in

Warung Mie Sedap Aceh yang Lezat dan Unik Bikin Ngiler!

Sumber Gambar: Google Maps @SANURI CHANNEL

Aceh sebuah kota di Indonesia yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Kota yang dijuluki sebagai kota serambi mekah ini ternyata menyimpan banyak sekali destinasi wisata kulinernya. Apalagi Aceh yang terkenal karena kopinya yang begitu nikmat dengan aroma yang harum sekali. Selain itu juga di Aceh memiliki ratusan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluargamu. Namun ketika berkunjung ke Aceh kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mengunjungi tempat kuliner yang satu ini. Bernama warung Mie Sedap Aceh. Eitsss, jangan salah paham dulu Mie Sedap ini bukan nama mie instan namun memang nama asli dari warung tersebut. Terbukti juga mereka menamai warung tersebut makanannya juga sedap dan disukai oleh banyak orang.

Tapi apakah kamu tahu sebenarnya warung mie sedaap ini menyediakan menu yang nama aslinya adalah mie jalak. Namun warga sekitar lebih mengenal dengan nama kuliner mie sedap. Mie jalak merupakan kuliner khas Sabang yang disukai dan digemari oleh masyarakat di kota Sabang.

Tempat kuliner di Aceh yang satu ini sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta mie. Kamu juga boleh mengajak keluargamu untuk makan disini. Kamu akan merasakan bagaimana rasa dari mie ini akan memanjakan lidahmu ketika di suapan pertama. Tentunya dengan mengajak keluargaku akan menambah pengalaman berlibur yang baik.

Keunikan Mie Sedap Aceh yang Bikin Ngiler

Warung mie ini terletak di Pulau Weh dan letaknya cukup strategis. Karena itulah warung ini selalu saja didatangi oleh banyak pengunjung bahkan mereka dapat menghabiskan puluhan kilogram untuk membuat mie sedap ini.

Lokasi tepatnya berada di jl. Perdagangan No 48, Kota sabang. Kamu pasti bingung dan bertanya Tanya ketika baru pertama kali mendengar warung ini. mengapa namanya sama seperti merk mie instan. Akan tetapi faktanya bahwa mereka tidak menggunakan mie instan sebagai bahan masakan Mie Sedap ini. mereka tentunya membuat mie ini sendiri dengan buatan tangan sendiri. Itulah mengapa mie ini memiliki cita rasa yang begitu khas dan tidak bisa ditemukan di warung mie lainnya.

Sumber Gambar: google Maps @Muhammad Fadil

Jika ingin berkunjung kesini kamu tidak bisa mengunjunginya ketika makan siang. Karena barang ini akan tutup pada jam tersebut. Jadi kamu bisa mendatangi warung in pada pukul 8 pagi sampai 11 pagi. Dan juga pada pukul 5 sore hingga 9 malam. Jadi saying sekali kamu tidak bisa mengisi makan siangmu dengan Mie Sedap ini. Kamu hanya bisa memakannya ketika sarapan dan makan malam saja.

Uniknya lagi warung Mie Sedap ini ternyata membuat sendiri mie yang menjadi bahan utama disini. Mereka bahkan bisa menghabiskan hingga 60 kilogram per harinya hanya  untuk membuat mienya saja. Mie nya pun dibuat secara manual dan dibuat langsung di warung tersebut. Pembuatannya pun masih tradisional tanpa menggunakan mesin melainkan menggunakan tangan sendiri. Mie yang sudah jadi akan diletakkan di atas tampah bambu dan siap diolah menjadi kuliner yang lezat.

Mie yang Tidak Pernah Berganti Resep

Sumber Gambar: Google Maps @Sir Hafizh

Apakah kamu tahu bahwa warung Mie Sedaap ini ternyata sudah 50 tahun lebih berdiri. Mereka mendirikan warung ini sejak tahun 1970 an. Karena itulah saat ini warung Mie Sedap kini telah dikelola oleh generasi ketiga yang bernama Thomas Kurniawan. Dari generasi pertama mereka tetap menjaga cita rasa asli dari mie sedap ini dengan cara menjaga resepnya. Mereka tidak pernah sekalipun mengganti resep yang mereka punya sejak awal. Resep ini diturunkan hingga generasi selanjutnya. Karena itulah yang menyebabkan warung ini memiliki ciri khasnya tersendiri yang tidak bisa kamu temukan di warung lainnya.

Sumber Gambar: Google Maps @ivan chrisyanto

Ketika bertanya kepada pemiliknya mereka akan dengan senang hati mengatakan bahan apa saja yang mereka gunakan untuk membuat mie ini. Mereka biasanya menggunakan bawang putih yang telah dicincang, merica, dan juga kecap manis. Lalu untuk kuahnya mereka menggunakan kaldu ayam agar rasanya tambah gurih dan lezat.

Saking ramai da digemari tempat ini biasanya memasak 50 porsi untuk satu wajan. Bukan dalam perhari 50 porsi ya. Tetapi 50 porsi untuk satu kali masak. Saking banyaknya porsi yang dimasak pak Thomas pun menggunakan gayung sebagai alat bantunya. Biasanya mereka menyajikan mie ini dengan tambahan irisan ikan pisang pisang dan dihargai 13 ribu rupiah untuk satu porsinya.