OUR NETWORK

10 Oleh-oleh Khas Ambon yang Menarik untuk Dibawa Pulang

Selain dari faktor wisata, Ambon yang merupakan ibukota dari Maluku juga menyimpan hal menarik lainnya, yaitu oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang untuk diberikan pada keluarga dan teman kamu. Apa saja oleh-oleh yang bisa dibeli di Ambon? Langsung saja simak oleh-oleh asal Ambon di bawah ini.

Kerajinan Kerang Khas Ambon

Sumber: Instagram @yaumell_store

Kerang yang didapat dari laut selain bisa dimakan, bisa juga dijadikan sebagai kerajinan tangan yang indah dan bernilai seni tinggi. Beberapa kerajinan yang dibuat dari kerang antara lain adalah kalung, cincin, gelang, bros, gantungan kunci, sampai hiasan dinding. Harganya juga bervariasi, dari yang termurah sampai yang termahal. Tentunya, kerajinan kerang yang mahal memiliki kualitas terbaik dibandingkan harga yang lebih murah.

Kopi Sibu-sibu

Sumber: Instagram @food_choise2016

Buat pecinta kopi, berkunjung ke Ambon tanpa mencicipi kopi sibu-sibu bagaikan sayur tanpa garam, serasa ada yang kurang. Kopi khas Ambon ini sebenarnya adalah kopi robusta yang dihaluskan, namun penghalusannya masih dilakukan dengan cara yang tradisional. Yang unik dari kopi ini adalah adanya bubuk kenari halus dan bubuk cengkeh halus yang dicampurkan ke dalam kopinya, sehingga menciptakan cita rasa tersendiri.

Rujak Natsepa

Sumber: Instagram @dahliacitra

Rujak memang makanan yang tersedia di seluruh Indonesia. Jika kamu sedang berada di Ambon, maka kamu harus mencicipi rujak natsepa. Sebenarnya rujak ini mirip dengan rujak kebanyakan, yaitu berisikan potongan buah segar dan ditambah dengan sambal pedas dan gurih. Bedanya, di rujak ini kamu bisa memilih sendiri tingkat kepedasannya.

Ikan Kuah Pala

Sumber: Instagram @masakanindonesia1

Makanan yang satu ini dibuat dari bahan dasar ikan segar dengan kuah yang kaya bumbu rempah. Karena makanan ini berkuah, maka makanan ini lebih cocok dimakan saat sedang dalam perjalanan pulang, dan kurang cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh untuk di rumah. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh.

Ikan Asap

Sumber: Instagram @rfridwan

Dibandingkan makanan sebelumnya, ikan asap ini lebih cocok dijadikan oleh-oleh, karena ikan asap ini merupakan makanan kering, sehingga bisa dimasukkan ke dalam plastik untuk kemudian dibawa pulang. Ikan asap khas Ambon ini memang menjadi salah satu oleh-oleh paling populer di Ambon. Setelah dibawa pulang, jangan lupa untuk dihangatkan terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

Sambal Colo-colo

Sumber: Instagram @bungfrankie

Sambal khas Ambon yang dibuat dari cabai rawit, tomat muda, bawang merah, seledri, garam dan air perasan jeruk nipis ini cocok dijadikan sebagai ‘pasangan’ dari ikan asap plus nasi putih. Sambal ini sudah dijual dalam bentuk kemasan, seperti plastik atau kaleng, sehingga cocok dibeli sebagai oleh-oleh untuk orang rumah agar bisa merasakan sambal khas Ambon.

Papeda

Sumber: Instagram @ferrychn

Papeda adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang lengket seperti lem. Namun tenang saja, karena ini masih bisa dimakan dan tidak berbahaya. Makanan ini bisa dimakan sebagai pengganti nasi. Biasanya, papeda ini disajikan bersama dengan ikan kuah kuning di Ambon. Makanan ini harus kamu cicipi paling tidak sekali seumur hidup.

Nasi Lapola

Sumber: Instagram @asrisoerjadi

Jika di Jawa ada nasi uduk dan nasi kuning, maka di Ambon ada Nasi Lapola. Nasi ini adalah campuran nasi setengah matang dengan kacang tolo, parutan kelapa dan juga tambahan garam. Kemudian, nasi tersebut dimasak kembali hingga matang. Sama seperti ikan kuah pala, sebaiknya nasi lapola ini dimakan langsung karena bisa cepat basi.

Aneka Olahan Sagu

Sumber: Instagram @resepkokiid

Ambon merupakan penghasil sagu terbesar di Indonesia, sehingga tak heran banyak ditemukan makanan olahan yang terbuat dari sagu, seperti bubur sagu ubi, talam sagu bakar, woku komo-komo dan kue sagu kering. Beberapa di antaranya bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh, seperti kue sagu kering, sementara lainnya tak cocok dijadikan oleh-oleh karena harus langsung dimakan.

Kue Kering Kenari

Sumber: Instagram @eka_leimena

Terakhir, ada kue kering kenari yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh dari Ambon. Kue kering kenari ini adalah kue dengan bentuk lembaran, dengan taburan cacahan kacang kenari. Selain kenari, kamu juga akan menemukan kacang almond. Bisa kamu bayangkan betapa gurihnya kue khas Ambon ini.

Jika kamu sedang jalan-jalan ke Ambon, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di atas ya.

Comments

Loading...