in

Leker Paimo – Jajanan Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

Sumber Gambar: Google Maps @Tomooo13

Penikmat jajanan kaki lima pasti sudah tau makanan manis yang satu ini, ya kue leker. Leker atau kue pisang adalah makanan khas kota Surabaya. Tetapi kue ini berbeda dengan leker yang dikenal di Semarang dan kota lainnya. Salah satu kue leker yang melengendaris di Kota Semarang yaitu Leker Paimo. Walaupun hanya jajanan kaki lima, Leker Paimo berhasil menarik minat para pecinta kue leker sampai ke luar kota. Jika hendak mencobanya, siap-siap deh mengantre Panjang. Penasaran? Yuk, lanjut di bawah ini.

Kisah Dibalik Suksesnya Leker Paimo

Sumber Gambar : ayosemarang.com

Untuk menjadi orang yang sukses memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Beliau mengaku butuh waktu yang lama untuk bisa merasakan kesuksesan dalam menjalankan bisnisnya. Sekitar 15-16 tahun, atau tepatnya pada tahun 1995. Dari kecil, beliau memang bercita-cita menjadi pedagang. Karena modalnya yang sedikit, Paimo memutuskan untuk berjualan kue leker.

Pada awalnya Paimo berjualan menggunakan pikulan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Setelah membeli gerobak dari temannya seharga Rp. 70.000, beliau memutuskan untuk berjualan tetap di depan SMA Loyola Semarang. Keputusan ini diambil karena beliau mengaku capek jika setiap hari harus berkeliling menjajakan dagangannya.

Gerobak kecilnya tak langsung ramai pada saat itu. Awal mula ‘mangkal’ di depan SMA Loyola, beliau hanya bisa menjual sekitar 10 buah kue leker perhari selama tiga hingga enam bulan pertama. Kesabaran beliau membuahkan hasil. Pasca enak bulan, omzetnya melejit. Setiap harinya, beliau bisa menjual ratusan buah kue leker.

Memiliki Ciri Khas Tersendiri

Sumber Gambar : Instagram @semarangfood

Masing-masing tempat pasti memiliki ciri khas tersendiri, termasuk Leker Paimo. Kue leker ala Paimo ini bertekstur crispy di luar dan lembut di dalam. Walaupun termasuk jajanan jadul, Paimo menyulap kue leker ini menjadi camilan bergengsi dengan proses yang sederhana.

Untuk variannya sendiri tak hanya rasa coklat, pisang, dan keju saja seperti leker pada umumnya. Leker Paimo memiliki rasa yang disesuaikan dengan lidah masyarakat ‘jaman now’. Rasa yang disajikan berupa rasa caramel, pisang coklat, pisang coklat keju, hingga mayonnaise, tuna, kornet dan sosis mozzarella yang biasa ditambahkan pada pizza. Kekinian banget bukan?

Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

Sumber Gambar : Instagram @klikoleholeh

Jajanan kaki lima ini memiliki harga yang sangat ekonomis. Cocok dikantong anak sekolah yang doyan jajan. Untuk Leker Paimo dengan berbagai macam menu yang menarik, dibandrol dari harga Rp.2.000 hingga yang paling mahal dipatok Rp. 35.000.

Tak hanya dikenal oleh warga Kota Semarang, Leker Paimo juga dikenal hingga ke luar negri. Terbukti banyak orang yang memesan Leker Paimo dan membawanya ke Singapura hingga Australia. Jadi tak diragukan lagi untuk rasanya.

Rela Mengantre Sejam Demi Leker Paimo

Sumber Gambar : Google Maps @Endah Rejki Kusumastuti

Memang butuh kesabaran untuk menikmati Leker Paimo yang legendaris ini. Sahabat Wisato yang baru datang ke gerobak Leker Paimo, akan disuguhi menu dan secarik kertas. Tinggal menulis menu apa yang diinginkan dan seberapa banyak yang akan dipesan, tak lupa tulis nama sahabat Wisato juga ya. Kertas ini akan ditumpuk sesuai urutan antrean. Begitu leker sudah siap, nama sahabat Wisato akan langsung dipanggil. Pastikan untuk tidak beranjak pergi saat leker sudah dibuat, atau nama anda akan dilewati dan anda akan mengantre ulang. Antreanmu menjadi lebih panjang dan harus menunggu hingga dipanggil Kembali.

Tumpukkan kertas pesanan menumpuk tinggi bak gunung. Wajar saja perlu waktu ekstra untuk menikmati leker ini, karena dalam satu pesanan kertas, biasanya pengunjung tak hanya memesan lima atau enam leker saja, tetapi mencapai puluhan leker. Wow! Bayangkan saja bisa berapa lama antreannya? Walaupun begitu, semua perjuangan sahabat Wisato akan terbayarkan dengan nikmatnya leker bercita rasa khas Semarang ini.

Terdapat dua lokasi yang bisa sahabat Wisato kunjungi untuk mendapatkan Leker Paimo. Yang pertama di Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, depan SMA Kolese Loyola dan yang kedua beralamatkan di Jl. Ki Mangunsarkoro No.86 D, Kota Semarang. Untuk jam operasioanalnya sendiri, sahabat Wisato bisa mengunjungi pada pukul 10.00 pagi hingga 16.30 sore. Penasaran ingin mencobanya?