OUR NETWORK

Oleh-Oleh Khas Halmahera Tengah

Kopi Dabe

Sumber: Instagram @travelerien

Kopi Dabe merupakan minuman tradisional yang kaya akan rempah rempah sehingga menghasilkan cita rasa luar biasa enak. Rempah-rempah tersebut seperti kayu manis, jahe, cengkeh, dan pala.

Dulunya pembuatan kopi ini menggunakan Balanga Mare, sebuah wadah yang biasa dipakai untuk membuat tanah liat. Tapi sekarang sudah menggunakan teknologi canggih yang biasa dipakai untuk membuat racikan kopi. Rasa kopi ini sangat sedap, dan mampu menghangatkan dikala anda kedinginan. Tersedia dalam kemasan botol dan kemasan.

Sagu Bakar

Sumber: Instagram @sundshinecafelibrary

Jika kita  ke Maluku, pasti akan selalu bertemu dengan olahan makanan sagu. Begitupula saat ke Halmahera Tengah di Maluku utara, kuliner khasnya yaitu sagu bakar.

Sagu bakar sangatlah lezat dan pasti membuat anda ketagihan. Lebih sedap lagi jika disantap bersama Kopi Dabe seperti yang sudah dibahas di atas.

Kue Yabu

Sumber: Instagram @Nita_sam

Kue Yabu atau biasa dipanggil juga dengan Kue Koyabu ini terbuat dari parutan singkong, irisan gula merah, dan kelapa parut. Penampakannya seperti yang terlihat pada gambar di atas. Dimana adonan yang telah dibuat dimasukan kebagian tengah daun pandan yang dilipat dua, kemudian disematkan memakai lidi. Barulah dikukus.

Rasanya manis namun tidak berlebihan, lezat dan gurih. Biasanya sering dijajakan di toko-toko kue basah di Halmahera Tengah.

Kue Singkong

Sumber: Instagram @sita.syofyan

Seperti namanya, camilan ini terbuat dari bahan dasar singkong yang telah dicampur dengan gula jawa sehingga memiliki rasa yang manis legit dan gurih ketika dikunyah.. Apabila anda tidak suka yang manis ,kue singkong pun ada yang rasanya asin.

Sama seperti Kue Koyabu, kue singkong ini pun bisa dengan mudah anda temui di toko-toko yang menjual kue basah di Halmahera Tengah. Jika ingin lebih irit dompet lagi, beli saja paket hemat yang berisi kue singkong aneka rasa. Sst … rasa singkong dari Halmahera Tengah juga beda, loh. Rasakan sendiri, deh, perbedaanya.

Kepiting Bakau

Sumber: Instagram @ladyboang

Oleh-oleh seafood lainnya dari Halmahera Tengah adalah Kepiting Bakau. Kepiting ini memiliki ukuran yang besar dengan dada tebal. Dagingnya pun sangat mengenyangkan walau tanpa ditambah nasi.

Kepiting Bakau bahkan kerap diekspor ke luar daerah Halmahera Tengah, loh. Jika anda ingin mengolahnya sendiri maka bisa membeli yang mentah. Jika tidak, beli yang sudah dimasak saja di rumah makan terdekat di Halmahera Tengah.

Kakap Merah

Sumber: Instagram @ayu.abby99

Selain menu wajib ketika anda mampir ke Halmahera tengah, kakap merah juga menu wajib untuk dibawa pulang. Ikan bernama lain Barramudi ini rasanya sangat lezat, dagingnya manis dan gurih. Lebih enak lagi saat disajikan dengan kuah kuning yang diberikan tomat juga belimbing wuluh. Alternatif lainnya bisa juga dilumuri saus lada hitam khas Maluku.

Wih, mantap banget, pastinya. Nyesel, deh kalau kalau nggak dibawa pulang buat dinikmati bersama keluarga.

Sate Garo

Sumber: Instagram @foodartbylaura

Sate Garo terbuat dari daging sapi pilihan. Rasanya tidak kalah enak dibandingkan sate dari daerah lainnya. Sate ini memiliki banyak sekali penggemar di Halmahera Tengah, tidak heran karena sering dibicarakan, makanya selalu laris manis diburu para wisatawan.

Jika sate pada umumnya dibakar dan dagingnya ditusuk, Sate Garo tidak demikian. Proses memasaknya dengan cara menggoreng daging sapi yang sudah dipotong-potong sesuai ukuran sate.  Rasanya sangat mantap, terlebih ketika dicocol pada sambal pedas.

Ketupat Santan

Sumber: Instagram @Linda_cin

Ketupat santan adalah olahan makanan yang terbuat dari beras. Biasanya beras yang dipakai adalah beras ketan, kemudian dicampur dengan santan.

Sebab padi yang tumbuh di Halmahera Tengah berbeda dengan daerah lainnya, tidak heran apabila berasnya pun memiliki cita rasa khas tersendiri. Sehingga ketika dibuat menjadi ketupat santan, lidah anda pun akan memperoleh pengalaman baru dalam menikmati ketupat. Harganya juga terjangkau, jadi uang di dompet anda masih punya kesempatan untuk membeli oleh-oleh lain.

Kue Cara

Sumber: Instagram @Yurikohala

Kue Cara terbuat dari adonan tepung yang dicairkan lalu dimasak menggunakan cetakan berbentuk bulat. Isiannya sendiri yaitu bisa ikan cakalang yang sudah disuir-suir ataupun ikan tuna yang sudah dihaluskan.

Biasanya supaya semakin enak diberikan pula potongan cabai merah juga daun seledri. Ketika digigit rasanya begitu gurih, dan nikmat. Cocok dijadikan oleh-oleh baik sebagai camilan ketika santai, atau pencuci mulut.

Ampas Terigu

Sumber: Instagram @fitri_strong

Panganan berbentuk roti ini memang terbuat dari terigu dengan tambahan gula aren dan kelapa. Ampas Terigu sering dijadikan menu sarapan, dan teman bersantai bersama kopi dan teh kala sore hari setelah beraktivitas.

Cara terbaik menyantapnya dengan dicelup ke dalam teh atau kopi. Bisa juga dengan diolesi mentega untuk menambah kelezatan roti yang satu ini. Nyam …nyam delicious!

Comments

Loading...