OUR NETWORK

10 Oleh-oleh Khas Pontianak yang Bisa Anda Coba

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah kota Pontianak, Kalimantan barat. Selain memiliki objek wisata yang memukau, ada banyak sekali oleh-oleh khas Pontianak yang harus Anda coba. Saat berlibur ke suatu tempat, oleh-oleh menjadi salah satu hal yang tidak boleh diabaikan.

Jika Anda berlibur ke Pontianak, Anda tidak perlu khawatir saat mencari oleh-oleh. Karena ada banyak sekali oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Anda pilih. Baik itu berupa makanan, souvenir dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah 10 pilihan oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Anda coba.

Kue Bingke Berendam

Sumber: Instagram @yenysurya

Anda pasti sudah pernah mendengar kue bingke, kue khas Pontianak ini memiliki dua varian, yaitu kue bingke biasa dan kue bingke berendam. Perbedaan dari kedua jenis kue bingke ini hanya terdapat pada cara mengolahnya. Jika kue bingke biasa diolah dengan cara dipanggang, kue bingke berendam diolah dengan cara dikukus. Mengenai rasanya, kedua kue bingke ini sama-sama lezat. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak.

Bahkan untuk masyarakat sekitar, kue ini dianggap sebagai menu wajib pada saat berbuka puasa. Semakin hari popularitas kue bingke terus meningkat, hingga menjadi salah satu oleh-oleh terbaik dari Pontianak. Harga kue ini juga cukup murah, mulai dari hagra 10 ribu hingga 20 ribu Anda sudah bisa menikmati kelezatan kue bingke.

Juhi Bakar

Sumber: Instagram @dso_starlla

Berbeda dengan kue bingke, nama juhi bakar mungkin masih sangat asing di telinga Anda. Juhi sendiri adalah salah satu makanan khas Pontianak yang terbuat dari daging sotong yang digiling kemudian dibakar. Namun sebelum dibakar terlebih dahulu diberikan berbagai jenis rempah untuk memberikan cita rasa yang lezat. Cara pembuatan Juhi tidak harus dibakar, ada juga orang yang lebih suka dengan cara memanggangnya.

Juhi bakar ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Meskipun memiliki tekstur yang sedikit basah, namun makanan ini mampu bertahan hingga 14 hari tanpa basi. Bahkan kalau dimasukkan ke dalam kulkas akan bertahan lebih lama lagi. Namun tidak disarankan memasukan Juhi bakar terlalu lama di dalam kulkas, karena rasanya akan memudar.

Keripik Pisang Segodong

Sumber: Instagram @chipsbana

Oleh-oleh khas Pontianak yang berikutnya adalah keripik pisang Segodong. Ini adalah keripik yang terbuat dari pisang dengan bumbu perasa tertentu, sehingga menciptakan rasa yang bervariasi. Diberi nama keripik segedong karena memang keripik pisang ini berasal dari daerah Segodong, sehingga diberikan nama sesuai dengan daerah asal mulanya.

Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Pontianak, selain harganya yang lezat, makanan ini juga bisa bertahan lama. Harga keripik pisang segodong juga relatif murah, hanya 15 ribu rupiah untuk per bungkusnya.

Teh Lidah Buaya

Sumber: Instagram @tokoalong_pnk

Tidak hanya makanan, banyak juga oleh-oleh khas pontianak yang berupa minuman dan sejenisnya. Salah satunya adalah teh lidah buaya, sama seperti teh pada umumnya, untuk menikmati teh lidah buaya juga harus diseduh terlebih dahulu. Cara pembuatan teh lidah buaya ini cukup unik, yaitu dengan mencuci bersih lidah buaya, kemudian potong kecil-kecil. Setelah itu dijemur di bawah terik matahari sampai mengering.

Banyak orang yang menjadikan teh lidah buaya ini sebagai oleh-oleh khas Pontianak untuk dibawa pulang. Karena dianggap unik dan jarang ditemukan, karena terbuat dari lidah buaya, teh ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Kerupuk Lidah Buaya

Sumber: Instagram @kaifa.pontianak

Selain teh lidah buaya, masih ada banyak oleh-oleh khas Pontianak lainnya yang berasal dari olahan lidah buaya. Salah satunya adalah kerupuk lidah buaya, seperti namanya kerupuk ini memang terbuat dari lidah buaya. Kerupuk ini memiliki sensasi rasa yang sangat luar biasa, banyak yang menjadikan kerupuk lidah buaya ini sebagai oleh-oleh khas yang dipilih untuk dibawa pulang.

Bagian yang digunakan dari lidah buaya adalah lendir dan juga dagingnya, kemudian dicampurkan dengan tepung tapioka, telur dan bahan-bahan lainnya. Sayang sekali jika Anda belum pernah mencoba makanan ini.

Dodol Lidah Buaya

Sumber: Instagram @tokoalong_pnk

Memang banyak sekali makanan oleh-oleh khas Pontianak yang terbuat dari bahan lidah buaya, setelah teh dan kerupuk, ada lagi dodol lidah buaya. Bagian yang digunakan adalah daging lidah buaya tanpa lendir, kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lain untuk membuat dodol. Rasa dodol lidah buaya ini cukup eksotis, berbeda dengan dodol pada umumnya yang Anda temukan di Pulau Jawa.

Harga dodol lidah buaya dari Pontianak ini juga tidak terlalu mahal, hanya dihargai 25 ribu rupiah untuk setiap bungkusnya. Dodol ini juga mampu bertahan cukup lama, jadi bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Pontianak yang bisa Anda bawa pulang.

Lempok Durian

Sumber: Instagram @nnovianti

Oleh-oleh khas Pontianak yang berikutnya adalah lempok durian. Sebenarnya makanan ini sangat mirip dengan dodol, mulai dari cara pengolahan hingga bentuknya. Bedanya dengan dodol durian adalah karena lempok durian memiliki prosentase penggunaan durian yang jauh lebih banyak. Sedangkan pada dodol durian, rasa durian kurang begitu dominan.

Sebenarnya makanan ini muncul karena banyaknya durian yang ada di Pontianak, sedangkan makanan hasil olahan durian masih sangat sedikit. Dari alasan itu ternyata lempok durian menjadi makanan yang sangat diminati wisatawan.

Stick Talas

Sumber: Instagram @bloggerborneo

Kebanyakan orang mengolah talas menjadi keripik, sangat jarang yang mengolahnya menjadi stick. Namun Anda bisa menemukan stick talas berbagai rasa di Pontianak, makanan ini juga sering dijadikan pilihan menjadi oleh-oleh khas Pontianak.

Harga stick talas dari Pontianak ini tergolong cukup murah, karena dihargai mulai dari 16 ribu per bungkus. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan teman ngobrol dan bekerja. Banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada stick talas untuk dijadikan oleh-oleh dari Pontianak.

Sirup Sengkit

Sumber: Instagram @nona.manis_

Pontianak juga memiliki oleh-oleh khas berupa minuman, yaitu sirup sengkit. Namanya memang cukup aneh dan asing ditelinga kebanyakan orang. Dalam membuat sirup sengkit, semua bahannya harus diawetkan dengan cara alami terlebih dahulu. Cukup unik dan memang sensasi rasa sirut sengkit ini berbeda dengan sirup yang lain.

Untuk harga sirup sengkit ini sekitar 40 ribu per wadah besar. Harga yang cukup murah karena sirup ini sangat jarang ditemukan.

Coklat Cempon

Sumber: Instagram @monmay23

Makanan yang berupa coklat memang menjadi makanan favorit banyak orang, dari semua kalangan dan usia. Di Pontianak ada makanan dengan nama coklat cempon. Nama cempon sendiri diambil dari kata Cemilan Pontianak yang disingkat. Ada yang unik dari coklat yang satu ini, karena diolah dengan tambahan lidah buaya. Tentu akan memberikan sensasi rasa coklat yang sedikit berbeda.

Perpaduan rasa yang unik dan pas menjadikan coklat cempon sebagai buruan para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk Anda yang mengaku pecinta coklat, sayang sekali jika belum merasakan rasa coklat cempon.

Itulah 10 oleh-oleh khas Pontianak yang bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum memilih oleh-oleh untuk di bawa pulang saat berlibur ke Pontianak. Semuanya unik dan memiliki sensasi rasa yang luar biasa.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BNi25l3DrzO/
instagram.com/p/BOnxldtDw7p/
instagram.com/p/miYuc3pYkh/
instagram.com/p/BQU9CptguVM/
instagram.com/p/BY2kFo6h3jl/
instagram.com/p/BPCaJ1AAT04/
instagram.com/p/BYh3RLRhU_Q/
instagram.com/p/BO_-skrgCCT/
instagram.com/p/BLaxpH0heQv/
instagram.com/p/BY8bk1lhUH_/
instagram.com/p/7rzBPNHxs1/

Comments

Loading...