in

Penuh Nilai Sejarah, Inilah Fakta Goa Loyang Koro Di Aceh

Sumber Gambar: Google Maps @ Zoel _Sat

Selain wisata danau, pantai dan bukit ternyata ada juga wisata alam berupa goa. Bagi masyarakat Gayo goa ini merupakan salah satu situs peninggalan berharga. Goa inilah yang menjadi rekam jejak kehidupan Gayo dahulu kala. Lalu seperti apa keunikan hingga sejarah Goa Loyang Koro? Simak ulasannya berikut!

Mencari Tahu Sejarah Goa Loyang Koro

Singkatnya, dahulu goa ini adalah tempat persembunyian Sultan Aceh dari kejaran Belanda. Cerita lain menyebutkan goa ini terbentuk karena pertikaian antar penggembala yang membuatnya runtuh. Dahulu, menurut cerita goa ini memiliki ruang yang cukup luas dan tembus ke beberapa wilayah. Saking uniknya banyak turis yang datang tak cuma dari lokal tapi juga mancanegara.

Pesona Keunikan Goa

Unik karena Goa Loyang Koro pintu masuknya berada di tebing pinggiran danau. Untuk menuju kesana terlebih dahulu kamu harus menyusuri jalan setapak. Sepanjang jalan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang biru dan asri. Menuju lorong goa kamu akan di suguhi pemandangan batuan runcing di sudut-sudutnya.

Semakin menuju ke dalam, kamu akan merasakan aura yang berbeda. Rasanya seperti banyak misteri dari masa lampau yang belum terpecahkan. Cerita unik lainnya datang dari patung berbentuk manusia dan hewan di tengah goa. Banyak yang menyebutkan jika mereka adalah penggembala dan ternaknya yang di kutuk oleh Tuhan.

Lokasi Goa

Letak goa legendaris ini berada di kaki Gunung Birahpanyang atau 6 kilometer dari pusat kota. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 20 meter dan jaraknya 15 meter dari bibir danau. Bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Sesuaikan saja bagaimana yang lebih nyaman untukmu.

Harga tiket masuk ke wisata ini juga tidak mahal. Biaya pertama sebesar Rp 2000 di bayarkan ketika masuk ke area goa. Sedangkan biaya kedua Rp 3000 di bayarkan ketika kamu ingin memasuki goa tersebut. Jika di total masih sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Fasilitas Yang Tersedia

Untuk fasilitas sendiri bisa dibilang sudah cukup memadai. Di sekitar area goa terdapat parkiran yang cukup luas. Para penjual makanan dan minuman juga berjejer rapi, jadi tak perlu takut kelaparan. Ada pula papan berisi lembaran kertas yang menceritakan sejarah goa tersebut.

Ketika memasuki goa kamu tak perlu takut gelap. Pasalnya di dalam telah ada lampu gantung yang siap menerangi pengunjung. Panjangnya juga tak main-main, sekitar 100 meter. Jadi, kamu bisa bebas menyusuri goa sambil menikmati pemandangan indahnya.

Hal Menyenangan Yang Bisa Dilakukan

Meski terkesan sederhana, berwisata ke goa tapi jangan salah banyak hal yang bisa di lakukan. Kegiatan menarik tersebut diantarannya:

  1. Berburu Foto

    Sumber Gambar: Google Maps @Hafidz Hanafiah

Mengambil foto atau hunting adalah kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan. Terlebih jika kamu tipe orang yang suka menguploadnya ke social media. Kamu bisa berfoto di spot-spot penuh cerita di goa ini. Semisal, berfoto di dekat patung manusia dan ternaknya yang dikutuk menjadi batu.

  1. Belajar Sejarah

    Sumber Gambar: Google Maps @ike harundiah

Berada di goa ini sedikit banyak kamu pasti akan belajar. Banyak cerita sejarah yang akan kamu dapatkan seperti tentang kerajaan tempo dulu. Ada pula sejarah tentang kehidupan masyarakat Gayo pada dahulu kala. Jadi, selain berlibur kamu juga bisa belajar banyak hal dari tempat ini.

Meski wisata alam seperti ke goa kurang digemari daripada wisata ke pantai. Tapi tidak menutup kemungkinan jika terus di perbaiki dan di promosikan akan menarik hati turis. Seperti halnya yang terjadi di goa lendaris di Takengon ini. Bagaimana sudah tertarik untuk berkunjung? Demikian dulu ulasan menariknya, semoga artikel ini bisa bermanfaat.