OUR NETWORK

10 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Sayang untuk Dilewatkan

Pernahkah kamu berkunjung ke Balikpapan? Jika pernah, mungkin kamu merasakan bahwa berkunjung ke Balikpapan kurang lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh khas Balikpapan, yang tentunya hanya ada di Balikpapan dan tak bisa kamu temukan di tempat lain. Lalu, apa saja oleh-oleh yang bisa kamu beli di Balikpapan? Langsung simak berikut ini.

Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

Sumber: Instagram @balikpapandelicious

Pertama, kamu bisa membeli souvenir dan juga aksesoris dari suku Dayak, yang merupakan salah satu suku di Pulau Kalimantan. Souvenir dari suku Dayak ini bisa berupa gelang, anting, kalung, atau tas yang terbuat dari manik-manik. Tak hanya aksesorisnya saja, kamu juga bisa membeli baju adat suku Dayak, tentu saja dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan aksesorisnya. Bila tertarik membeli souvenir semacam ini, kamu bisa datang ke Pasar Kebun Sayur atau Pasar Impres.

Mantau

Sumber: Instagram @balikpapandelicious

Mantau aslinya merupakan makanan asal Tiongkok, namun di Balikpapan, makanan ini sedikit dimodifikasi. Mantau sendiri sebenarnya adalah roti biasa, bentuknya seperti bakpau, namun tanpa adanya isian seperti cokelat atau daging. Mantau ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu mantau goreng dan mantau kukus. Tentunya keduanya terasa enak, dan cocok dimakan saat sedang bersantai. Mengenai harga, jangan khawatir, karena kamu bisa mendapatkan Mantau dengan harga tak sampai Rp 5 ribu.

Amplang Ikan

Sumber: Instagram @amplangsekarwangi

Sama seperti di Banjarmasin, di Balikpapan kamu juga bisa menemukan oleh-oleh amplang ikan. Amplang ini juga terbuat dari bahan yang sama dengan amplang yang ada di Banjarmasin, yaitu ikan pipih. Bila ke Balikpapan, rasanya ada yang kurang jika tak membeli oleh-oleh ini, untuk dimakan pada saat santai atau saat dalam perjalanan.

Makanan Olahan Kepiting

Sumber: Instagram @gelangdayak

Kepiting merupakan salah satu hasil laut di Balikpapan, karena itu tak heran jika banyak oleh-oleh berbahan dasar kepiting. Makanan yang diolah dari kepiting ini antara lain adalah kepiting saus tiram, kepiting tauco, atau kepiting asam manis. Dalam bentuk oleh-oleh, kamu bisa membeli abon kepiting dan keripik kepiting khas Balikpapan. Buat penyuka makanan yang dibuat dari kepiting, oleh-oleh itu wajib kamu cicipi.

Onde-onde Ubi Ungu

Sumber: Instagram @synthiatjipto

Biasanya, onde-onde berisikan kacang hijau. Namun di Balikpapan, onde-onde ini diisi dengan ubi ungu, membuatnya jadi jajanan yang cukup unik. Onde-onde ungu ini bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Tersedia pula onde-onde dengan isi yang berbeda, seperti keju atau cokelat. Bila kamu sedang mencari oleh-oleh yang berbeda, maka kamu bisa membeli onde-onde ubi ungu ini.

Bingka

Sumber: Instagram @browniescious

Selain onde-onde ubi ungu, makanan khas Balikpapan yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh adalah bingka. Mungkin kamu sendiri sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Bingka termasuk kue basah, sehingga tak akan bertahan lama jika disimpan. Karena itulah, sebaiknya makanan ini cepat dimakan dan langsung habis agar tak terbuang. Bingka ini memiliki berbagai varian rasa, seperti pisang, cokelat, keju, sampai vanilla.

Bakpia

Sumber: Instagram @balikpapandelicious

Ya, kamu tak salah baca. Bakpia ternyata bukan hanya ada di Yogyakarta saja, namun ada juga di Balikpapan. Lalu, apa bedanya? Bedanya, bakpia yang ada di Balikpapan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar daripada bakpia Yogyakarta, jadi bisa lebih puas. Sama seperti bingka, bakpia Balikpapan ini juga memiliki varian rasa, mulai dari keju, kacang hijau, sampai cokelat.

Batik Khas Balikpapan

Sumber: Google

Buat penggemar batik, maka koleksi akan kurang lengkap jika tak memiliki batik dari Balikpapan. Batik khas Balikpapan ini memiliki motif yang simpel dan dipadukan dengan motif khas suku dayak Kalimantan. Harganya sendiri bervariasi, ada yang murah, dan ada juga yang mahal. Tentunya, bahan batik yang mahal lebih bagus daripada bahan batik yang lebih murah. Tergantung kamunya saja, mau membeli yang mana.

Batu Mulia

Sumber: Instagram @toko_isna.r

Di Balikpapan kamu juga bisa membeli batu mulia. Salah satu tempat penjualan batu mulia yang populer adalah di Pasar Inpres Kebun Sayur. Kamu bisa menemukan berbagai macam batu mulia dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan, kamu juga masih bisa menawar harganya agar bisa mendapatkan batu mulia dengan harga yang lebih murah lagi.

Kain Songket Balikpapan

Sumber: Instagram @bunga_galerry

Selain batik, tersedia pula kain songket yang bisa kamu beli di Balikpapan. Kain songket ini dijual dalam bentuk kain meteran. Warna dari kain songket ini terbilang menarik dan cukup mempesona, sehingga membuat pelanggan tertarik. Kain ini cocok dibeli sebagai oleh-oleh, atau untuk dijadikan koleksi kamu sendiri.

Nah, dari semua oleh-oleh di atas, mana yang sudah pernah kamu beli untuk keluarga dan teman kamu?

Comments

Loading...