From Korea With Love Concert

Ini Tips Bagi Kalian Yang Ingin Berkemah Saat Musim Penghujan

Buat kalian yang suka menghabiskan waktu liburan kalian di alam terbuka, berkemah memang menjadi salah satu aktivitas yang tidak boleh kalian lewatkan. Dengan berkemah kalian dapat melupakan sejenak penatnya aktivitas di perkotaan. Apalagi jika kalian menghabiskan waktu berkemah kalian di tempat yang indah dengan suasana yang tenang.

Karena berkemah dilakukan di alam terbuka, membuat kenyamanan aktivitas ini memang sangat tergantung dengan cuaca. Kalian tidak akan menemukan masalah ketika melakukan aktivitas ini saat musim kemarau yang kering. Akan tetapi sangat berbeda ketika kalian memutuskan untuk berkemah saat musim penghujan tiba.

Walaupun kalian tetap dapat melakukannya akan tetapi ada beberapa persiapan ekstra yang harus kalian lakukan agar dapat berkemah dengan nyaman. Kalian tentu saja tidak ingin aktivitas berkemah kalian menjadi tidak menyenangkan karena persiapan kalian yang kurang.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Untuk membantu kalian yang mungkin ingin menghabiskan waktu liburan kalian dengan berkemah, tapi di musim penghujan. Di bawah ini akan kami berikan kalian beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar aktivitas kalian tetap menyenangkan. Yuk, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas ya.

Pantau Terus Ramalan Cuaca

Sumber Gambar: Freepik

Hal pertama yang perlu kalian lakukan saat ingin berkemah di musim penghujan, tentu saja adalah dengan memantau ramalan cuaca. Dengan begitu kalian setidaknya akan mendapatkan gambaran mengenai cuaca lokasi tempat kalian akan berkemah. Dengan begitu kalian akan tahu apakah lokasi tersebut aman untuk kalian gunakan sebagai tempat berkemah.

Terutama bagi kalian yang ingin berkemah di lokasi – lokasi yang cukup menantang seperti gunung atau hutan. Bahkan kalian tetap harus memperhatikannya walaupun lokasi yang kalian gunakan berkemah adalah perkemahan umum. Karena dengan begitu maka aktivitas kalian akan jauh lebih nyaman nantinya.

Cek Kondisi Tenda

Sumber Gambar: Blibli

Berikutnya kalian harus mengecek kondisi tenda kalian karena tenda memang sangat mempengaruhi kenyaman kalian nantinya. Periksa apakah ada lubang atau jahitannya ada yang lepas atau tidak. Karena saat hujan tiba maka air – air dapat masuk ke dalam tenda melalui lubang – lubang tersebut.

Pastikan juga tali – talinya kuat, karena kalian membutuhkannya tetap kuat agar dapat memasang tenda dengan kuat.

Mencari Posisi Yang Baik Untuk Mendirikan Tenda

Sumber Gambar: SUPERLIVE

Saat kalian sudah sampai di lokasi berkemah, hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah dengan mencari posisi yang baik untuk berkemah. Posisi yang baik untuk berkemah pada saat musim penghujan adalah lokasi yang landai dan lebih tinggi. Dengan begitu kalian tidak perlu takut tempat berkemah yang kalian pilih akan menggenang.

Hindari lokasi dengan elevasi tinggi dan lapang karena akan meningkatkan bahaya petir dan juga jauhi lokasi yang lebih dekat dengan sumber air seperti sungai, danau atau juga bibir pantai. Karena tempat – tempat tersebut memiliki resiko banjir yang sangat tinggi, kalian tentu tidak mau kebanjiran dong saat sedang berkemah.

Bawa Pakaian Yang Tidak Gampang Basah

Sumber Gambar: Freepik

Pakaian dengan bahan katun adalah pakaian yang harus kalian hindari saat berkemah di musim penghujan. Kenapa? Karena baju jenis ini sangat sulit untuk kering akan tetapi mudah untuk basah sehingga akan cukup merepotkan. Bawalah jas hujan dan juga celana hujan sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kebasahan nantinya.

Gunakan baju yang berlapis agar suhu badan kalian tetap hangat dan bawa jaket tebal, kalau baju basah langsung buka agar kalian terhindar dari Hipotermia. Pakaian dengan warna terang juga sangat disarankan seperti warna merah atau oranye karena akan lebih mudah dikenali. Bawa kaus kaki ekstra sehingga kalian dapat menggantinya ketika basah dan gunakan sepatu boot yang tahan air dan juga anti slip.

Karena medan yang kalian tempuh tentu akan sangat licin ketika musim penghujan sehingga alas kaki seperti itu memang lebih disarankan. Kalian juga harus selalu menjaga tubuh kalian tetap kering untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Berkemah di saat musim penghujan memang masih dapat dilakukan akan tetapi kalian tentu harus melakukan beberapa persiapan ekstra. Dengan persiapan matang maka aktivitas kalian akan jauh lebih nyaman dan tentu saja tetap menyenangkan.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.