spot_img

Sembahyang Di Pura Sakenan yang Indah Di Denpasar Bali

Pulau Bali, siapa sih yang tidak mengenal pulau yang satu ini? mungkin hanya sedikit orang yang tidak mengetahui pulau yang indah ini. Bahkan wisatawan luar negeri pun tidak sedikit yang mengetahui tentang pulau Bali. Bali merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan alam dan keragaman budayanya. Bali sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur dari jam kerja yang melelahkan dirumahmu. Banyak sekali keindahan alam yang ditawarkan disini. Mulai dari pantai, gunung dan juga beberapa bangunan bercorak Hindu yang unik disini. Salah satu tempat yang kami rekomendasikan ketika kamu ingin berlibur kesini ialah Pura Sakenan yang terletak di Pulau Serangan.

Sumber Gambar: Google Maps @Kadek Salendri

Ketika di Bali kamu pasti akan menemukan banyaknya pura yang ada disini. Karena memang di Bali penduduknya merupakan mayoritas umat agama Hindu. Tidak heran jika kalian akan menemukan banyak menemukan bangunan tempat ibadah umat Hindu disini. Salah satunya ialah Pura Sakenan, tidak hanya tempatnya yang unik. Pura ini juga memiliki bangunan yang megah. Itulah mengapa selain menjadi tempat ibadah Pura Sakenan memiliki daya tarik untuk menarik para wisatawan untuk berwisata kesini.

Jika kalian semakin penasaran dengan nuansa yang ditawarkan Pura Sakenan. Maka dari itu mari ikuti beberapa Ulasan kami mengenai Pura Sakenan berikut.

Pura Sakenan

Pura Sakenan
Sumber Gambar: Google Maps @MadeBatuan

Pura Sakenan di Bali ini merupakan sebuah pura penting yang terletak di kawasan Selatan Bali. Tepatnya berada di atas Pantai Barat Laut Pulau Serangan. Pulau Serangan adalah sebuah pulau kecil yang berjarak sekitar 10 km dari Selatan Denpasar. Pura ini ternyata masih memiliki hubungan dengan Buddha yang melinggih Ida Bhatara Sakya Muni.

Pura Sakenan
Sumber Gambar: Google Maps @발리Hulk

Sama saja saat berwisata ke pura pura yang lainnya. Saat masuk ke kawasan pura ini kalian akan diwajibkan untuk mengenakan sarung dan sabuk kain khas dari Bali.

Pura ini memiliki luas hanya sekitar 2,9 km dengan lebar hanya 1 km saja. Pembangunan Pura Sakenan ternyata di latar belakangi oleh rasa wujud syukur masyarakat yang sira angen dengan keindahan alam Pulau Serangan.

Pura ini awalnya hanya berupa batu bersinar yang ditemukan oleh Danghyang Astapaka saat melakukan perjalanan ke Bali pada tahun 1530. Selanjutnya pura ini disempurnakan oleh Pedanda Sakti Wawu Rauh dengan melakukan upacara di pura ini. Sejak saat itulah pura ini dinamakan dengan Pura Sakenan.

Pura Sakenan terdiri dari beberapa pelinggih dan bangunan yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Pura Dalem Sakenan dan Pura Pesamuan Agung Sakenan. Seperti pada umumnya pura, Pura ini dibagi menjadi 3 halaman, yaitu utama, madya dan nista mandala. 3 halaman ini dikelilingi oleh tembok penyengker lengkap dengan candi bentar.

Pura Sakenan
Sumber Gambar: Google Maps @Gontho Pramuhargono

Bangunan Pura yang satu ini dibuat dari Batu Karang merah dan batu kapur sehingga menjadikannya bangunan yang cukup unik untuk berwisata. Pura ini juga ternyata merupakan pura peninggalan dari kerajaan Mataram.  Di sekitar Pulau Serangan ini juga terdapat sebuah Balai Konservasi penyu. Di balai ini kamu dapat melihat prosesi penetasan telur penyu, tukik ataupun anakan penyu. Setelah usia penyu ini dirasa cukup dewasa, anak anak penyu ini akan dilepaskan ke pantai untuk menjelajahi laut lepas.

Lokasi Pura Sakenan

Lokasi Pura Sakenan ini berada di Pulau serangan, Denpasar, Bali. Tenang saja walaupun letaknya berada di seberang pulau. Kalian dapat menggunakan pribadi untuk menuju ke Pura Sakenan. Rute untuk menuju ke pura ini menjadi sangat mudah berkat adanya reklamasi yang menghubungkan Pulau Serangan dengan Bali melalui Jembatan.

Jika kalian lelah dari perjalanan panjang kalian. Tenang saja di Pulau serangan ini juga terdapat beberapa warung lima kaki. Warung ini dapat menjadi tempat singgah sementara kalian sambil mengisi perut dari panjangnya perjalanan kalian. Disini juga dilengkapi dengan fasilitas area parkir bagi kalian yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan kemegahan dan keindahan yang ditawarkan oleh pura ini tentunya akan sangat cocok untuk kalian yang mencari ketenangan dengan berlibur. Kalian juga bisa mengajak teman, kekasih, ataupun keluarga anda ketika mengunjungi Pura ini.

Baca Juga: Menengok Megahnya Pura Gunung Kawi Sebatu di Gianyar

Itulah ulasan kami tentang Pura Sakenan. Jika kalian tertarik kalian harus segera menyiapkan jadwal liburan kalian dan langsung menuju ke Pura Sakenan.

 

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.