OUR NETWORK

7 Tempat Makan Gudeg Mercon Terpedas di Yogyakarta

Bila anda mendengar kata Yogyakarta, dan membicarakan tentang kulinernya, pasti kalian akan menjawab, gudeg!!! Gudeg merupakan ikon kuliner dari Kota Yogyakarta yang masih menjadi daya tarik kuliner bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Yes!!.. Kota Yogyakarta ini pun sering dijuluki sebagai Kota Gudeg. Gudeg merupakan masakan khas Jawa Tengah dengan bahan dasar nangka muda dan santan. Warnanya kecoklatan karena dimasak dengan daun jati. Ada banyak sekali penjual gudeg di Jogja. Bahkan sekarang gudeg tidak hanya memiliki cita rasa yang manis. Menariknya di Yogyakarta sekarang terdapat gudeg dengan cita rasa yang super pedas atau disebut dengan gudeg mercon. Terdapat beberapa tempat gudeg mercon Yogyakarta yang wajib untuk kalian kunjungi.

Gudeg Mercon Ibu Tinah

Sumber: Instagram @lala_marsheilla

Gudeg adalah makanan tradisional asal Jogja dengan bahan dasar nangka muda yang dicampur dengan beraneka macam bumbu. Gudeg mercon Yogyakarta yang sangat terkenal dengan kepedasanya adalah gudeg mercon ibu Tinah. Gudeg mercon ini terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Gudeg Mercon ini pertama kali dijual oleh Ibu Ngatinah pada tahun 1992.

Selain rasa gudegnya yang menarik, gudeg mercon milik ibu Ngatinah ini jam jualannya juga unik. Banyak warung gudeg yang buka pada pagi hari hingga malam hari, namun gudeg bu Tinah ini baru membuka gudegnya mulai pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari gorengan, ayam kampong, ceker goreng tepung, sate ayam. Terdapat pula kepala, sayap, paha, dan suwiran daging ayam, Warung Gudeg Mercon ini mempunyai konsep lesehan. Ada yang berbeda disini, bila anda pesan makanan, pesanan yang kita pesan tidaklah di antar seperti warung-warung pada umumnya, melainkan kita harus mengantri terlebih dahulu dan membawanya sendiri ke tempat dimana anda duduk. Harga gudeg mercon bu Tinah ini sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,-. Anda harus datang lebih awal karena dijamin antriannya bakal panjang.

Gudeg Mercon Yu Yam

 

Sumber: Instagram @nongkrongasikjogja

Bukan hanya gudeg mercon Bu Tinah saja yang memiliki cita rasa pedas serta jam bukanya yang unik. Gudeg mercon Yu Yam terletak di Jalan Magelang km 5, ini baru buka pukul 1 dini hari. Walaupun jam bukanya lain daripada yang lain, justru hal inilah yang menarik minat banyak pembeli. Bahkan, banyak juga artis ibukota yang telah menjadi pelanggan setia dari gudeg mercon Yu Yam. Seperti Dimas Andrean, hingga artis cantik Nadia Vega.

Menu yang disajikan pun beragam, bukan hanya gudeg mercon. Terdapat beraneka macam lauk pedas lainnya yang pasti akan menggugah selera. Anda bisa merasakan ragam olahan oseng mercon, mulai dari mercon usus, mercon kikil, mercon tempe, dan mercon daun kates. Selain gudeg dan mercon, warung gudeg Yu Yam juga mempunyai menu lain seperti bubur, sangat cocok untuk menemani sarapan anda di pagi buta.

Gudeg Mercon Mbak Yuni

Sumber: Instagram @_gudegyuni

Gudeg mercon Yogyakarta selanjutnya, terletak di Jl. Diponegoro No.100, Jetis, Cokrodiningratan. Berbeda dengan gudeg mercon bu Tinah dan Yu Yam, gudeg mercon mbak Yuni ini buka lebih awal mulai pukul 18.00 sampai pukul 24.00. Sama dengan gudeg mercon lainya, gudeg mercon ini terkenal dengan rasa pedasnya yang luar biasa. Gudeg ini biasanya akan disajikan dengan telur rebus, tahu dan tempe bacem, kerecek yang pedas dan juga daging ayam.

Gudeg Mercon Bu lies

Sumber: Instagram @tika_moven

Daerah di Yogyakarta yang menjual gudeg dengan jumlah yang banyak adalah daerah Wijilan, Didaerah ini banyak warung gudeg berdiri dan menjual beraneka macam varian gudeg. Salah satu warung gudeg legendaris yang ada di Wijilan adalah Gudeg Wijilan Bu Lies. Warung gudeg ini sudah berdiri sejak tahun 1993 serta sudah membuka cabang lain di daerah yang sama. Dulunya warung gudeg ini membuat gudeg dengan rasa yang manis dan gurih. Namun sekarang gudeg ini juga telah membuat gudeg mercon Yogyakarta yang terkenal dan super pedas.

Bahkan sekarang gudeg mercon ini hadir dengan inovasi baru, yaitu gudeg mercon dalam kemasan kaleng. Kabarnya gudeg ini bisa bertahan hingga setahun. Namun jika sudah dibuka dan disimpan dalam freezer hanya bertahan  selama satu bulan. terdapat teknik khusus yang bisa membuat gudeg di dalam kemasan awet, seperti memanaskan kaleng hingga suhu 130 celsius kemudian diredam  dengan air dingin. Dalam satu kaleng kemasan berisi 400 gr, yang dapat dimakan untuk 2-4 orang. Isi didalamnya sangat komplit yang terdiri dari telur, tahu, tempe, sambel krecek lombok ijo dicampur oseng-oseng pedas daging sapi. Harga per kaleng dipatok dengan harga Rp 30.000,- untuk rasa gudeg mercon dan untuk gudeg biasa Rp 25.000,-. Gudeg ini bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta.

Gudeg Sagan

Sumber: Instagram @gudeg_sagan

Gudeg Sagan pertama kali buka pada tahun 2003. Terdapat cerita dalam penamaan tempat ini.  Dulunya usaha gudeg ini pertama kali dimulai di Kampung Sagan yang sangat dikenal sebagai pusat gudeg di Yogyakarta. Maka dari itu, gudeg ini diberi nama gudeg Sagan. Perbedaan gudeg Sagan dengan gudeg terenak di Jogja yang lainnya terletak pada cita rasanya yang lebih pedas. Gudeg di tempat ini juga merupakan gudeg basah. Gudeg Sagan juga memiliki beragam lauk pauk seperti telur bebek, ayam kampung, pindang rebus, dan sambal krecek ditambah sayur tempe. Gudeg Sagan ini tidak menggunakan MSG dalam pengolahannya. Gudeg Sagan baru buka sore hari, mulai pukul 16.00. Gudeg Sagan berlokasi di Jalan Prof.DR.Herman Yohanes 53 Sagan Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum

 

Sumber: Instagram @jogjafood

Gudeg Yu Djum merupakan gudeg dengan cita rasa yang lezat dan paling sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Gudeg Yu Djum sudah dijual sejak tahun 1950. Adapun gudeg yang dijual termasuk gudeg kering. Terdapat berbagai paket nasi gudeg dan krecek yang bisa anda pilih. Bisa pakai tahu, tempe, potongan daging ayam, dan juga telur. Gudeg Yu Djum ini mempunyai cita rasa manis gurih, pedas yang nikmat untuk dicicipi. Sambal kereceknya cukup pedas, walaupun gudeg ini tidak seperdas gudeg mercon. Saat ini Gudeg Yu Djum telah mempunyai berbagai cabang. Salah satunya ada di Jalan. Laksda Adisucipto Km. 8,7 (Samping Hotel Sheraton), Yogyakarta.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Sumber: Instagram @injogjafood

Gudeg Bromo Bu Tekluk ini termasuk dalam tipe gudeg basah yang disiram areh gurih yang ditemani oleh sambal krecek yang pedas dan berbagai macam lauk tambahan seperti telur bacem, ayam suwir, tahu, tempe, kepala ayam hingga ceker. Yang unik dari tempat ini selain rasanya kreceknya yang pedas, krecek yang digunakan bukanlah krecek sapi tapi krecek kerbau. Krecek kerbau dipakai karena tidak mudah hancur dan tetap kenyal ketika disantap. Gudeg Bromo ini buka mulai dari pukul 23.00 WIB hingga 05.00 WIB.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BUifqhUAXtV/
instagram.com/p/BHhgHiTAW2D/
instagram.com/p/BTKIbd3jKDV/
instagram.com/p/BIAAC9ZhoqF/
instagram.com/p/BWMlCVGh1pt/
instagram.com/p/BG4D0ZGu5P9/
instagram.com/p/BRIY5pllOT2/
instagram.com/p/BTB_jmehhQd/

Comments

Loading...