OUR NETWORK

Ke Banjarmasin, Jangan Lupa Beli 10 Oleh-oleh Ini

Berkunjung ke Kalimantan, tentu saja harus mengunjungi Kota Banjarmasin, yang mendapat julukan sebagai Kota Seribu Sungai. Alasannya adalah selain ada beberapa lokasi wisata, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Banjarmasin yang tak bisa kamu temukan di kota-kota lainnya di Indonesia. Berikut ini adalah oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk keluarga atau teman kamu saat berkunjung ke Banjarmasin.

Rabuk Ikan Haruan

Sumber: Instagram @citrabanjar_oleholeh

Oleh-oleh yang cukup terkenal dari Banjarmasin adalah rabuk ikan haruan, atau abon ikan haruan. Pasalnya, di Banjarmasin banyak terdapat sungai, dan salah satu ikan yang banyak hidup di sungai di Banjarmasin adalah ikan haruan, sehingga tak heran jika banyak oleh-oleh diolah dari ikan tersebut. Mengenai rasa, tak perlu ragu, karena banyak yang sudah ketagihan akan makanan ini. Mungkin saja kamu juga akan ketagihan.

Amplang Ikan Pipih

Sumber: Instagram @jastipoleolehbpn_01

Masih berbahan dasar ikan, namun kali ini oleh-olehnya berupa kerupuk, yaitu amplang ikan pipih. Amplang juga disebut dengan nama lain kuku macan. Mungkin kamu pernah mencicipi amplang ikan tengiri, namun bagaimana dengan amplang ikan pipih ini? Tentunya tak kalah enak dan gurih, karena amplang ini dibuat dari tepung dan rempah khusus. Ditambah lagi ikan pipih merupakan spesies ikan yang kini makin langka, sehingga kamu wajib mencicipinya paling tidak sekali seumur hidup.

Wadai Rangai

Sumber: pesonanusantara

Wadai rangai adalah makanan yang terbuat dari bahan sagu dan kelapa, serta memiliki rasa yang gurih dan manis. Dulu, makanan ini hanya disuguhkan pada saat ada acara adat saja, namun kini makanan ini sudah banyak tersedia meskipun sedang tak ada acara adat. Makanan ini cocok dijadikan teman minum teh atau kopi saat sedang bersantai di rumah bersama keluarga.

Batik Sasirangan

Sumber: Instagram @novikaollshop_kain

Buat yang suka dengan batik, tentunya kurang lengkap jika tak memiliki batik dari Banjarmasin, yaitu Batik Sasirangan. Yang unik dari batik Sasirangan ini adalah motifnya yang bermacam-macam dan berbeda dibandingkan batik lainnya. Motif yang dimiliki batik ini antara lain adalah sinapur karang (motif ombak yang menerjang batu karang), turun dayang (motif garis-garis), gigi haruan (gigi ikan gabus), naga balimbur (motif ular naga), dara manginang (motif remaja yang makan daun sirih), dan banyak motif lainnya yang bisa kamu beli.

Panting

Sumber: Instagram @alatmuskitradisionalkalimantan

Selain batik khas Banjarmasin, kamu juga bisa membeli alat musik tradisional khas Banjarmasin, yaitu Panting. Dilihat sekilas, alat musik ini mirip dengan gambus Arab, hanya saja ukurannya lebih kecil. Untuk bisa memainkan alat musik ini memang tak mudah, namun jika memang kamu tak bisa memainkannya, alat musik ini masih bisa digunakan sebagai pajangan di rumah, untuk menambah nilai seni rumah kamu.

Miniatur Rumah Adat

Sumber: fispol

Banjarmasin memiliki berbagai suku yang masih hidup dengan gaya tradisional, termasuk untuk urusan tempat tinggalnya. Di Banjarmasin, terdapat beberapa rumah adat seperti rumah joglo gudang, cacak burung, tadah alas, atau balai kaki. Uniknya, semua rumah adat itu tersedia pula dalam bentuk miniatur, yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Biasanya, miniatur rumah adat itu terbuat dari kayu agatis, dan bisa digunakan untuk pajangan agar mempercantik rumah kamu.

Ikan Seluang

Sumber: Instagram @jilna_sari

Camilan lain yang khas dari Banjarmasin adalah ikan seluang. Ikan seluang ini digoreng dengan menggunakan tepung, sehingga terasa gurih dan renyah saat dimakan. Cocok dimakan saat sedang santai, atau menjadi teman dalam perjalanan jauh. Tak hanya dijadikan camilan, ikan seluang ini juga bisa dimakan sebagai lauk bersama dengan nasi putih, yang tentunya bisa cukup mengenyangkan perut jikalah kebetulan sedang tak ada lauk di rumah.

Dodol Kandangan

Sumber: Instagram @dodol_ibumita

Dodol tak hanya ada di Garut saja, karena Banjarmasin juga punya dodol dengan nama Dodol Kandangan, yang terbuat dari beras ketan dan gula aren. Mengikuti perkembangan zaman, dodol ini pun memiliki banyak varian rasa, dan rasa yang paling populer adalah rasa durian. Penasaran bagaimana rasanya? Datang ke Banjarmasin, dan rasakan sendiri dodol Kandangan ini.

Kaos Banjarmasin

Sumber: Instagram @kaoshymunk

Jika Yogyakarta punya Dagadu, maka Banjarmasin juga punya kaos dengan nama brand Hy-Munk. Desain dari kaos ini dibuat dengan menarik dan lucu untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, tersedia berbagai motif kaos, mulai dari polos, sampai dengan beberapa motif yang berhubungan dengan kota Banjarmasin.

Batu Mulia

Sumber: Google

Di Banjarmasin tepatnya di Martapura, kamu bisa membeli oleh-oleh berupa batu mulia, karena Martapura merupakan pusatnya batu mulia di Banjarmasin. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam batu mulia dengan harga bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai dengan miliaran rupiah. Jika kamu adalah seorang kolektor batu mulia, maka wajib datang ke sini.

Mana oleh-oleh yang akan kamu beli untuk keluarga dan teman kamu?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…