From Korea With Love Concert

Kalian Baru Pertama Kali Berkemah? Kalau Begitu Hindari Kesalahan – Kesalahan Ini Ya!

Berkemah adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kalian gunakan untuk menghabiskan waktu liburan kalian. Berkemah sendiri memiliki sensasi yang berbeda karena mengharuskan kalian untuk menghabiskan malam kalian di alam terbuka. Dengan aktivitas yang menyenangkan ini tidak aneh jika semakin banyak orang yang tertarik dengan aktivitas ini.

Berkemah juga sangat cocok bagi kalian yang suka dengan aktivitas – aktivitas yang menantang, karena berkemah memang dilakukan dengan perlengkapan seadanya. Karena berkemah dilakukan di alam terbuka yang bebas ada aturan serta kode etik tidak tertulis yang harus diikuti. Hal ini agar kalian tidak hanya dapat berkemah dengan nyaman dan aman akan tetapi juga agar tidak merusak lingkungan alam sekitar.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi yang bermanfaat buat kalian yang baru pertama kali melakukan aktivitas berkemah. Kami akan memberikan informasi mengenai kesalahan – kesalahan apa saja yang perlu kalian hindari. Dengan begitu aktivitas berkemah kalian akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pertama Kali? Jangan Terlalu Jauh Dari Rumah

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Freepik

Kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh para camper pemula adalah mereka mencari lokasi berkemah yang jaraknya jauh dari rumah. Bahkan banyak yang menyarankan untuk berkemah di halaman belakang rumah kalian. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan pengalaman mengenai membangun tenda yang baik serta pengalaman lainnya.

Jika kalian sudah cukup lancar maka baru mulai mencari area berkemah di luar rumah, ingat jangan terlalu jauh dari rumah. Carilah bumi perkemahan pribadi yang dekat dengan rumah kalian sehingga mudah untuk kalian akses. Untuk aktivitas berkemah pertama kalian, jangan menggunakan area berkemah yang ada di Taman Nasional.

Kenapa? Karena biasanya area berkemah yang ada di Taman Nasional memerlukan usaha lebih karena biasanya aksesnya lebih sulit dan memiliki fasilitas keamanan yang minim.

Membawa Beban Yang Berlebih

Sumber Gambar: Freepik

Jika kalian ingin aktivitas berkemah kalian menjadi lebih nyaman, pastikan beban yang kalian bawa tidak terlalu berat. Karena dengan beban yang terlalu berat akan membuat perjalanan kalian menjadi lebih sulit. Agar beban kalian tidak terlalu berat maka bawalah tas ransel yang tidak terlalu besar.

Kemudian kalian harus menyusun pakaian yang akan dibawa dengan seefisien mungkin, dengan begitu kalian tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian. Pakaian yang kalian bawa juga harus sesuai dengan cuaca ya dari area berkemah yang kalian jadikan tujuan. Bawalah pakaian yang tipis dan ringan sehingga tidak akan memakan banyak tempat di dalam ransel dan bobotnya juga tidak terlalu berat.

Meninggalkan Jejak

Sumber Gambar: Freepik

Salah satu hal yang paling sering terjadi ketika seorang pemula melakukan aktivitas berkemah adalah meninggalkan jejak. Ada banyak sekali yang dimaksud dengan meninggalkan jejak aktivitas berkemah kalian. Ada banyak kegiatan kalian yang dapat berpotensi meninggalkan jejak seperti saat memasak, memasang tenda dan juga api unggun.

Tidak hanya itu saja, merusak apapun yang kalian temukan juga dianggap sebagai meninggalkan jejak. Bahkan mengambil sesuatu dari alam kemudian membawanya pulang juga masuk dalam kategori ini. Jika ada sisa makanan maka buanglah dengan benar, karena jika tidak akan mengundang hewan liar yang mencoba untuk memakannya.

Membuang Sampah Sembarangan

Sumber Gambar: Freepik

Sampah tidak termasuk sebagai kalian meninggalkan jejak, membuang sampah sembarangan bisa menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup serius. Tidak hanya dapat mencemari lingkungan akan tetapi juga mengurangi keindahan dari tempat tersebut. Oleh sebab itu selalu disarankan untuk membawa kantong sampah saat kalian sedang melakukan aktivitas di alam bebas.

Kalian dapat mengumpulkan sampah – sampah tersebut di dalam kantong sampah, bawa pulang dan buang ke tempat sampah yang sudah disediakan. Dengan begitu tidak hanya lingkungannya akan bersih akan tetapi keindahannya juga terjaga.

Menyalakan Api Unggun Sembarangan

Sumber Gambar: Wikipedia

Membuat api unggun memang aktivitas yang sepertinya wajib untuk dilakukan saat berkemah karena akan membuat aktivitas berkemah menjadi lebih menyenangkan. Api unggun tidak hanya akan membuat badan kalian lebih hangat akan tetapi dalam beberapa kasus juga membuat kalian lebih aman.

Akan tetapi membuat api unggun sendiri tidak bisa kalian lakukan secara sembarangan, karena dapat menyebabkan kebakaran hutan. Untuk membuat api unggun pastikan kalian membuatnya di ruang terbuka dan tidak dekat rerumputan dan juga pohon yang mudah terbakar.

Selain itu matikan api unggun kalian saat kalian akan masuk ke dalam tenda untuk tidur, menyalakan api unggun menyala tanpa penjagaan akan membuat resiko kebakaran semakin tinggi.

Itulah beberapa kesalahan yang rasanya harus kalian hindari jika kalian baru pertama kali ingin melakukan aktivitas berkemah. Selalu jaga kebersihan dan kelestarian alam ketika kalian melakukan berbagai macam aktivitas di alam bebas.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.