From Korea With Love Concert

Ini Kopi Asli Nusantara Yang Tidak Boleh Dilewatkan Para Pecinta Kopi!

Indonesia memang sangat diberkati oleh lanskap alamnya yang tidak hanya indah tapi juga subur membuatnya memiliki begitu banyak hasil alam yang dapat kita nikmati. Salah satunya adalah kopi yang mana merupakan minuman favorit di pagi hari. Indonesia sendiri terkenal dengan penghasil biji kopi, bahkan ada banyak kopi asli Indonesia yang sudah Go Internasional.

Kopi Gayo asal Aceh bahkan dinobatkan sebagai kopi terbaik di dunia pada salah satu ajang Internasional karena cita rasanya yang begitu khas. Selain kopi Gayo Aceh ini masih ada banyak lagi kopi – kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa yang akan memanjakan lidah kalian. Nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai kopi asli Indonesia apa saja yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta kopi.

Apa saja itu? Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Kopi Gayo Aceh

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Nescafe

Kopi pertama adalah kopi Gayo Arabika Aceh yang mendapatkan predikat sebagai kopi terbaik di dunia karena cita rasanya yang sangat khas. Kopi Gayo Arabika asal Aceh ini memiliki karakteristik yang kuat dengan aromanya yang sangat tajam. Kopi ini juga berbeda dengan kopi – kopi lainnya yang tidak memiliki aftertaste pahit.

Jika kopi lainnya meninggalkan rasa pahit setelah meminumnya, kopi Gayo tidak demikian yang mana menjadi alasan kenapa kopi ini begitu digemari.

Kopi Toraja

Sumber Gambar: Mister Aladin

Kopi berikutnya berasal dari Sulawesi, kopi yang kami maksud adalah Kopi Toraja yang mana memiliki nama lain Celebes Kalossi. Jika kopi Gayo tidak meninggalkan aftertaste yang pahit, Kopi Toraja meninggalkan aftertaste yang kuat dan juga sedikit kecut yang unik. Nah, yang membuat kopi ini begitu disukai adalah karena memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Selain itu, Kopi Toraja ini juga memiliki rasa Floral dan Fruity yang membuat kopi ini memiliki cita rasa yang unik dan khas, sehingga wajar jika banyak yang menyukainya.

Kopi Lampung

Sumber Gambar: Nescafe

Kopi berikutnya adalah kopi Robusta yang menjadi unggulan daerah Lampung. Kopi Lampung ini sendiri memiliki rasa yang cukup kuat akan tetapi memiliki tekstur yang sangat halus sehingga memberikan kombinasi yang cukup unik. Banyak yang berpendapat hal ini karena metode yang digunakan untuk mengolah biji kopi Robusta ini.

Biji Kopi Lampung ini diolah menggunakan Metode Dry Processing, yang sesuai dengan namanya diproses dalam keadaan kering. Nah, banyak orang yang setuju jika Metode Dry Processing inilah yang membuat Kopi Lampung memiliki cita rasa yang unik ini.

Kopi Bali Kintamani

Sumber Gambar: Kintamani

Jika kalian mencari kopi dengan cita rasa yang ringan dan memiliki cita rasa segar dari Asam seperti jeruk maka Kopi Bali Kintamani adalah pilihan yang tepat. Kopi Bali Kintamani ini sendiri memiliki cita rasa yang ringan, sehingga kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan aftertaste yang pekat. Jadi buat kalian yang tidak suka dengan kopi bercita rasa pekat maka Kopi Bali Kintamani wajib kalian coba.

Kopi Flores Bajawa

Sumber Gambar: Bara

Berikutnya adalah Kopi Flores Bajawa yang mana terkenal dengan teksturnya yang ringan apalagi kopi ini memiliki aroma yang sangat harum. Selain itu Kopi Flores Bajawa ini juga memiliki sensasi manis dan juga cita rasa kacang – kacangan serta herbal di dalamnya. Dengan keunikannya tersebut tidak heran jika Kopi Flores Bajawa ini begitu digemari tidak hanya oleh pecinta kopi dalam negeri tapi juga luar negeri.

Kopi Jawa

Sumber Gambar: Freepik

Berbeda dengan Kopi Lampung yang menggunakan Metode Dry Processing, Kopi Jawa pada umumnya menggunakan Metode Wet Processing. Kopi Jawa ini sendiri merupakan kopi Arabika yang rasanya tidak terlalu pekat dan kalian dapat mencium aroma rempah yang menggiurkan. Kopi Jawa ini juga memiliki cita rasa yang lebih seimbang jika kalian bandingkan dengan Kopi asal Sumatera atau Sulawesi.

Dengan keunikannya, tidak heran jika Kopi Jawa ini juga memiliki penggemar setianya.

Kopi Papua

Sumber Gambar: Difanews

Yang terakhir pada daftar kami adalah Kopi Papua, kopi ini memiliki cita rasa Floral yang juga memiliki aroma coklat dan juga herbal. Kopi Papua ini juga memiliki aftertaste “smokey” setelah kalian meminumnya yang mana memberikan cita rasa yang khas dan juga unik. Apalagi Kopi Papua ini memiliki tekstur yang lembut dan juga tidak berampas.

Itulah kopi – kopi andalan Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan unik, yang rasanya akan sayang jika tidak kalian cicipi.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.