in

Nikmatnya Iga Bakar Di Warung Nikmat Ibu Eka

Warung Nikmat Ibu Eka
Sumber Gambar: Google Maps @Jessica Febrina

Warung Nikmat Ibu Eka adalah salah satu warung lesehan yang terkenal di kota Tegal. Kota Tegal merupakan salah satu kota kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang terkenal dengan logatnya yang khas ini banyak menyajikan kuliner yang enak dan lezat. Kota yang berada di jalur Pantai Utara ini memang strategis sebagai penghubung lintas nasional. Sehingga hal ini menjadikan salah satu penggerak ekonomi di wilayah kota Tegal. Mengitari wilayah kota Tegal membuat Sahabat Wisato akan menemukan beraneka ragam tempat kuliner yang khas dan nikmat dari daerah tersebut.

Salah satu tempat kuliner yang benar-benar nikmat di kota Tegal ini adalah Warung Nikmat Ibu Eka.

Warung Nikmat Ibu Eka

Sumber Gambar: Google Maps @Sp Hartono

Sepertinya penamaan warung ini memang tidak salah, karena aneka menu di warung ini benar-benar nikmat dan lezat. Warung yang berbentuk lesehan pinggir jalan ini memang menyajikan menu-menu yang istimewa karena bumbu racikannya dibuat sendiri oleh pemiliknya. Menurut salah seorang karyawannya, warung ini sudah ada sejak tahun 2006. Setiap harinya warung ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli.

Lokasi Warung Nikmat Ibu Eka

Jika Sahabat Wisato berkunjung ke kota Tegal ini dan berniat akan mencicipi kuliner di warung ini. Tidak sulit untuk menemukan lokasi Warung Nikmat Ibu Eka ini. Warung ini berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto Slawi Tegal, Jawa Tengah. Warung yang setiap harinya buka mulai pukul 16.00 wib sore dan tutup hingga pukul 23.00 wib malam. Apabila berkunjung ke warung ini jangan heran jika makin malam warung ini makin ramai. Karena menu yang disajikan di warung ini cocok untuk disantap di malam hari.

Iga Bakar dan Menu-Menu Istimewa di Warung Ini

Sumber Gambar: Google Maps @Sp Hartono

Meskipun warung ini berbentuk lesehan dan berada di pinggir jalan, namun menu-menu yang dihadirkan di warung ini tidak kalah dengan restoran-restoran mahal. Semua menu di warung ini enak dan lezat. Namun di warung ini terdapat menu favorit yang sangat diminati pengunjung apabila pengunjung datang yaitu Iga Bakar.

Sumber Gambar: Google Maps @Sp Hartono

Iga Bakar di warung ini sangat empuk dan istimewa rasanya. Sangking empuknya daging iga sapi tersebut, apabila digigit, antara tulang dan dagingnya itu lepas tanpa susah. Empuknya daging iga ini karena sebelum dibakar daging iga sapi ini di presto terlebih dahulu.

Kemudian apabila pengunjung datang untuk memesan iga sapinya, iga tersebut langsung dipanggang. Kemudian dioleskan bumbu kecap dan bumbu kacang Terbayang kan nikmat dan lezatnya rasa dari iga bakar ini.

Untuk isi dari satu porsi iga bakar tersebut terbilang banyak loh Sahabat Wisato, yaitu dua iga bakar untuk setiap satu porsinya. Setiap menu yang dipesan pengunjung di warung ini adalah selalu segar dan hangat.

Sumber Gambar: Google Maps @Jessica Febrina

Selain iga bakar, di warung ini juga menyediakan menu nasi bakar. Menggabungkan nasi bakar dan iga bakar secara bersamaan rasanya seperti perkawinan yang pas untuk kedua menu tersebut. Nasi bakar yaitu nasi yang dibungkus daun pisang dan di dalamnya berisi nasi yang dicampur dengan daun kemangi, kemudian dibakar. Pastinya aroma dari nasi tersebut begitu wangi.

Selain iga bakar dan nasi bakar tadi ada juga menu istimewa lainnya di warung ini yang tak kalah lezat yaitu ikan bakar.  Ikan bakar yang berasal dari ikan segar yang diberi bumbu racikan sendiri kemudian dibakar setelah itu dioleskan dengan bumbu kecap dan bumbu kacang membuat selera makan bisa tak terbendung ya Sahabat Wisato.

Oh iya, setiap menu tadi apabila dipesan akan diberikan dua sambal yang istimewa yaitu sambal terasi dengan aroma yang khas dan sambal kecap yang terdiri dari kecap, irisan bawang, cabe dan tomat.

Hmmm, sudah terbayang bukan betapa nikmatnya menu-menu tadi?. Rasanya lidah ini sudah ikut bergoyang membayangkan nikmatnya menu di warung ini.

Selain menu-menu tadi, di Warung Nikmat Ibu Eka ini juga menyajikan menu laut lainnya, seperti cumi asam manis, udang goreng. Di warung ini juga terdapat menu ayam goreng dan lele goreng.

Harga-harga di Warung Nikmat Ibu Eka ini terbilang terjangkau. Untuk setiap satu porsi iga bakar harganya Rp 45 ribu, begitu juga dengan nasi bakar harganya Rp 5 ribu. Dan kisaran harga menu makanan yang lain yaitu sekitar Rp 13 ribu sampai Rp 35 ribu.    

Teh Poci jadi Sahabat Menu Favorit

Warung Nikmat Ibu Eka
Sumber Gambar : Helly Devani K M

Setelah menyantap aneka menu lezat di Warung Nikmat Ibu Eka ini rasanya akan maksimal kenikmatan tersebut jika ditutup dengan minum secangkir teh poci. Ya, minuman khas ini memang berasal dari kota Tegal. Teh poci adalah minuman teh hangat yang diseduh di dalam poci dan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Kemudian minuman ini akan semakin nikmat jika diseduh dengan gula batu yang dimasukkan ke dalam cangkir tanah liat tadi.

Nah, bisa dibayangkan Sahabat Wisato betapa nikmatnya makan malam dengan menu istimewa tadi dan ditutup dengan secangkir teh poci.

Buat yang penasaran kalian bisa buktikan sendiri nikmatnya makan di Warung Nikmat Ibu Eka di kota Tegal.

Masih di kota Tegal ini, selanjutnya Sahabat Wisato bisa mencicipi kuliner di menyantap lezatnya nasi sayur labu sega warsa pagerbarang di tengah gelapnya malam.