OUR NETWORK

Tugu Khatulistiwa, Tugu Tanpa Bayangan Ikon Utama di Pontianak

Tugu Khatulistiwa, Tugu Tanpa Bayangan Ikon Utama di Pontianak
Source Image: backpackerjakarta.com

Kota Pontianak selalu identik dengan Tugu Khatulistiwa. Kota ini merupakan salah satu kota yang dilalui garis Khatulistiwa atau garis nol derajat yang sering disebut sebagai equator. Di Kota Pontianak ini telah dibangun sebuah menara yang menandakan bahwa wilayah ini telah dilalui Garis Khatulistiwa. Menara ini dibangun oleh tim geografis yang dibawahi oleh ahli geografis yang berkebangsaan Belanda.

Sumber: Instagram @resellertravel

Meskipun hanya sebuah menara, namun sudah banyak orang yang mengunjungi Tugu Khatulistiwa ini. Wisata tanpa bayangan, begitulah julukan untuk tugu ini dari beberapa wisatawan. Bagi kamu yang berencana untuk berlibur ke Kalimantan Barat, maka kamu tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa.

Mari kita bahas jauh lebih dalam lagi mengenai Tugu Khatulistiwa.

Kenalan Dulu Yuk Sama, Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa berada di Jalan Khatulistiwa, Kel. Batulayang, Kec. Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang melintasi Kota Pontianak. Dari data yang ada jumlah pengunjung mencapai 3.716 wisatawan mancanegara dan 47.539 wisatawan domestik.

Sumber: Instagram @pergidulu

Tugu Khatulistiwa merupakan satu-satunya monumen yang ada di dunia dan menjadi bukti visual akan sebuah peristiwa alam yang terjadi setiap 2 tahun sekali, yaitu pada 21 – 23 Maret dan 21 – 23 September. Tugu ini merupakan titik dimana pada bulan tersebut tugu tidak memiliki bayangan dan berada tepat di garis lintang Nol derajat.

Peristiwa tersebut disebut sebagai Titik Kulminasi dan menjadi kalender tahunan Kota Pontianak untuk menarik para wisatawan dengan berbagai macam kegiatan yang diadakan di sekitar Tugu Khatulistiwa.

Sumber : Instagram @exploringpontianak
Sumber : Instagram @exploringpontianak

Lokasi Tugu Khatulistiwa terletak sekitar 3 kilometer dari Pusat Kota Pontianak, tepatnya di Jalan Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa ini merupakan ikon yang terkenal di Kalimantan Barat. Diperlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat Kota Pontianak untuk menuju ke lokasi Tugu Khatulistiwa. Tepatnya tahun 1928 tugu ini resmi dibangun. Bangunan dari Tugu Khatulistiwa pun telah mengalami beberapa renovasi, hingga menjadi semakin menarik seperti sekarang ini.

Terdapat Area Swa Foto di Tugu Khatulistiwa

Komplek yang berada di dalam Tugu Khatulistiwa memiliki sebuah miniatur bola dunia. Miniatur bole dunia tersebut berwarna biru dan nampak seperti bola dunia yang ada di Universal Studio. Kamu bisa berfoto dengan menggunakan pose yang unik di miniatur bola ini. Kamu bisa berpose seperti seolah-olah mengangkat bumi dengan satu tangan atau dua tangan. Kamu bisa mencoba beberapa gaya, salah satunya adalah seolah-olah kejatuhan planet bumi atau nampak sedang memukul bumi dari atas.

Sumber: Instagram @mr_friday_jr

Selain keempat kegiatan unik tersebut, maka kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan lainnya seperti bersalaman dengan teman di dua lintang berbeda. Kamu juga bisa melihat beberapa foto sejarah yang ada sekaligus bersantai di taman dan di beberapa tempat makanan yang ada di sekitar Tugu Khatulistiwa.

Kamu juga bisa mendapatkan sertifikat lho Guys. Sertifikat ini menyatakan bahwa kamu sudah mengunjungi tugu, sertifikat ini di dapat dari pengelola Tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa ini memiliki jam operasional. Tugu ini buka dari Senin hingga Minggu dan dibuka pada pukul 07.30 hingga 19.00 wib. Pengunjung yang mengunjungi Tugu Khatulistiwa tidak akan dikenakan biaya apapun.

Tips Wisata

Pontianak terkenal memiliki udara panas khas daerah tropis. Cuaca panas juga akan menyambut kamu ketika kamu berkunjung ke Tugu Khatulistiwa. Nah, buat kamu yang berencana untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa, maka lebih baik kamu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya kamu harus mempersiapkan payung untuk menghindari panasnya terik matahari.

Sumber: Instagram @hennipurwanti

Kamu tentunya tidak hanya ingin berkunjung ke Tugu Khatulistiwa saja kan? Pemandangan sekitar tugu juga tidak kalah menarik loh Guys. Jika kamu beruntung, maka kamu akan menemui agenda wisata khusus seperti berbagai kegiatan seni budaya lokal beserta dengan pameran yang diadakan di sekitar Tugu Khatulistiwa. Jadi sebisa mungkin kamu datang ke Tugu Khatulistiwa pada saat yang tepat.

Jika kamu ingin menyaksikan keunikan dan keistimewaan yang dimiliki Tugu Khatulistiwa, maka kamu sebaiknya berkunjung di tanggal 21 – 23 Maret atau 21 – 23 September. Tugu ini akan kehilangan bayangan pada tanggal tersebut, inilah yang menjadi keistimewaan Tugu Khatulistiwa.

Kamu wajib menyaksikan fenomena unik dan langka yang ada di Tugu Khatulistiwa ya Guys. jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…