OUR NETWORK

10 Oleh-oleh Khas Kota Malang

Sebagai salah satu kota dengan jumlah wisatawan yang cukup banyak di Indonesia, kota Malang tentunya tidak hanya berupaya untuk sekedar menyajikan spot wisata terbaik, tapi juga menyajikan ragam jenis oleh-oleh khas yang bervariasi. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota Malang sebaiknya membaca ulasan berikut terlebih dahulu supaya mengetahui oleh-oleh apa saja yang sebaiknya nanti dibeli, berikut ulasannya:

Apel Malang

Sumber: Instagram@ivanrheza

Berbicara tentang kota Malang tentu tidak bisa dijauhkan dari yang namanya buah apel. Ya, bisa dikatakan jika buah apel sudah menjadi ikon dari kota Malang. Jadi jangan heran jika ada sebagian orang yang menyebut kota Malang sebagai kota apel. Buah apel sendiri merupakan buah yang dapat tumbuh subur di dataran tinggi sehingga tak heran jika Malang sebagai kota dataran tinggi dipenuhi dengan perkebunan apel. Di Malang, Anda bisa mendapatkan buah ini dengan harga yang tentunya jauh lebih murah daripada di kota lain. Selain itu, Apel Malang juga memiliki rasa yang lebih lezat daripada apel import atau sejenisnya.

Malang Strudel

Sumber: Instagram@strudelmalang

Mulai berdiri sejak tahun 2014, Malang Strudel sudah menjelma menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang paling terkenal. Malang Strudel sendiri merupakan pusat penjualan oleh-oleh khas Malang yang mana menjual berbagai macam strudle dengan ragam varian rasa, mulai dari apel, stroberi, keju, cokelat, dan lain sebagainya. Selain itu, hal yang membuat Malang Strudel menjadi sedemikian terkenal adalah karena sosok Teuku Wisnu, artis papan atas yang memang menjadi founder dari Malang Strudle itu sendiri. ya, Teuku Wisnu memang serius dalam menjalankan bisnisnya di kota Malang ini, bahkan hingga kini Malang Strudle sudah memiliki 5 gerai utama dan puluhan cabang penjualan retail.

Keripik Buah

Sumber: Instagram@jastipcakesamarinda

Masih berkutat dengan buah-buahan, kali ini ada ragam keripik buah yang juga sudah menjadi ikon dari oleh-oleh khas Kota Malang. Warga Malang memang kratif dalam mengembangkan jenis oleh-oleh sehingga Anda dapat menemui beragam keripik buah buah olahan yang terbuat dari 100% buah asli. Varian buah yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari apel, nanas, semangka, nangka, dan lain sebagainya. Jadi bagi Anda yang mengunjungi kota Malang, tidak lengkap rasanya jika pulang tanpa membeli keripik buah terlebih dahulu. Apalagi keripik buah ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama, tentunya sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Keripik Tempe

Sumber: Instagram@kanefood

Selain keripik buah, malang juga terkenal dengan keripik tempenya. Bahkan jika Anda berkunjung ke kawasan Malang Kota di daerah Sanan, Anda dapat menemui satu pemukiman luas yang mana setiap rumah di sana memproduksi tempe sebagai mata pencaharian utamanya. Jadi jangan heran jika di Malang ini Anda dapat dengan mudah menemui ragam keripik tempe yang gurih dan renyah. Kripik tempe di Malang pun terkenal akan kelezatannya karena memiliki banyak varian, ada keripik tempe rasa original, rasa keju, barbeque, ayam bakar, pizza, dan rasa-rasa lainnya.

Keripik Ceker

Sumber: Instagram@keripikcekerusus

Masih dalam kategori keripik, kali ini Malang juga punya oleh-oleh dengan varian keripik ceker. Ya, oleh-oleh satu ini memang cukup unik karena sangat jarang ditemui di daerah lain.  Di Malang Anda bisa menemukan keripik ceker yang lezat, garing, renyah, dan tentunya gurih-gurih nikmat. Rasanya pun beragam, ada keripik ceker original, pedas manis, ataupun ekstra pedas. Selain itu, keripik ceker juga menjadi sangat terkenal di kota Malang karena memiliki banyak manfaat didalamnya, seperti misalnya tinggi akan kandungan amino dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Repoeblik Telo

Sumber: Instagram@oleholehid_

Jika Anda berkunjung ke kota Malang maka sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke Repoeblik Telo yang berlokasi di Jl. Raya Purwodadi, Lawang, Kabupaten Malang. Repoeblik Telo merupakan pusat penjualan oleh-oleh dengan ragam varian telo atau yang biasa dikenal sebagai singkong. Di Repoeblik Telo ini Anda tidak hanya akan menemui ragam varian singkong seperti misalnya keripik singkong atau mungkin bakpao singkong saja, melainkan juga ada es krim telo berwarna ungu yang sangat menarik. jadi, pastikan Anda berkunjung ke Repoeblik Telo walau hanya untuk rehat sejenak karena di sini tempatnya sangat cozy dan tenang sehingga cocok untuk bersantai.

Pia Mangkok

Sumber: Instagram@cecilia_inge

Jika Anda mengenal pia Jogja, maka Anda juga wajib mengenal Pia Mangkok Malang. Ya benar sekali, pia yang enak ternyata tidak hanya dapat ditemui di Jogja melainkan juga tersedia di kota Malang. Pia Mangkok Malang sendiri merupakan produk oleh-oleh yang dapat dengan mudah Anda temui di berbagai toko pusat penjualan oleh-oleh. Pia Mangkok Malang juga hadir dengan beragam variasi, ada pia apel, pia cokelat, pia keju, dan ragam varian pia lainnya yang tentunya lezat dan nikmat, terlebih jika disantap bersama dengan keluarga.

Frozen Bakso dari Bakso President

Sumber: Instagram@yafi_d

Sudah tahu kan kalau Malang adalah kotanya bakso? Ya, hal inilah yang dimanfaatkan oleh Bakso President untuk kemudian menciptakan varian frozen bakso atau bakso beku. Frozen bakso sendiri bukan berarti Anda akan menikmati bakso dalam kondisi dingin, melainkan bakso ini sudah dibekukan sehingga aman untuk dibawa ke luar kota dalam jarak beberapa hari. Ya, hal ini memang dulunya menjadi permasalahan bagi para wisatawan yang hendak membawa oleh-oleh bakso karena khawatir basi. Tapi sekarang tenang saja karena sudah ada frozen bakso dari Bakso President yang tentunya lezat dan tahan lama walaupun dibawa beberapa hari ke luar kota.

Sari Apel

Sumber: Instagram@sariapelmalang

Ya, lagi-lagi oleh-oleh khas Malang masih didominasi buah apel. Kali ini kreatifitas warga Malang telah berhasil membuat buah apel menjadi sari minuman kemasan yang siap diminum kapan saja. Sari Apel Malang sendiri bisa Anda temukan di berbagai tempat, harganya juga sangat murah dan pastinya cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke luar kota. Lalu yang paling penting, Sari Apel Malang ini hadir dengan sangat higienis dan menyehatkan karena terbebas dari bahan pengawet dan tanpa menggunakan pemanis buatan.

Keramik Dinoyo

Sumber: Instagram@ditakimoto

khas Malang yang terakhir adalah Keramik Dinoyo yang mana bisa Anda temukan dengan mudah di wilayah Dinoyo atau Jl. Dinoyo, Malang. Ya, hampir sama dengan kawasan Sanan yang mana semua warganya memproduksi tempe, di kawasan Dinoyo ini hampi sebagian besar warganya justru memproduksi keramik berkualitas tinggi. Keramik Dinoyo juga hadir dengan ragam bentuk dan motif yang sangat artistik. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari sepuluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. Jadi, bagi Anda pencinta barang-barang bernilai seni tinggi, Keramik Dinoyo nampaknya bisa dijadikan souvenir yang menarik.

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera jadwalkan liburan Anda untuk mengunjungi kota Malang dan temukan berbagai keunikan yang hanya ada di Kota Malang, selamat bersenang-senang.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BULBRjDgone/
instagram.com/p/BXXMHW6F9BY/
instagram.com/p/BYM0peRgI86/
instagram.com/p/BWXdhacgxs3/
instagram.com/p/BXErQIhAv8w/
instagram.com/p/BF8VRggK1Om/
instagram.com/p/BQmSVWzFDYb/
instagram.com/p/BJpqtl2j2pR/
instagram.com/p/BQ5M0FXD25b/
instagram.com/p/BL4-AjJDgYs/
instagram.com/p/BMnM2onA4vY/

Comments

Loading...