OUR NETWORK

Daftar Oleh – Oleh Khas Maluku Tengah

 

Maluku Tengah merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi kepulauan Maluku. Di daerah Maluku ini terdapat berbagai macam tempat wisata alam maupun budaya yang sangat menarik. Ketika berkunjung ke Maluku, sebaiknya juga membeli suatu oleh – oleh untuk keluarga maupun sahabat. Ada banyak produk makanan, kerajinan hingga pakaian yang dapat dikoleksi dan dijadikan sebagai buah tangan.
Berikut ini adalah daftar oleh – oleh khas Maluku Tengah :

Kayu Putih Ambon

Sumber: Instagram @pojoksehatdelia

Di daerah Maluku Tengah terdapat ribuan tanaman kayu putih. Tumbuhan kayu putih di ambon merupakan kayu putih yang mempunyai kualitas terbaik daripada kayu putih di daerah lainnya. Manfaat kayu putih juga sangat variatif dan bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk menghangatkan badan. Di Maluku Tengah, pemanfaatan kayu putih agak berbeda. Biasanya, kayu putih digunakan sebagai obat luar. Akan tetapi, di ambon dimanfaatkan sebagai minuman. Hal ini disebabkan pengolahan minuman kayu putih yang berada di ambon dibuat dengan komposisi pohon kayu putih murni tanpa campuran apapun. Aroma kayu putih ambon juga berbeda dengan minyak kayu putih yang berada di pasaran. Untuk harga satu botol kayu putih, dibandrol mulai dari 150.000 IDR – 300.000 IDR.

Kue Sagu

Sumber: Instagram @paulinawilly2

Sagu merupakan makanan pokok khas Indonesia timur. Berbagai macam olahan sagu dapat dijumpai di daerah Maluku Tengah. Pohon sagu di daerah Maluku Tengah tengah, tumbuh secara subur dan tersebar luas. Salah satu olahan sagu yang dapat dijadikan sebagai oleh – oleh adalah kue sagu. Kue sagu ini berbentuk persegi dan dengan beberapa macam warna. Ada yang berwarna kecokelatan, kemerahan hingga abu – abu. Teksture kue sagu terlihat kasar, namun terasa sangat lembut ketika dimakan.

Kerajinan Besi Putih

Sumber: Instagram @millenial_autentic

Besi Putih merupakan salah satu kerajinan yang memanfaatkan barang bekas. Sumber dari barang bekas tersebut merupakan puing – puing kapal Belanda yang tenggelam di laut Maluku. Masyarakat setempat kemudian memungut hasil puing kapal Belanda untuk diolah kembali sebagai benda yang sangat berguna dan ekonomis. Lalu hasil puing kapal diolah kembali menjadi besi putih. Besi tersebut sedemikian rupa sehingga menjadi aksesoris yang cantik dan mempunyai harga tinggi. Contoh aksesoris yang terbuat dari besi putih ambon adalah gelang, cincin dan lain – lain. Kelebihan dari aksesoris besi tidak akan pernah berkarat dan dapat bertahan hingga puluhan tahun. Tekstur dari besi juga sangat halus dan menyerupai emas putih. Satu buah aksesoris dibandrol mulai dari 100.000 IDR – 400.000 IDR.

Kaos Balugu

Sumber: Instagram @amakelemaluku

Kaos Balugu ini sekilas mirip dengan kaos jogger Bali. Kaos jenis ini adalah kaos polos yang mempunyai meme dan kata – kata mutiara yang sangat inspiratif. Namun meme dan kata – kata yang digunakan pada kaos balugu merupakan gambaran umum dari kebudayaan Maluku Tengah. Kualitas kaos ini sangat tinggi. Bahan kaos sangat halus serta terasa nyaman dan sejuk ketika memakainya. Meme dan tulisan kaos juga tidak mudah luntur. Untuk harga 1 kaos dibandrol mulai dari 80.000 IDR – 100.000 IDR. Bagi yang pandai tawar menawar harga, akan memungkinkan memperoleh harga yang jauh lebih murah.

Kerajinan Kerang Maluku Tengah

Sumber: Instagram @sulthanhomeliving_

Sebagian besar penduduk di Maluku Tengah merupakan petani. Hasil panen laut juga sangat melimpah, terutama kerang. Untuk itu supaya meminimalisir limbah cangkang kerang, dimanfaatkan sebagai benda yang mempunyai nilai estetika.
Pemanfaatan limbah cangkang kerang sangat menguntungkan dan dapat dijadikan sebagai mata pencaharian. Kerajinan yang dapat dibuat dari cangkang kerang meliputi gelang, kalung, cincin, hiasan dinding, tirai, bros dan lain – lain. Kerajinan hasil limbah cangkang kerang merupakan ciri khas dari Maluku Tengah, karena itulah dapat ditemukan dimanapun. Sedangkan harga kerajinan limbah cangkang kerang, dibandrol mulai dari 20.000 IDR – 150.000 IDR.

Nasi Jaha Maluku Tengah

Sumber: Instagram @foodartbylaura

Nasi Jaha merupakan salah satu makanan pokok khas Maluku Tengah. Makanan ini terbuat dari campuran beras biasa dan beras ketan putih atau pulo yang direbus menggunakan santan. Proses perebusan nasi jaha sangat unik, karena harus dimasukkan ke dalam bambu, kemudian dibakar. Sebagai makanan pokok, ketika menyantap nasi jaha sebaiknya menggunakan lauk. Untuk mempertahankan ciri khas kuliner dari Maluku Tengah, lauk yang digunakan juga merupakan kuliner Maluku pula. Namun dapat juga memadukan nasi jaha bersama kuliner nusantara lainnya.

Ikan Komu Asar

SUmber: Instagram @elwynsans

Ikan Komu Asar ini merupakan ikan asap khas Maluku Tengah. Ikan yang biasanya digunakan sebagai ikan asar adalah ikan cakalang. Namun ada pula ikan asar tongkol maupun tuna. Cara pengasapan ikan ini sama dengan pengasapan daging sapi pada umumnya. Namun ikan yang hendak diasapkan ditusuk terlebih dahulu dengan bambu. Lalu diasap selama ±1 jam.

Kopi Sibu – Sibu

SUmber: Instagram @aikua1mu

Kopi sibu – sibu merupakan salah satu olahan kopi khas Maluku Tengah. Kopi yang digunakan untuk membuat kopi sibu – sibu adalah kopi robusta. Penyajian kopi ini sangat berbeda dari penyajian kopi pada umumnya. Kopi robusta yang akan dijadikan sebagai kopi sibu – sibu, sebaiknya kopi yang digiling secara tradisional. Hal ini bertujuan supaya aroma kopi tahan lama. Kopi robusta, kemudian dicampur dengan bubuk cengkeh dan potongan biji ketapang. Bagi yang sangat menyukai kopi, minuman khas Maluku Tengah ini sebaiknya diburu dan dapat merasakan sensasi kopi yang berbeda.

Halua Kenari Maluku Tengah

Sumber: Instagram @tutidiana

Selain di Sulawesi, Halua juga dapat dijumpai di Maluku Tengah. Bentuk Halua Sulawesi dan Maluku Tengah sekilas sama. Namun mempunyai warna dan rasa yang berbeda. Halua Sulawesi berwarna kuning kemerahan, sedangkan Halua Maluku Tengah berwarna coklat. Hal ini disebabkan karena cara pengolahan yang berbeda. Untuk Halua Maluku Tengah dibuat dengan biji kenari dan gula aren.
Cara membuat Halua Maluku Tengah, pertama – tama panggang kenari terlebih dahulu hingga matang. Lalu cincang kasar kenari. Siapkan gula aren yang telah dicairkan, lalu masukkan kenari dan aduk hingga membentuk adonan gula – gula. Selanjutnya bentuk adonan menjadi bulat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum dimakan.

Kue Bagea

Sumber: Instagram @yanti_hamsun

Kue bagea ini juga merupakan salah olahan yang berbahan dasar sagu. Ciri khas dari kue ini berbentuk bulat dan berwarna krem. Tampilan dari tekstur kue agak retak dan terkesan kasar. Rasa kue bagea manis, renyah dan gurih.
Komposisi dari kue bagea ini adalah sagu, kayu manis dan berbagai macam jenis kacang. Biasanya kacang yang digunakan untuk olahan kue ini adalah kacang kenari. Namun ada pula kue bagea yang terbuat selain dari kacang kenari. Sayangnya kue bagea kacang dan bagea kenari yang paling banyak diminati.

Itulah daftar oleh – oleh khas Maluku Tengah yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Kabupaten Maluku Tengah. Selain itu juga masih banyak lagi oleh – oleh khas suku dayak ma’anyan Maluku Tengah yang menarik. Baik dalam bentuk makanan, aksesoris, hiasan dinding ataupun pakaian.

Comments

Loading...