamu lupakan adalah keduanya yang menghadap langsung ke Gunung Lokon. Sehingga, kamu bisa menikmati kemegahan gunungnya. tidak hanya sampai disitu saja, saat masuk area pintu masuknya. kamu sudah disambut dengan setidaknya 18 patung Lohan yang berderet di depan pintu masuk.

Sumber: liputan6.com

Warnanya emas, merupakan sebuah simbol bagi para pendosa agar segera kembali kejalan yang benar. Memasuki kawasan Pagoda yang terdiri dari sembilan lantai. Dimana, di setiap lantainya kamu akan disuguhkan dengan benda-benda sakral. Semakin tinggi lantainya, nilai kesakralannya pun juga semakin tinggi.

Bila kamu bisa naik sampai puncak, kamu bisa melihat bagaimana kemegahan Gunung Lokon dan wilayah sekitar dari atas ketinggian. Sungguh, pemandangan yang membuat mata enggan untuk berkedip. Tidak jauh dari pagoda, kamu bisa melihat Istana Dewi Kwan Im yang sangat mengesankan. Di Sekitar istana, kamu bisa melihat berbagai macam kuil kura-kura yang didalamnya kamu bisa melihat hewan tersebut.

Kolam Air Mancur

Sumber: Instagram @yayimages.com

Keindahan Pagoda ini semakin keren dengan hadirnya kolam air mancur yang konon katanya, bukan kolam biasa lho. Bisa mendatangkan rezeki dan juga keberuntungan bagi siapa saja yang mendatanginya. Di sampingnya, ada prasasti yang berisikan panjatan doa seperti, keberuntungan, kebahagiaan, umur, pangkat dan kedudukan. Biasanya untuk memanjatkan doa ini, semua orang harus melempar sebuah koin.

Menariknya lagi bagi kamu yang percaya akan ramalan, tidak ada salahnya lho mencoba ramalan Ciam Si. Sebuah ramalan kuno dengan cara mengambil batang pada bambu yang sudah berisi nomor. Jangan lupa sebelum mengambil panjatkan doa kepada Dewi Kwan Im. Cocokan nomor yang tertera di batang bambu dengan yang ada di kotak. Disana ada sebuah kertas yang berbahasa cina dan Indonesia.

Kesimpulan

Untuk bisa mengunjungi objek wisata ini kamu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Hanya saja, kamu harus menghormati bila tempat ini sedang digunakan ibadah. Jangan berisik ya. Buka setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore.

Pagoda Ekayana adalah salah satu kuil yang megah dengan berbagai ornamen dan arsitektur bangunan cina yang khas. Sebagai tempat ibadah, tempat ini cukup menarik dengan spot instagramable yang bisa dikatakan cukup banyak. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…