in

Menelusuri Tanggo Raja Jambi

Sumber Gambar: hipwee.com

Saat kalian mengunjungi Jambi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Tanggo Raja, apalagi jika kalian merupakan pecinta wisata kuliner. Tanggo Raja terletak di pinggiran Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sedikit sejarah mengenai Tanggo Raja, dahulunya merupakan sebuah bangunan kecil yang dibuat untuk turun naiknya seorang raja atau penguasa. Bangunan tersebut digunakan mulai dari zaman kerajaan melayu Hindu sampai dengan Kerajaan Melayu Islam.

Sumber Gambar: hipwee.com

Karena Tanggo Raja selalu terletak dikawasan Istana kerajaan dan alat transportasi yang dulu digunakan oleh mayarakat kebanyakan adalah transportasi laut yaitu merupakan perahu yang disebut dengan Jong sehingga perahu yang digunakan oleh raja dikenal dengan sebutan Jong Kencana atau Perahu Kajang Lako. Setelah itu kawasan kerajaan Melayu Jambi pada saat itu yang merupakan kawasan Tanggo Raja saat ini dan Kerajaan Melayu terdahulu dikenal dengan nama kawasan Tanah Pilih yang terletak di kawasan Mesjid Agung Al-Falah Jambi pada saat ini.

Sumber Gambar: antarafoto.com

Saat mengunjungi kawasan ini kalian dapat datang saat siang ataupun malam untuk menikmati kuliner yang dijual di area Tanggo Raja. Tetapi suasana yang dihasilkan jika kalian datang saat siang dan malam dapat dikatakan sangat berbeda, sehingga penulis menyarankan jika kalian memiliki banyak waktu kalian dapat mengunjungi Tanggo Raja saat siang dan malam untuk merasakan menyantap kuliner di suasana yang berbeda. Beberapa kuliner yang dapat kalian temui antara lain adalah;

Sumber Gambar: sorotpolitik.kompas.com
  • Bakso

Salah satu makanan yang bisa dikatakan sangat mudah ditemui diberbagai tempat, baik mall kelas atas sampai pikir jalan dekat sekolah dengan harga yang bervariasi. Jadi tidak heran kalau kalian juga dapat menemui kuliner yang satu ini tanggo raja. Menyantap semangkuk bakso hangat sambil menatap pemandangan sekitar ditemani hembusan angin merupakan suatu kenikmatan tersendiri.

  • Mie ayam

Selain bakso mie ayam juga merupakan makanan yang mudah ditemui dan dicari, tidak mengherankan karena mie bisa dikatakan salah satu makanan populer penganti nasi apalagi bagi para anak kos yang uang bulanan tidak seberapa. Disini kalian dapat menikmati mie ayam dibawah cahaya bulan.

  • Sate ayam

Daging ayam yang ditusuk dan dibakar diatas bara api menghasilkan harmoni aroma dan suara yang menggugah selera bagi mereka pecinta daging atau bagi mereka yang memiliki perut yang kosong. Di Tanggo Raja menikmati sepiring sate ayam dibawah teduhnya malam setelah berjalan-jalan merupakan kenikmatan tersendiri.

  • Sate kambing

Jika kalian lebih menyukai kambing dari pada ayam, jangan khawatir karena kalian juga dapat menikmati sate kambing dengan harga yang terjangkau sambil menikmati indahnya pemandangan Tanggo Raja.

  • Roti bakar

Jika kalian hanya ingin makanan kecil maka kalian dapat membeli roti bakar yang dijual di sekitar lokasi. Dimana setelah membeli kalian dapat menikmatinya sambil berbincang dengan teman atau keluarga kalian di tepi air.

  • Empek-empek

Pilihan kuliner lainnya yang dapat kalian nikmati disini adalah empek-empek yang dapat disantap disegala cuaca dan waktu baik sebagai makanan utama maupun makanan kecil semua pilihan ada pada kalian.

  • Tekwan

Pilihan makanan selain empek-empek yang lezat disantap untuk makanan utama maupun makanan kecil pengganjal perut. Paling enak dinikmati hangat saat udara sedang dingin.

  • Nasi goreng

Mungkin bisa dikatakan nasi goreng merupakan makanan nasional mengenyangkan dengan harga terjangkau yang dapat dibuat dengan berbagai macam variasi bumbu mulai dari yang normal ditemui sampai dengan yang dibuat dengan mencampur dengan bumbu khas daerah tersebut.

  • Es tebu

Es tebu merupakan salah satu minuman yang populer di Tanggo Raja karena memiliki harga yang terjangkau dengan rasa yang menyegarkan dan cocok untuk diminum pada saat siang maupun malam dan dijadikan teman makan kuliner lainnya.

  • Jagung bakar

Selain es tebu jagung bakar merupakan jajanan yang sangat digemari, bahkan bisa dikatakan penjual jagung bakar mendominasi penjual lainnya. Di sini kalian dapat memilih berbagai macam rasa jagung bakar untuk kalian santap seperti rasa asin, manis dan pedas.

Selain kuliner diatas ada berbagai macam kuliner lainnya yang dapat kalian nikmati, jadi tunggu apalagi. Ini saatnya untuk menjelajah dan merasakan sendiri kuliner Tanggo Raja Jambi.