OUR NETWORK

10 Wisata Kuliner di Buru

Ikan Kuah Kuning

Sumber gambar : Instagram @byarti_sutariningsih

Kelezatan ikan kuah kuning sudah terkenal sejak berabad-abad lalu bahkan, selalu disajikan untuk menjamu para tamu – tamu  yang datang ke Buru dengan kuahnya yang terasa sangat segar, juga rasa asam bercampur pedas dari irisan cabe. Ikan kuah kuning biasanya disajikan bersamaan dengan urap daun papaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk Jadi teman-teman Jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi wisata kuliner yang satu ini ya.

Papeda

Sumber gambar : Instagram @localfooddestination

Papeda yang memiliki ciri khas dengan warna putih dan maknan ini bertekstur lengket yang mirip lem dengan rasa yang tawar. Sebenarnya papeda adalah salah satu makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. Jadi teman-teman tidak usah ragu lagi jika berkunjung ke Kabupaten buru untuk mencicipi wisata kuliner yang satu ini.

Baca juga: 10 Wisata Kuliner di Kepulauan Sula

Ikan Asar

Sumber gambar : Instagram @nadhyra_alam

Ikan Asar memiliki cara unik saat memasaknya dan cita rasa ikan ini pun begitu otentik dengan gurihnya daging dengan wangi yang begitu menggugah selera yang terpancar dari tiap – tiap ikan yang dijual untuk menambah kenikmatan memakannya, Ikan Asar sangat pas dipadukan dengan nasi yang masih panas dan sambal colo-colo untuk menambah kenikmatan tersendiri.

Colo-Colo

Sumber gambar : Instagram @vinascookingjourney

Sambal colo – colo adalah sambal khas dari buru terbuat dari tomat muda, bawang merah dan cabe rawit yang diiris tipis lalu diberi taburan garam lalu disiram jeruk nipis. Sambal colo – colo memiliki khas tersendiri yaitu sambal tanpa diulek. Sambal colo-colo dapat ditambahkan dengan berbagai rempah – rempah lainnya seperti daun kemangi, irisan kenari mentah, atau rarobang, biasanya sambal colo – colo di tambahkan kecap manis.

Hotong

Sumber gambar : Instagram @wuriprameswari

Hotong adalah salah satu makanan pokok khas Pulau Buru, yang sekilas mirip seperti gandum. Tetapi hotong memiliki cita rasa yang lebih khas dari gandum dan tekstur yang lebih besar. Yang pasti mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai pembanguntenaga. Salah satu pengolahan khas dari makanan Hotong dengan membuatnya menjadi bubur Hoton atau waji Hotong.

Rujak Jikumerasa

Sumber gambar : Instagram @aldijanter

Rujak Jikumerasa memiliki keunikan utama yang terletak pada sambal kacangnya luar biasa berbeda dengan sambal rujak umum yang biasa dimakan. Gula merah yang menjadi unsur utama pada bumbu kacangnya tersa lebih legit dari bumbu kacang pada umumnya, dan membuat rasa manis menjadi mendominasi.

Pasar Kuliner Namlea

Sumber gambar : Instagram @masjidjogokariyan

Pasar kuliner Namlea ada pada waktu sore sampai menjelang malam hari. Di pasar ini anda dapat menemukan berbagai macam aneka makanan yang nikmat dan lauk pauk siap saji khas buru . Walaupun hanya berupa tenda atau gerobak, para pedagang yang ada siap menjajakan makanannya untuk dinikmati oleh pengunjung dengan harga yang terjangkau Bagi yang ingin berkunjung ke kota Namlea tak usah takut kelaparan, langsung aja datang ke pasar kuliner ini.

Ikan Kuah Pala Banda

Sumber gambar : Instagram @nisasukarso

Kelezatan ikan kuah pala sangat terkenal sejak berabad-abad lalu bahkan, ikan kuah pala merupakan sajian untuk menjamu para petinggi Belanda yang datang ke Banda. Kuah sopnya terasa sangat segar dengan rasa asam bercampur pedas dari buah pala. Ikan kuah pala akan menambah nikmat bila disajikan bersamaan dengan urap daun papaya atau ikan kakap merah bakar atau sambal bekasang yang dibuat dari ikan cakalang tumbuk.

Suami

Sumber gambar : Google.com

Suami adalah salah satu makanan khas  dari suku Buton yang bahan – bahannya terbuat dari ketela pohon yang diparut dan dibuang airnya, lalu ditindih parutan tersebut menggunakan balok kayu dan batu selama kurang lebih 6-8 jam, setelah itu dimasak dengan secara dikukus.

Naget Ikan

Sumber gambar : Instagram @natalia_tjiam

Selain mengandung gizi yang cukup banyak, nugget ikan ini begitu populer di Kabupaten Buru sehingga makanan ini sangat cocok sekali untuk masuk list daftar makanan yang harus teman-teman cicipin.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…