OUR NETWORK

Makanan Olahan Ikan yang Harus Dicoba di Palembang

Sumber: Lazada

Hmm…  Bicara tentang Kota Palembang, siapa yang tidak kenal dengan kota ini, kota dengan beraneka macam kulinernya yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Kota ini memiliki kuliner dari berbagai olahan makananya. Salah satunya makanan dengan olahan ikan. Kota Palembang memiliki peraian yang sudah sangat maju yang membuat beberapa olahan makanan di Palembang memiliki cita rasa yang berbau hasil olahan ikan. Walaupun terdapat beberapa olahan makanan lain yang tidak berbahan dasar ikan, tetapi makanan olahan ikan Palembang inilah yang paling banyak ditemukan.

Nah, kalau begitu apa sajakah makanan olahan ikan Palembang yang terkenal dan wajib untuk dicoba saat anda berada di kota ini?, berikut ini adalah beberapa makanan olahan ikan yang khas dan terkenal di Palembang yang wajib untuk anda cicipi.

Pempek

Sumber: Instagram @pempek

Makanan khas kota Palembang yang wajib anda coba untuk pertama kali yaitu pempek. Pempek adalah salah satu makanan olahan ikan Palembang yang terkenal. Makanan ini sangat mudah anda temukan di Palembang. Pempek adalah olahan yang terbuat dari tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki cita rasa yang gurih yang akan membuat pempek ini semakin terasa nikmat. Pempek palembang ini biasanya akan disajikan bersama dengan sambal cuko atau kuah pempek. Kuah cuko ini dapat anda pilih sesuai dengan selera anda, anda dapat memilih kuah cuko yang pedas atau cuko yang tidak pedas. Pempek ini biasanya dilengkapi dengan mentimun, yang akan membuat kuah ini semakin segar.

Terdapat berbagai macam jenis pempek yang bisa anda coba dan anda pilih sesuai dengan bahan pembuatanya dan isiannya. Seperti pempek kapal selam yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak yang panas. Terdapat juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat, pempek kulit ikan, pempek pistel yang berisi irisan papaya muda yang direbus dan dibumbui, pempek keriting dan pempek telur kecil.

Baca juga: 7 Mpek-mpek Legendaris di Palembang

Pindang ikan

Sumber: Instagram @sambas_wahyudi

Makanan olahan ikan Palembang yang selanjutnya adalah pindang ikan. Pindang ikan khas Palembang ini berbeda dengan pindang ikan dari Jawa. Pindang ikan khas Palembang ini seperti sup ikan dengan bumbu kuning yang menggairahkan. Ikan yang umumnya dipakai untuk pindang Palembang adalah ikan patin. Ikan patin yang memiliki daging lembut membuat bumbu pindang meresap sempurna ke dalam daging ikan, ditambah lagi kesegaran dari potongan buah nanas yang terdapat di kuahnya, semakin menambah nikmat olahan makan yang satu ini.
Untuk anda yang ingin merasakan nikmatnya pindang ikan ini, anda dapat mencicipi sajian ikan pindang yang ada di warung Mbok War Palembang yang tempatnya cukup terkenal. Warung ini mengapung di Sungai Musi dan juga dekat dengan Jembatan Ampera. Yang pastinya akan membuat anda betah berlama-lama karena tempat ini memiliki pemandangan malam yang indah.

Otak-otak

Sumber: Instagram @otakotaklookie

Otak-otak sebenarnya adalah makanan yang terbuat dari adonan sama dengan adonan pempek bulat. Perbedaanya bila adonan pempek bulat langsung digoreng, sedangkan adonan untuk membuat otak-otak, terlebih dahulu akan dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dibakar. Otak-otak akan bertambah kelezatanya bila disajikan dengan cocolan sambal rawit merah, atau bisa juga dengan cuka pempek yang rasanya sama-sama nikmat.

Tekwan

Sumber: Instagram @pempekceria.mks

Bila adonan otak-otak memiliki adonan yang sama dengan pempek bulat, tekwan adalah makanan yang memiliki adonan sama dengan adonan pempek lenjer. Perbedaanya ada pada jumlah tepung tapioka pada makanan tekwan lebih sedikit dengan maksud supaya bola-bola ikan yang dihasilkanpun lebih lembut. Tekwan banyak dikenal dengan baksonya orang Palembang. Tekwan merupakan sajian makanan pempek rebus. Yang pastinya makanan ini juga sangatlah sehat bila dibandingkan dengan pempek yang digoreng. Karena pempek rebus ini tidak menggunakan minyak yang mengandung banyak kolesterol. Tekwan memiliki kuah yang bening seperti soup. Sajian hidangan tekwan ini menggunakan kaldu udang dengan topping jamur kuping dan juga buah bengkoang. Makanan ini sangatlah cocok untuk hidangan malam anda terlebih lagi bila cuacanya sedang mendung, dijamin sangat pas, karena tekwan memiliki kuah yang dijamin dapat menghangatkan tubuh anda.

Model

Sumber: Instagram @leha_elha_brand

Kali ini bukanlah model yang suka sekali bergaya didepan kamera. Model yang satu ini adalah makanan yang hampir sama dengan tekwan. Model terbuat dari bahan dasar seperti daging ikan dan juga sagu. Yang selanjutnya akan dibentuk seperti pempek tahu yang dipotong kecil-kecil. Model adalah makanan yang disajikan dengan kuah kaldu dari udang dengan soun sebagai tambahan pelengkapnya. Makanan ini tersaji dalam dua varian yang berbeda, yaitu model ikan dan juga model gandum. Anda dapat memilih model yang sesuai dengan selera anda. Makanan ini juga dilengkapi dengan tambahan lainya seperti udang, jamur kuping, mentimun, dan juga ditaburi dengan bawang goreng.

Celimpungan

Sumber: Instagram @yantiliaw

Celimpungan merupakan makanan olahan ikan Palembang yang mempunyai adonan sama dengan bola-bola ikan seperti pada tekwan. Perbedaanya terletak pada kuahnya. Kuah pada celimpungan terbuat dari santan yang kental ditambah dengan bumbu rempah-rempah khas makanan India. Makanan ini sering ditambahkan dengan taburan bawang goreng yang mempunyai bau sedap yang semakin menambah kelezatan pada makanan yang satu ini.

Laksan

Sumber: Instagram @victoricko

Laksan merupakan makanan khas lainnya yang dapat anda cicipi ketika berada di kota Palembang. Mungkin anda belum tahu dengan makanan yang satu ini, karena makanan ini tidak seterkenal pempek. Walaupun begitu laksan adalah makanan yang bahan adonanya menggunakan pempek. Laksan merupakan pempek lenjer yang akan disiram dengan menggunakan santan yang pedas dan juga kental seperti kuah kari. Pempek lenjer yang digunakan adalah pempek dalam keadaan utuh atau pempek ini tidak akan dipotong potong. Laksan adalah makanan yang hampir sama dengan lontong sayur. Makanan yang satu ini juga akan semakin nikmat bila ditambah dengan taburan bawang gorengnya yang gurih. Laksan adalah makanan yang cocok disajikan untuk sarapan ataupun untuk camilan berat.

Kerupuk Ikan Palembang

Sumber: Instagram @cipluk_snacks

Kuliner khas Palembang yang terbuat dari olahan ikan selanjutnya adalah keruuk ikan. Makanan ini tidak boleh anda lewatkan ketika berlibur di Palembang. Kerupuk ikan ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh atau buah tangan keluarga dirumah. Banyak sekali kerupuk ikan yang akan dapat anda temukan disini. Dengan mudahnya anda akan menemukan penjual yang menjual makanan tersebut. Makanan Palembang yang satu ini terbuat juga dari ikan tenggiri ataupun bisa diganti dengan ikan laut lainnya. Kerupuk ikan ini memiliki rasa yang cenderung gurih dan sangat renyah dan juga garing. Sangatlah cocok dijadikan teman makanan berkuah yang panas dan juga pedas. makanan ini juga akan bertambah kelezatanya bila dicocolkan ke kuah cuko pempek yang memiliki rasa asam, manis dan pedas, dijamin mantap. Kerupuk ikan ini mempunyai warna yang putih dan sangat renyah. Kerupuk ikan Palembang ini adalah kerupuk ikan yang paling banyak dicari dan paling favorit untuk dijadikan oleh oleh saat berada di kota Palembang.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BPCzx8vlqWd/
instagram.com/p/BZhpFTznaGg/
instagram.com/p/BWMUWXbFRYi/
instagram.com/p/BZag-5YlK3Z/
instagram.com/p/BZjPwVcFZ6r/
instagram.com/p/BStB_ZCFbQ-/
instagram.com/p/BUD3Ga0lnjN/
instagram.com/p/BBJWLDYrVza/
instagram.com/p/BCfoO7EBG-j/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…