Kopi – Kopi Asal Papua Ini Sudah Go Internasional Lho!

Rasanya tidak ada yang meragukan dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Provinsi Papua. Provinsi Papua ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang sangat mengesankan akan tetapi juga hasil alam yang sangat melimpah. Provinsi Papua ini sendiri memang memiliki hasil alam unggulan seperti kakao, karet, sagu hingga kopi.

Nah, khusus untuk kopi, Provinsi Papua bahkan sudah memiliki beberapa jenis kopi yang sudah Go Internasional. Yang artinya Provinsi Papua menghasilkan lebih dari satu jenis kopi unggulan yang begitu dinikmati penikmat kopi mancanegara. Kalian yang mengaku pecinta kopi harusnya sudah pernah mencicipi kopi asal Papua ini setidaknya salah satu jenisnya.

Di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai beberapa kopi asal Papua yang kenikmatannya sudah mendunia. Buat kalian yang penasaran, ikuti dan simak ulasan kami di bawah hingga tuntas.

Kopi Amungme

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Lumajang Network

Kopi pertama dari Papua yang sudah terkenal hingga ke luar negeri adalah Kopi Amungme yang mana sudah diekspor ke Eropa, Amerika, Australia dan juga Selandia Baru. Kopi Amungme ini sendiri pertama kali dikembangkan oleh PT. Freeport Indonesia dan dibudidayakan oleh suku Amungme. Kopi Amungme ini sendiri dibudidayakan di dekat tambang Tembagapura.

Kopi Amungme diproduksi di Kabupaten Timika, Papua. Kopi ini ditanam di sejumlah tempat yang ketinggiannya sekitar 2.500 mdpl, yaitu di Kampung Aroanop, Tsinga, Hoya dan Kampung Banti. Hal yang membuat Kopi Amungme ini begitu khas adalah proses penanamannya yang menggunakan pupuk alami dengan tanaman yang bernitrogen dan juga multus hutan.

Kopi Moanemani

Sumber Gambar: Tokopedia

Kopi berikutnya adalah Kopi Moanemani, kopi bercita rasa khas yang berasal dari Kabupaten Dogiyai ini merupakan salah satu kopi unggulan dari Provinsi Papua. Kopi Moanemani ini pertama kali dibawa oleh seorang pastor bernama Henk Smith pada tahun 1960an. Dan saat ini dibudidayakan oleh para petani tradisional suku Mee yang berada di distrik Mapia.

Untuk menjaga rasa dari Kopi Moanemani ini tetap otentik, proses pengolahannya dibagi menjadi empat bagian. Proses tersebut adalah Honey, Semi Washed, Full Washed dan Natural Procces. Sama halnya dengan Kopi Amungme, Kopi Moanemani ini juga ditanam dengan pupuk alami dan masih menggunakan cara yang tradisional.

Hal inilah yang kemudian membuat Kopi Moanemani memiliki cita rasa yang sangat khas dan begitu digemari. Bahkan ada yang menyamakan Kopi Moanemani ini dengan Kopi Jamaica Blue Mountain yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Jadi kebayang dong kenikmatan dari secangkir Kopi Moanemani ini.

Kopi Baliem

Sumber Gambar: Omiyago

Kopi Baliem adalah kopi unggulan Provinsi Papua berikutnya yang mana tumbuh subur di Lembah Baliem yang berada di pegunungan Jayawijaya, Wamena. Kopi Baliem ini sendiri memiliki cita rasa yang sangat unik, hal ini dikarenakan kopi yang satu ini memiliki sensasi floral. Dan di Indonesia sendiri kalian akan sangat sulit menemukan kopi yang menawarkan kalian sensasi floral.

Nah, Kopi Baliem ini sendiri memiliki cita rasa khas, kopi ini memiliki tingkat kemanisan sedang dengan sensasi coklat dan juga floral yang sangat harum. Kopi Baliem ini juga memiliki body medium dengan tingkat keasaman yang rendah. Hal ini membuat Kopi Baliem ini sangat aman dikonsumsi dan cocok bagi kalian yang tidak suka dengan kopi bercita rasa pahit.

Salah satu alasan kenapa Kopi Baliem memiliki cita rasa yang khas adalah karena kondisi tanah dan juga ketinggian yang lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut dengan suhu yang stabil. Hal inilah yang kemudian membuat kadar asam dari Kopi Baliem rendah dan memiliki keseimbangan yang baik antara rasa pahit dan juga rasa asamnya.

Kopi Pegunungan Bintang

Sumber Gambar: Tempo

Kopi Pegunungan Bintang merupakan salah satu kopi yang sangat terkenal dan begitu populer di kalangan para pecinta kopi. Kopi Pegunungan Bintang ini tumbuh subur di Gunung Jaya Wijaya pada ketinggian antara 1.800 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Karena lokasinya yang tinggi membuat kopi jenis ini menjadi lebih lama matang akan tetapi disaat bersamaan membuat gizi pada kopi menumpuk dan membuatnya memiliki cita rasa yang khas.

Kopi Pegunungan Bintang ini memiliki cita rasa berupa Berry, Citrus, Coklat, Tebu dan juga Peach yang mana kemudian membuat kopi ini cenderung lebih asam.

Nah, itulah beberapa kopi unggulan Provinsi Papua yang tidak hanya digemari oleh penikmat kopi lokal tapi juga menikmati kopi mancanegara.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.