OUR NETWORK

10 Tempat Kuliner Terenak di Malioboro yang Harus  Dicoba

Siapa yang tidak kenal dengan Yogja, kota 1001 wisata dengan selalu mempertahankan kebudayaanya hingga saat ini. Tentu saja kota yang diakui dunia sebagai salah satu tempat teristimewa dihati para turis lokal maupun internasional, ternyata juga menyimpan tempat wisata kuliner terbilang enak dan tidak ada duanya. Pastinya harus anda coba kalau liburan ke kota yang terkenal dengan oleh-oleh khasnya yaitu Bakpia. Mari kita berkenalan 10 tempat kuliner terenak di Malioboro. Selain terenak, tempatnya juga instagramable dan kurang lengkap jika tidak memanfaatkan momen liburan ini kedalam vlog atau akun sosmed anda.

Gudeg Yu Djum

Sumber: Instagram @tyabastiana

Gudeg merupakan kuliner nomor satu yang harus anda coba jika berlibur  ke Yogyakarta. Makanan khas Yogya ini bisa tergolong rasanya manis dengan racikan bumbu khas dan cara memasaknya juga khas yaitu mengunakan perapian tungku. Biasnya setiap emperan di sepanjang jalan Malioboro sangat banyak penjual gudeg yang rasanya bisa terbilang enak. Tetapi ada satu Gudeg yang paling enak di kawasan Malioboro yaitu Gudek Yu Djum. Berlokasi di Jalan Dagen no 2C Maliobro tidak sulit menemukannya. Karena Gudeg Yu Djum mempunyai cabang Gudeg terbanyak di Yogyakrta. Tentunya sambil menikmati satu porsi Gudeg yang dibandrol 7k-35k ini, anda bisa sambil menimati keramaian kota Yogyakarta.

Lumpia Samijaya

Sumber: Instagram @rainbowpacker

Selain terkenal dengan kota Gudeg, Yogya tidak kalah saling memanjakan lidah pengunjung dengan lumpia nya yang enak. Tidak perlu jauh-jauh berkeliling kota Yogya untuk mencicipi kuliner yang digoreng ini, anda bisa datang langsung ke Malioboro tepatnya berlokasi tidak jauh dari Halte Trans Yogya- Malioboro 2. Lumpia Sanjaya sudah sangat terkenal dengan rasanya yang sangat gurih dan lezat tidak mengecewakan sebarapapun porsinya. Anda bisa memilih lumpia sesuai selera anda seperti hanya sayur, ayam atau jumbo. Disajikan komplit dengan acar, potongan timun dan cabe, anda suda bisa menikmati kuliner khas Yogya ini dengan harga 3 rupiah per potong. Untuk menghindari antrian panjang, sebaiknya anda datang lebih awal.

Soto Ayam 61

Sumber: Instagram @nandramuhriana

Ada lagi kuliner Yogya yang tidak kalah menarik untuk dicoba, soto. Salah satu makanan terfavorit di kota Yogya bisa anda temui di Malioboro. Soto ayam 61 terbilang soto yang paling enak di kawasan Maliobro. Usaha turun temurun sejak tahun 1976 ini, berlokasi tidak jauh dari Ramai Mall. Soto yang terus mempertahankan citra rasanya tersebut, disajikan lengkap dengan sohun, suwiran ayam, seledri, telur dan lainnya. Untuk satu porsi soto komplit bisa dibeli seharga 11 ribu rupiah saja. Selain murah meriah dan enak,  soto bening ini menyediakan makanan pendamping seperti sate-satean, telur kecap, hingga gorengan membuat anda ketagihan untuk meraihnya terus-menerus kedalam mangkuk.

Bebek Goreng Lesehan Terang Bulan

Sumber: Instagram @fxandi

Jangan dikira terang bulan diartikan sebagai penekuk. Ini adalah lesehan yang menjual beranekaragam menu khusus untuk lesehan salah satunya adalah bebek goreng. Siapa yang tidak suka bebek? tentu saja kuliner yang satu ini merupkan yang harus anda coba di Malioboro. Tidak sulit menemukan lesehan yang terkenal dengan menu gorengnya terletak di depan toko Terang Bulan. Bebek goreng yang empuk disuguhkan lengkap dengan sambalnya plus lalapan selada, sangat enak dimakan dengan nasi panas. Selain bebek gorengnya yang lezat, ada menu lain yang juga direkomendasikan sperti burung dara goreng. Tidak diragukan lagi sambalnya sangat pas untuk dimakan bersamaan dengan menu penyet yang anda pesan.

Gado-gado Bu Hadi

Sumber: Instagram @gadogadobuhadi

Tidak lengkap jika anda melewati gado-gado Bu Hadi sebagai daftar menu makan siang anda di Maliobaro. Gado-gado ini sudah ada sejak tahun 1952 dengan citra rasa yang tdak diragukan lagi kelezatanya sangat ramai pengunjung.  Lokasi gado-gado Bu Hadi tepatnya di dalam pasar Beringharjo lantai 2. Perpaduan dari kesegaran sayuran dan gurihnya bumbu kacang adalah hal yang paling sederahan membuat gado-gado ini menjadi yang paling favorit di kawasan ini. Selain di juluki  sebagai gado-gado legendaris Yogyakarta, juga menjadi kuliner recommended dengan menu andalan lainnya seperti lotek, kupat tahu, dan es kopyor. Gado-gado Bu Hadi buka setiap hari pukul 08.00 pagi hinga pukul 15.00 sore.

Pecel Pincuk

Sumber: Instagram @gegodongan

Siapa yang belum mencoba pecel sego atau nama lain pecel pincuk di kawasan Maliobro? Rugi jika belum mencobanya. Pecel pincuk merupakan kuliner terenak selain sate yang selalu dijual dengan harga yang terbilang agak mahal. Tetapi rasanya tidak mengecewakan. Jika pecel ini mengecewakan, nasi pecel tidak akan dikunjungi banyak turis lokal maupun turis asing. Pecel pincuk yang paling enak di sekitar Maliobroro terletak persis di depan pasar Beringharjo. Tidak heran jika pengunjung sedikit kesusahan karena tempatnya sebagai aktifitas lalu lalang oleh pengunjung lainnya. Tetapi ini tidak menjadi halangan pengunjung untuk mencicipinya. Penasaran? pesan satu porsi pecel dengan tambahan mie, telur puyuh dan aneka gorengan. Bisa mengisi perut anda yang lagi keroncongan.

Nasi Goreng Beringharjo

Sumber: Instagram @meyryuvie

Nasi goreng Beringharjo merupakan nasi goreng terenak yang berlokasi di dua tempat. Jika ingin lokasi yang tidak jauh dari Malioboro, anda bisa menikmati kuliner ini pada malam hari di  pertigaan sebelah kiri jalan menuju Pasar Beringharjo. Diakui oleh bnayak pecinta kuliner sebagai nasi goreng legendaries Yogya sejak tahun 1960-an. Kombinasi dari budaya jawa dan cina, nasi goreng ini dibumbui dengan kecap, telur atau daging ayam dan ditambah dengan irisan bawang merah dan cabai mentah. Sangat cocok bagi anda pecinta kuliner pedas. Bagaimana tidak dengan sekali gigitan, cabe hijau akan naik ke ubun-ubun anda dengan sensasi pedasnya yang bisa-bisa membuat anda mati gaya. Tidak perlu menghindari antrian panjang untuk mencicipi nasi goreng tersebut, sebab nasi goreng sudah dimasak dalam jumlah besar.

Mie ayam Grabyas

Sumber: Instagram @voilajogja

Anda bingung ingin makan mie ayam tengah malam di kota Yogyakrta? Datang saja ke Malioboro persisnya tepat di depan hotel Ina Garuda ada mie ayam Grabyas. Mie ayam ini selain salah satu kuliner terenak di kawasan Malioboro selain ramai oleh pengunjung, mie ayam Grabyas sedang naik daun di Sosmed. Tidak begitu pasti mengapa mie ayam ini sangat terkenal namun banyak wisatawan mengakui jika makan mie ayam disini sensasinya beda telak makan mie ayam di siang hari. Mie ayam khas ini membuat cita rasa cendrung asin tidak seperti mie ayam Wonogiri. Dengan paduan mie berukuran kecil-kecil yang terbuat dari bahan baku gandum sehingga sangat mudah untuk di lahap.

Es Dawet Campur

Sumber: Instagram @esmurnimgl

Kuliner es dawet campur merupakan es yang paling dicari opleh pengunjung Malioboro. Es dawet campur terenak di sekitar ini persis di sebalah kiri dari lumpiah Samijaya. Es yang terbuat dari bahan yang mudah didapat yaitu buah kelapa muda, melon, alpukat, sawo, plus cendol, kolang kaling, tape hijau, cincau, selasih dan lain-lain. Rasanya sangat segar dan manisnya juga pas. Mungkin bagi anda yang kurang suka manis, anda bisa memesan sesuai selera. Menikmati udara Yogyakarta yang panas, es dawet campur ini sangat recommended untuk dinikmati pada saat berkunjung ke Malioboro. Dibandrol dengan harga 5 ribu-10 ribu rupiah, es khas orang Indonesia tidak membuat anda merasa enek.

Sate Kere

Sumber: Instagram @gembulfoodie

Siapa menyangka kalau sate kere merupakan sate khas Beringharjo yang paling dicari oleh pengunjung. Sate kere terlezat di Maliooro persis didepan pasar Beringharjo yang padat oleh lalu-lalang pengunjung tidak menyulitkan anda untuk tetap mencicipinya. Sate kere merupakan sate yang terbuat dari gajih atau lemak sapi. Berbahan baku dari lemak sapi inilah menghasilkan aroma asap dari bumbu yang khas serta banyak orang yang penasaran dengan panganan yang satu ini. Bumbu dendeng yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula jawa, dan berupa bumbu lainnya adalah bumbu utama sebelum sate dibakar untuk direndam kedalam bumbu terlebih dahulu. Bisa dibayangkan bumbu yang meresap kedalam sate sangat menggugah selera.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BYmuCMNFmfw/
instagram.com/p/BYX9Hd-nk2v/
instagram.com/p/BQU9SAqhfcp/
instagram.com/p/BH6aP72AfQ4/
instagram.com/p/BVxBB_zFlex/
instagram.com/p/BRXjW04gyRC/
instagram.com/p/BSIjHI5grod/
instagram.com/p/BWSVOm0HEmo/
instagram.com/p/BWzzkYsjRrf/
instagram.com/p/890rXdM-90/
instagram.com/p/BWtqBhMhvKv/

Comments

Loading...