OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Bengkayang

Lempok Durian

Sumber gambar : Instagram.com

Lempok durian adalah sebuah dodol yang terbuat dari bahan utamnya  buah durian, memiliki rasa yang manis dan legit membuat lempok durian sangat cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh. Camilan ini memiliki rasa yang benar-benar istimewa yang mampu menggoda lidah siapa saja harganya pun terbilang cukup relatif murah dan sangat mudah untuk dijumpai di daerah Bengkayang karena kita tahu sendiri daerah Bengkayang adalah daerah penghasil durian yang sangat bagus dari Indonesia sehingga lempok durian ini memiliki rasa yang benar-benar khas dari daerah Bengkayang.

Lemang

Sumber gambar : Instagram.com

Lemang adalah salah satu makanan yang berasal dari beras ketan, dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang setelah itu Lemang dibakar pada nyala arang api sehingga makanan ini sangat nikmat hidangkan saat masih hangat dengan sayur mayur khas dari daerah Bengkayang.

Tempoyak

Sumber gambar : Instagram.com

Bahan utama untuk membuat tempoyak adalah buah durian yang sudah difermentasi ya guys sehingga masakan Ini mengandung rasa yang cukup asam dan manis dia bercampur menjadi satu Makanan ini sangat cocok sekali dihidangkan bersama dengan nasi yang masih hangat makanan ini banyak sekali diburu oleh para wisatawan tatkala mereka berkunjung ke Bengkayang.


Kue Kantong Semar

Sumber gambar : Instagram.com

Kue yang satu ini sudah sangat populer sekali untuk masyarakat di daerah Bengkayang kue ini begitu mudah untuk ditemui, selain itu kue ini sangat nikmat dihidangkan ya guys.Dari namanya saja sudah unik, rasanya pun begitu ciamik,  kue ini begitu populer apalagi saat bulan puasa telah datang karena ibarat kata kue ini menjadi hidangan khas bahkan hidangan wajib untuk masyarakat sekitar untuk berbuka puasa kue ini sangat cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh tatkala teman-teman berkunjung ke daerah Bengkayang.

Kerabu Asam

Sumber gambar : Instagram.com

Sumber Gambar

Sebuah makanan yang begitu unik dari daerah Bengkayang,  sebuah sambal tapi terbuat dari bahan utamanya mangga muda tentu Sambal ini memiliki rasa yang berbeda dari kebanyakan sambali-sambai lainnya ya guys , karena tentunya Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan manis serta rasa asam yang bercampur menjadi satu sehingga membuat sambal ini banyak diburu oleh para wisatawan, bahkan banyak juga yang dijadikan sebagai oleh-oleh.

Pekasam Ikan

Sumber gambar : Instagram.com

Daerah Bengkayang memang memiliki makanan-makanan khas yang begitu menggoda selera salah satunya adalah pekasam ikan yang begitu populer untuk masyarakat di sana sebuah sayur dengan bahan utamanya adalah ikan yang sudah diolah dengan bumbu-bumbu khas dari daerah Bengkayang diolah dan digoreng sehingga membuat makanan ini begitu luar biasa nikmatnya makanan ini juga tergolong bisa tahan lama sehingga banyak para wisatawan yang memilih pekasam ikan ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Sungkui

Sumber gambar : Instagram.com

Bentuknya memang seperti lontong namun sungkui memiliki ciri khas rasa yang sangat lembut dan gurih serta bau yang cukup wangi sehingga membuat selera makan kita semakin tergugah. Selain itu sungkui banyak dijadikan oleh para wisatawan untuk oleh-oleh karena makanan ini bisa membuat kenyang dan tentunya terbuat dari bahan-bahan alami yang tentunya akan menyehatkan kita dan juga tanpa pengawet, meskipun tanpa pengawet makanan ini bisa tahan juga cukup lama sehingga sangat cocok sekali dijadikan alternatif sebagai oleh-oleh.

Kue Merke

Sumber gambar : Instagram.com

Kue yang satu ini benar-benar membuat lidah siapa saja yang memakannya akan ketagihan bentuknya cukup unik karena bentuk kue ini melingkar dan bergerigi kue ini  juga sangat renyah, sehingga Kue ini sangat cocok sekali dijadikan camilan bahkan kue ini begitu populer bagi masyarakat setempat selain itu,  kue ini selalu diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.


Bubur Gunting

Sumber gambar : Instagram.com

Di daerah Bengkayang banyak sekali jenis-jenis atau macam-macam bubur, salah satunya adalah bubur gunting ini ya guys bubur gunting ini memiliki rasa yang benar-benar nikmat dapat dihidangkan di setiap waktu.Bubur gunting ini memiliki bahan dasar yaitu kacang hijau yang sudah dikupas sehingga akan mempunyai nilai gizi dan vitamin yang tinggi, mengingat bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja.


Rujak Ebi

Sumber gambar : Instagram.com

Rujak yang satu ini terlihat berbeda dengan rujak-rujak yang lainnya karena pada bagian atas rujak ini akan diberi dan ditaburi dengan  parutan ebi sehingga membuat rujak ini semakin gurih dan segar dan juga memiliki kenikmatan yang tiada tara sangat cocok untuk dicoba bahkan kerap sekali banyak para wisatawan yang menjadikan rujak ini sebagai oleh-oleh.

Comments

Loading...