OUR NETWORK

10 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Ternate

Ternate tergolong menjadi salah satu tempat di Indonesia yang memiliki pemandangan alam eksotis. Tak heran, jika di sini banyak terdapat wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Selain wisata yang menarik, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Ternate yang tak kalah menarik. Berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Ternate yang bisa kamu beli.

Mutiara

Sumber: Instagram @mutiaraternate

Di Ternate, kamu bisa membeli mutiara khas Ternate. Mutiara ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu mutiara air tawar, dan mutiara air laut. Harga dari mutiara air tawar jelas lebih murah dibandingkan dengan harga mutiara air laut. Dengan harga sekitar Rp 50 ribu, kamu bisa membeli mutiara air tawar. Sementara untuk membeli mutiara air laut, paling tidak kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 250 ribu. Pastikan pula kamu membeli mutiara yang asli agar tidak menyesal.

Aksesoris Sisik Ikan

Sumber: Instagram @rus.hasan

Selain mutiara, Ternate juga memiliki souvenir lain berupa aksesoris yang terbuat dari sisik ikan. Aksesoris yang terbuat dari sisik ikan ini antara lain adalah kalung, gelang, anting, atau tusuk konde. Tak hanya wisatawan lokal saja, aksesoris sisik ikan ini juga berhasil menarik minat wisatawan mancanegara, seperti wisatawan asal Australia atau Hong Kong.

Olahan Serba Ikan

Sumber: Instagram @blogari

Tak hanya di Jepang saja ada makanan yang diolah dari daging ikan mentah, ternyata Ternate juga memiliki makanan serupa. Makanan yang terbuat dari daging ikan mentah ini di Ternate dikenal dengan nama gohu ikan. Gohu ikan adalah rujak dari ikan mentah, dan daging ikan yang dipakai dalam makanan ini adalah daging ikan tuna. Jika kamu memang doyan dengan sushi asal Jepang, maka dipastikan kamu juga akan doyan dengan gohu ikan.

Kerajinan Kulit Kerang

Sumber: Instagram @kerajinankulitkerang

Kamu juga bisa membeli souvenir yang terbuat dari kulit kerang. Kulit kerang ini dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi pajangan dengan nilai seni cukup tinggi. Beberapa kerajinan dari kerang ini antara lain adalah bros, atau pajangan dengan berbagai macam bentuk seperti bunga, gambar pemandangan alam, dan lain sebagainya.

Bagea

Sumber: Instagram @kawaiira1214

Oleh-oleh lain yang juga direkomendasikan saat kamu berkunjung ke Ternate adalah Bagea. Bagea adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu, serta memiliki berbagai varian rasa, mulai dari kacang, sampai kenari. Bagea rasa kenari memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bagea rasa kacang. Untuk bisa mendapatkan bagea ini tak sulit, karena banyak penjual yang menyediakannya di Ternate.

Makron

Sumber: Google

Dilihat sekilas, mungkin kamu menganggap bahwa makron ini adalah kue chocolate chips yang sering kamu lihat di supermarket. Ya, memang bentuk dari makron ini mirip dengan chocolate chips. Makron ini terbuat dari tepung terigu, kenari yang dihaluskan, lalu dicampur dengan telur, mentega, gula, dan bubuk vanili. Selain warna cokelat seperti chocolate chips, ada juga makron lain yang berwarna kuning.

Manisan dan Minuman Buah Pala

Sumber: Instagram @negammacahaya

Ternyata, pala tak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu dapur saja, namun juga bisa dijadikan sebagai manisan, bahkan minuman. Di Ternate, kamu bisa menemukan manisan dan juga minuman buah pala berupa selai pala, dodol pala bahkan ada juga sirup pala. Sirup pala ini dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga aman dikonsumsi siapa saja.

Cincin Batu Akik

SUmber: Instagram @gito_gems_store

Berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, yang menganggap batu akik sebagai tren musiman, di Ternate batu akik dianggap sebagai warisan kekayaan alam dan juga simbol kecantikan. Batu akik yang cukup populer di Ternate adalah pecahan batu bacan Palamea. Warnanya yang hijau muda terang bisa menarik siapa pun, terutama bagi kolektor batu akik. Kamu bisa membeli batu akik ini sebagai oleh-oleh, untuk keluarga atau teman kamu.

Air Guraka

Sumber: Instagram @nuningwidowati

Air guraka adalah minuman yang terbuat dari gula aren, jahe, dan kenari. Pembuatannya dimulai dengan memarut jahe serta gula aren, lalu direbus dengan air hingga mendidih. Setelah itu, airnya disaring sebelum disajikan agar racikan jahe dan gula tadi menyatu. Kenari pun digunakan sebagai pelengkap. Air ini lebih nikmat diminum hangat-hangat, untuk menyegarkan tubuh. Kamu juga bisa menambahkan susu kental manis pada minuman ini.

Pisang Mulut Bebek

Sumber: Instagram @dewanti_aksan

Terakhir, kamu bisa membeli pisang mulut bebek sebagai oleh-oleh. Makanan ini mungkin mirip dengan keripik pisang jika dilihat secara fisik. Kamu bisa menikmati pisang mulut bebek atau menurut orang Ternate namanya adalah Pisang Bebek ini dengan sambal colo-colo agar lebih nikmat. Harganya juga cukup murah, yaitu hanya Rp 10 ribu saja untuk seporsinya.

Agar liburan kamu di Ternate lebih lengkap, jangan lupa untuk mencari oleh-oleh di atas.

Comments

Loading...