From Korea With Love Concert

Menyantap Nasi Balap Puyung Inaq Esun Legendaris dan Bikin Ngiler di Lombok

Tentu saja semua orang mengetahui bahwa Lombok merupakan Kota di Indonesia yang menawarkan banyak sekali wisata kuliner di dalamnya. Terlebih lagi semua kuliner yang ditawarkan di Lombok merupakan kuliner yang unik dan sangat lezat. Bahkan nama dari kulinernya pun sangat unik dan dapat membuat orang yang belum pernah mendengarnya menjadi penasaran. Karena rasa penasaran ini orang orang akan semakin tertarik untuk mencobanya. Nah kali ini ada satu kuliner yang terkenal di Lombok bahkan menjadi salah satu ikon kuliner di Lombok. Namanya adalah kuliner Nasi Balap Puyung. Untuk kamu yang baru pertama kali mendengar nama kuliner ini kamu harus segera mengunjungi Nasi Balap Puyung Inaq Esun untuk mencobanya.

Sumber Gambar: Google Maps @Google Lover

Nasi Balap Puyung merupakan salah satu kuliner khas Lombok yang banyak digemari oleh masyarakat disana. Sebenarnya ada dua versi yang mengatakan apa itu nasi balap puyung. Satu versi mengatakan bahwa nasi balap puyung ini dinamakan karena pada saat itu nasi ini digemari oleh para anak muda malam yang gemar sekali balap motor di kampung Puyung. Versi lainnya mengatakan bahwa nasi balap puyung ini dinamakan begitu berdasarkan dari prosess pembuatannya yang sangat cepat. Karena itulah nasi balap puyung dinamakan nasi balap.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Khususnya di Lombok ada satu rumah makan yang sangat saya rekomendasikan bagi kamu yang tertarik untuk mencoba nasi balap puyung ini. Nama rumah makannya adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun.

Lokasi Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Tempat kuliner yang melegenda ini sekarang sudah diteruskan oleh generasi ketiga dari pemiliknya. Bagaimana tidak perlu diketahui bahwa Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini sudah berdiri sejak 1973 hingga saat ini. Kamu tak perlu bingung ataupun takut tersesat ketika akan mencari lokasi dari Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Karena lokasi dari rumah makan ini sangat mudah ditemukan apalagi lokasinya yang sangat strategis.

Nasi Balap Puyung Inaq Esun beralamat lengkap di Jl. Raya Puyung, Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Kamu tinggal menyalakan smartphone dan langsung saja buka maps untuk mendapatkan petunjuk. Kamu tinggal mengikuti saja arahan yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Kamu juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar apabila kamu mengalami gangguan jaringan.

Kamu harus melihat waktu ketika ingin berkunjung ke Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Kamu tidak boleh datang kepagian ataupun terlalu malam. Karena jam buka dari rumah makan ini yaitu mulai dari pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam Waktu Indonesia Barat.

Perlu diingat juga bahwa hargaa dari nasi balap ini cukup murah dan tidak terlalu menguras kantong. Dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar 17 ribu rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi nasi balap puyung.

Kelezatan Nasi Balap Inaq Esun yang Membuatnya Melegenda

Sumber Gambar: Instagram @kohrita

Kamu pasti bertanya Tanya apa sih yang bisa membuat Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini menjadi legendaris di Lombok. Bahkan menjadi salah satu ikon kuliner di Kota Lombok. Nasi Balap Puyung ini pertama kali berdiri sejak tahun 1973 dan tetap mempertahankan resepnya sampai sekarang. Itulah yang menyebabkan nasi balap ini menjadi sangat digemari oleh orang orang Lombok.

Sumber Gambar: Instagram @dickykuliner

Pada saat ini Nasi Balap Puyung Inaq Esun ini sudah dikelola oleh generasi ketiga dan makin ramai pengunjung dari tahun ketahunnya. Pada awal berdirinya rumah makan ini menyajikan menu nasi bungkus dengan daun pisang saja. Nasi ini dilengkapi dengan ayam pelecingan dan serundeng, dahulu dinamakan Nasi Kaput Inaq Esun.

Baca Juga: Desa Arborek Raja Ampat Juaranya  Desa Wisata

Akhirnya nasi bungkus ini makin terkenal di kalangan pedagang bahkan sopir angkot yang ada disana. Sehingga nasi ini menjadi semakin terkenal di daerah Puyung Lombok Tengah. Nah diubahnya nama menjadi nasi balap ini karena dahulu cucu dari Inaq Esun ini gemar sekali balap motor. Dan setiap kali memenangkan balapan dia kerap sekali mentraktir teman temannya untuk makan di rumah makannya sendiri. Itulah mengapa nasi ini dinamakan sebagai nasi balap puyung. Sedangkan untuk penamaan Puyung diambil dari Kampung Puyung tempat mereka berjualan.

 

 

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.