OUR NETWORK

Oleh-oleh Khas Maluku Barat Daya

Tenun Ikat Tanimbar

Tenun Ikat Tanimbar
Sumber: Instagram @Tenun_Tanimbar

Jika sahabat wisata.id mencari apa yang paling khas dari Maluku Barat Daya untuk dijadikan oleh-oleh, maka bisa membeli Tenun Ikat Tanimbar. Berbeda dari kain tenun daerah lainnya, Tenun Ikat Tanimbar memiliki ciri khas unik yaitu motif dan corak yang dipakai menggambarkan aktivitas, kebiasaan juga adat istiadat yang berlaku di sana. Seperti kebiasaan  memancing, berburu dan lain-lain semuanya diaplikasikan dalam tenun ini.

Sampai sekarang, paling tidak Tenun Ikat Tanimbar sudah memiliki 47 motif. 3 motif paling populer di antaranya yaitu motif sair, sabit, dan tunis.

Sagu Lempeng

Sumber: Instagram @Ira.Kusumawardhani

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung sagu yang dibakar ke dalam cetakan tanah liat atau batu bernama Forna. Itulah kenapa Sagu Lempeng memiliki warna yang padat kecokelatan. Sagu Lempeng biasanya juga ditambahkan parutan kelapa untuk menambah kelezatan rasa. Kudapan ini pun akan lebih nikmat lagi ketika dicelupkan ke dalam kopi ataupun teh.

Jagung Hasa

Bubur Jagung Hasa
Sumber:Instagram @Sukmawati_rs

Tahukah anda, Jagung adalah salah satu komoditas pertanian paling banyak yang ada di Maluku Barat Daya. Nama jagung yang sering dipakai sebagai olahan makanan yaitu Jagung Hasa. Jagung ini sangat manis terlebih ketika sudah dibuat menjadi bubur.

Masyarakat Maluku Barat Daya sering menjadikan bubur Jagung Hasa ini sebagai sarapan mereka setiap pagi. Anda bisa membelinya dalam kemasan botol, jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh untuk di rumah.

Souvenir Kulit Kerang

Sumber: Instagram @Tri_utami_setyaningrum

Tangan-tangan kreatif masyarakat Maluku Barat Daya tidak hanya menjadikan kulit kerang sebagai olahan makanan, namun juga kerajinan tangan untuk memperoleh pundi-pundi uang.

Kerajinan tangan tersebut diantaranya seperti kalung, lukisan dinding, gelang, anting dan lain-lain. Desainnya pun sangat menarik, unik, dengan sentuhan khas Maluku yang kental. Jadi hati-hati jika ke pusat oleh-oleh dan melihat koleksi kerajinan tangan dari kulit kerang, anda bisa mendadak jadi lapar mata. Pasalnya memang keren-keren, sih!

Gatang Kenari

Sumber: Instagram @foodrecipesindonesia

Jika anda sering makan kepiting, ini adalah makanan istimewa Maluku Barat Daya, sebab terbuat dari kepiting khusus yaitu Kepiting Kenari berukuran jumbo. Sebagai informasi, Kepiting Kenari yaitu kepiting yang doyan memakan buah kelapa.

Hobinya inilah yang membuat daging si kepiting berbeda dari kepiting laut ataupun air. Rasanya lebih gurih. Dagingnya pun lembut dan sedikit manis.

Dendeng Kerbau

Denda Kerbau
Sumber: Instagram @Dapur.kreasi1

Pulau Moa sangat identik dengan gunung kerbaunya, jadi kuliner andalannya banyak sekali yang terbuat dari daging kerbau, terutama yang dikeringkan menjadi dendeng sehingga tahan lama. Karena sifatnya yang tahan lama inilah, dendeng kerbau pas banget dijadikan oleh-oleh. Apalagi  Daging kerbau Moa terkenal sangat lezat dan gurih. Jika ingin lebih nikmat lagi anda bisa menyantapnya bersama susu kerbau Moa.

Susu Kerbau

Sumber: Instagram @C.merah

Jika selama ini kita sering minum susu dari sapi, pernahkah anda membayangkan enak atau tidaknya jika susu yang diminum berasal dari kerbau? Jangan bergidig yah faktanya, kerbau Moa mampu menghasilkan susu segar yang super lezat dan tidak kalah dari susu sapi loh. Bahkan Masyarakat Maluku Barat Daya serung mengkonsumsinya sebagai pengganti air putih.

Sekarang ini susu kerbau Moa sudah banyak yang melalui proses fermentasi, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Nasi Jaha

Sumber: Instagram @Jenderalkuliner

Beras ketan dan santan memang jodoh yang serasi, perpaduan keduanya bisa menghasilkan cita rasa makanan yang gurih dan minta nagih. Pengaplikasian tersebut salah satunya bisa dibuktikan pada Nasi Jaha khas Maluku barat daya

Nasi Jaha terbuat dari beras ketan, perasan santan, dan jahe yang sebelumnya telah diisikan ke dalam batang bambu berlapis daun pisang yang kemudian dibakar. Rasanya yang khas dan enak benar-benar mampu menggugah selera Harganya pun begitu ramah di domper, sehingga bisa diborong untuk dibawa pulang dan dimakan bersama keluarga.

Kue Asidah

Sumber: Instagram @Kuliner.nagih

Kue Asidah memiliki tekstur sekenyal dodol. Terbuat dari campuran gula merah dan tepung terigu atau gandum yang sudah dicairkan. Kemudian ditambahkan juga lelehan mentega supaya lebih yummy dan menarik. Jangan ragu deh, untuk dibeli sebab rasanya benar-benar manis dan lezat.

Talam Sagu

Sumber: Instagram @Inaonik

Terakhir ada Camilan manis  bernama Talam Sagu Bakar. Kudapan ini terbuat dari kolaborasi kenari dan kacang brenebon. Saat digigit kacang brenebon didalamnya langsung beraksi membawa cita rasa kelezatan yang khas, begitupula ketika berbaur dengan kenari dan mentega. Satu kotak talam sagu dibawah 50K saja. Jadi tidak ada alasan untuk tidak dibeli sebagai buah tangan, supaya manisnaya kepulangan anda dari Maluku Barat Daya lebih manis lagi karena membawa si manis Talam Sagu Bakar.

Comments

Loading...