in

Tanjung Bersinar Park , Taman Bernuansa Islami

Sumber Gambar: visitkalsel.com

Tanjung Bersinar Park berada di Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Taman ini memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat kota, tepatnya berada di tepi Jalan Trans Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, dan berada di samping kantor DPRD Tabalong. Karena letaknya yang sangat strategis, tempat ini menjadi salah satu taman paling terfavorit yang ada di Kabupaten Tabalong.

Taman ini juga disebut sebagai ikon baru untuk Bumi Surabakawa yang diresmikan pada tanggal 6 Desember 2016 oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. Kebetulan peresmian taman ini bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Tabalong yang ke 51 tahun. Taman ini juga menjadi salah satu lokasi terbesar Ruang Terbuka Hijau yang dimiliki oleh Kabupaten Tabalong. Karena menjadi salah satu lokasi Ruang Terbuka Hijau, taman ini sangat teduh dan sejuk. Sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai sehari-hari.

Sumber Gambar: pariwisata-tabalong.blogspot.com

Jika anda mengunjungi Tanjung Bersinar Park pada pagi hari, anda akan menjumpai orang-orang sedang berolahraga di taman ini. Taman ini memang sangat cocok digunakan untuk sarana olahraga, dengan adanya taman ini semangat untuk berolahraga dari masyarakat sekitar semakin bertambah. Mayoritas pengunjung yang datang untuk berolahraga di taman ini didominasi oleh kalangan muda mudi, namun terdapat beberapa orang-orang tua yang berjalan santai disekitar taman ini untuk menambah stamina mereka.

Keunikan Taman Dengan Ornamen Bernuansa Islami

Sumber Gambar: banjarmasin.tribunnews.com

Satu hal yang paling mencolok dari taman ini adalah bentuk bangunannya, Tanjung Bersinar Park memiliki ornamen dengan nuansa islami. Nuansa islami inilah yang kemudian menjadi ciri khas utama dari taman ini. Jika anda pertama kalinya mengunjungi taman ini atau hanya sekedar melewatinya mungkin anda akan mengira bahwa tempat ini bukan taman, melainkan masjid atau bangunan ibadah lainnya. Taman ini terdiri dari beberapa bangunan dengan ciri khas kubah seperti yang ada di masjid-masjid besar.

Sumber Gambar: visitkalsel.com

Taman dengan luas kurang lebih sekitar 1 Hektar ini semakin menambah kecantikan Kota Tanjung Bersinar. Di tengah-tengah taman anda akan menjumpai sebuah tugu yang dinamakan Tugu Langsat. Tugu Langsat ini terinspirasi dari sebuah buah yang menjadi ciri khas Kabupaten Tabalong. Tugu tersebut tepat berada di tengah-tengah taman dan berada diantara dua gazebo. Tata letak yang sempurna dan pas menjadikannya sebagai pusat perhatian yang ada di taman ini.

Fasilitas Taman Yang Sangat Cocok Untuk Keluarga

Selain berolahraga dan bersantai, anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya di taman ini. Taman ini sangat ramai dikunjungi pada akhir pekan dan juga sore hari. Biasanya banyak orang tua akan mengajak anak-anaknya untuk refreshing di taman ini. Apalagi pada saat akhir pekan, taman ini akan berubah seolah-olah seperti taman anak-anak. Anak-anak yang datang ke taman ini pasti akan sangat senang dan gembira, karena taman ini sudah dilengkapi dengan fasilitas playground khusus untuk anak-anak. Terdapat beberapa permainan di sekitar taman, seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain-lain. Selain itu para orang tua tidak perlu merasa khawatir karena seluruh permaninan yang ada di taman ini sudah terjamin keamanannya.

Sumber Gambar: pariwisata-tabalong.blogspot.com

Anda juga tidak perlu merasa khawatir kepanasan karena taman ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang sehingga anda akan merasakan angin yang sejuk dan segar. Selain itu, taman ini biasanya juga dimanfaatkan oleh para pengunjung yang sedang melakukan perjalanan menuju ke suatu tempat. Taman ini biasanya dijadikan untuk tempat singgah dan beristirahat sejenak. Taman ini dijadikan sebagai tempat singgah karena memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap seperti mushola, toilet, serta tempat makan. Hal inilah yang menjadikan Tanjung Bersinar Park ramai dikunjungi.