OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Tanah Laut

Kain Sasirangan 

Sumber gambar : Instagram.com

Kain sasirangan merupakan kain khas suku Banjar di Kalimantan selatan dengan nama “Sasirangan” sebenarnya merupakan kata kerja, dengan mengadopsi dari proses pembuatannya. “Sa” yang berarti “satu” dan “sirang” yang berarti “jelujur/lajur”. Secara harfiah sasirangan dapat diartikan sebagai proses pen-jelujur atau lajur-an yang di simpul atau diikat dengan benang atau tali lainnya kemudian di celup untuk pewarnaannya nah selain motifnya yang bagus kain ini sangat cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh ya guys.

Panting

Sumber gambar : Instagram.com

Panting berasal dari kata “Panting” berarti petik, diambil dari cara memainkannya yakni, dengan membunyikan senar menggunakan teknik petikan atau sentilan awalnya, “Panting” hanya memiliki tiga buah tali atau dawai, dimana masing-masing mempunyai fungsi masing-masing nah bentuk alat musik ini sangat cocok sekali untuk dijadikan kenangan sekaligus oleh-oleh ketika berkunjung ke Tanah Laut.


Miniatur Rumah Adat Banjar

Sumber gambar : Instagram.com

Dibuat oleh para warga masyarakat lokal, sehingga menghasilkan sebuah karya yang begitu ciamik tentulah miniatur ini sangat cocok untuk kita jadikan kenang-kenangan dan Sangat cocok dijadikan alternatif sebagai oleh-oleh dan tentu ini akan selalu mengingatkan bahwa kita pernah berkunjung ke Tanah Laut selain harganya yang murah, kerajinan ini bisa kita dapatkan dengan mudah karena banyak sekali yang menjualnya ya guys.

Amplang

Sumber gambar : Instagram.com

Dengan tekstur olahan yang renyah dan lembut, plus aroma dan rasa ikan yang menggoda,dijamin bikin teman teman ketagihan! Makanan ini selalu diburu oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh selain harganya yang murah Makanan ini sangat gampang untuk ditemukan.

Lemper Sepinggan

Sumber gambar : Instagram.com

Kuliner dengan citarasa gurih ini yang biasanya menghiasi kuliner di pulau Jawa, ternyata juga ada di Tanah Laut loh guys. Lemper Sepinggan ini diisi dengan menggunakan daging ayam yang dimasak gurih dengan menggunakan air dan santan yang diberi bumbu berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, daun salam, serai dan garam, yang berbeda adalah tidak hanya dikukus, tapi juga dibakar sehingga citarasanya membuat berbeda. Selain unik makanan ini selalu menjadi Primadona bagi para wisatawan untuk dijadikan alternatif oleh-oleh.

SOKKO

Sumber gambar : Instagram.com

Ketan dengan taburan gula pasir cukup disantap tanpa tambahan kuah Tekstur ketannya lembut dengan rasa gurih dan manis, karena campuran parutan kelapa, gula, dan bubuk kacang hijau Di Tanah Laut, masyarakat menamakan Soko untuk makanan ini. Soko sejatinya mirip penganan ketan di Jawa, dengan taburan bubuk kacang tanah dan parutan kelapa iya meskipun makanan ini di era zaman sekarang sudah cukup langka yang kaya namun tak ada salahnya untuk mencari-cari siapa tahu diantara teman-teman ada yang beruntung bisa mendapatkan makanan ini sewaktu berada di Tanah Laut.

Iwak Haruan

Sumber gambar : Instagram.com

Makanan khas Nusantara daerah Tanah Laut yang begitu istimewa diolah dengan rasa cinta yang akan membuat makanan ini menjadi begitu nikmat untuk disantap. Bumbu kuah iwak haruan, bahannya ikan haruan, santan kental, Lombok besar kering, bawang merah, bawang putih, dan ebi udang. Kalau bahan tumisnya, seperti jagung muda manis, papaya mentah, biji nangka, dan santan. Dimasak terpisah membuat makanan ini banyak diburu untuk dijadikan oleh-oleh.

Kerupuk Ikan Tenggiri

Sumber gambar : Instagram.com

Kerupuk hasil tangan-tangan kreatif para masyarakat lokal kerupuk yang berbahan dasar ikan tenggiri dengan harga yang relatif murah dan mudah ditemukan. Kerupuk ini begitu laris untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan selain itu kerupuk ini bisa tahan lama dan tentu kita bisa memilih kerupuk yang masih mentah atau yang sudah digoreng semua tersedia.

Kerupuk Tempe

Sumber gambar : Instagram.com

Selain kerupuk ikan tenggiri ternyata Tanah Laut memiliki ciri khas yang lain yaitu kerupuk tempe yang banyak tersedia di pusat oleh-oleh, tentu ada yang masih mentah dan  ada yang sudah digoreng. Kita bisa tinggal memilihnya sesuai selera dan tentu tempe ini memiliki ciri khas rasa yang bentuknya kotak maupun bulat dengan rasa gurih dan nikmat untuk disantap atau sekedar untuk cemilan.

Gangan Asam Patin

Sumber gambar : Instagram.com

Gangan Asam Patin adalah sayuran sangat populer bagi masyarakat Banjar. Karena rasanya yang gurih, yang dipadukan dengan lezatnya daging ikan patin dan kuah asam merupakan kolaborasi citarasa lokal Banjar yang pas di lidah dan tentu banyak juga para wisatawan yang membuat gangan asam patin ini sebagai oleh-oleh tentu dalam bentuk yang masih mentah ya guys.

Comments

Loading...