Kopi Temanggung, Kopi Nikmat Bercita Rasa Tembakau

Mungkin ada banyak dari kalian tidak tahu jika Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi jenis Arabika terbesar di dunia. Indonesia sendiri memang daerah – daerah yang terkenal dengan budidaya kopi Arabikanya. Salah satunya adalah Kabupaten Temanggung yang mana merupakan memiliki kopi yang bernama Kopi Temanggung.

Nah, Kopi Temanggung ini sendiri merupakan salah satu hasil alam terbesar yang dihasilkan di Kabupaten Temanggung. Dan Kabupaten Temanggung sendiri merupakan penghasil kopi terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Dengan rasanya yang khas membuat Kopi Temanggung ini sudah mampu menembus pasar internasional dan permintaannya sendiri terus bertambah.

Para petani Kopi Temanggung ini sendiri menjual kopi mereka dalam bentuk biji, walaupun kalian dapat menemukan Kopi Temanggung yang sudah diolah menjadi bubuk kopi. Nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian beberapa informasi menarik mengenai Kopi Temanggung ini.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kalian penasaran? Kalau begitu ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mengenal lebih baik Kopi Temanggung yang sudah mendunia ini.

Cita Rasa Kopi Temanggung

Sumber Gambar: ANTARA News

Kopi Temanggung memiliki cita rasa yang sangat khas, sehingga tidak heran jika Kopi Temanggung begitu digemari oleh para penikmat kopi. Kopi Temanggung memiliki body medium yang membuatnya tidak terlalu kental dan pekat. Karena tidak memiliki kekentalan yang pekat membuat Kopi Temanggung ini tidak memiliki aftertaste yang pahit.

Alih – alih rasa pahit, Kopi Temanggung ini meninggalkan aftertaste yang asam dan memang menjadi salah satu ciri dari kopi berjenis Arabika. Kopi Temanggung ini juga mengandung cita rasa karamel dan juga coklat yang harum. Tidak hanya itu saja, Kopi Temanggung ini juga memiliki aroma rempah yang wangi.

Nah, aroma rempah ini sendiri didapatkan bukan tanpa sebab. Akan tetapi karena biasanya petani kopi menggunakan tanaman kopi sebagai tanaman untuk menyekat tanaman rempah. Dengan begitu, tanaman kopi ini kemudian menyerap sari – sari dari tanaman rempah tersebut sehingga tidak aneh memang jika Kopi Temanggung memiliki aroma rempah yang sangat harum.

Jika kalian tidak suka dengan kopi kental yang pahit maka Kopi Temanggung adalah pilihan yang sangat cocok buat kalian.

Keunggulan Dari Kopi Temanggung

Sumber Gambar: Freepik

Kopi Temanggung ini sendiri memiliki beberapa keunggulan yang rasanya tidak dimiliki oleh kopi – kopi lainnya. Kopi Temanggung ini sendiri didominasi dengan kopi berjenis Arabika yang mana dapat kalian temukan dengan cukup mudah. Walaupun kalian dapat juga menemukan kopi berjenis Robusta akan tetapi jumlahnya cukup jauh berbeda dengan kopi jenis Arabika.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Temanggung memiliki wilayah yang sangat cocok untuk kalian gunakan menanam kopi dengan jenis Arabika. Kalian akan menemukan perkebunan kopi di daerah yang ketinggiannya mencapai 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Nah, Kopi Temanggung dengan cita rasa yang khas dan sudah mendunia ini tumbuh subur di sini karena ketinggiannya dianggap pas dan juga suhu yang pas pula.

Kopi Temanggung sendiri akan tumbuh subur di lingkungan yang memiliki suhu udara sekitar 15 derajat hingga 24 derajat celcius. Dengan kondisi alam yang sangat mendukung ini, tidak heran jika Kopi Temanggung ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan khas. Dan hingga akhirnya menjadi salah satu komoditi terbesar yang diekspor ke luar negeri, bahkan permintaanya sendiri cukup tinggi.

Kesimpulan

Sumber Gambar: Freepik

Nah, itulah beberapa informasi yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin mengenal lebih dekat dengan Kopi Temanggung yang sudah populer ini. Kopi Temanggung ini memang memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan khas sehingga tidak heran begitu digemari oleh para penikmat kopi. Jadi jangan ngaku pecinta kopi jika kalian belum pernah menikmati kenikmatan secangkir Kopi Temanggung.

Pada dasarnya menikmati secangkir kopi panas di pagi hari sebelum memulai aktivitas kalian adalah aktivitas yang menyenangkan, apalagi secangkir kopi dapat memberikan kalian tenaga tambahan untuk memulai hari. Hanya saja akan menjadi lebih menyenangkan ketika kalian menikmati kopi dengan cita rasa khas seperti halnya Kopi Temanggung ini.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.