Tips Bagi Kalian Yang Ingin Berkemah Ramah Lingkungan

Menikmati keindahan alam terbuka dengan cara berkemah memang sangat menyenangkan karena kalian akan disuguhkan dengan berbagai hal – hal yang menyenangkan. Suasana yang tenang, suara hewan yang merdu serta segarnya udara alam dapat kalian nikmati saat berkemah.

Hanya saja sayangnya saat ini banyak dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab sepertinya tidak memperhatikan kebersihan lingkungan tempat mereka berkemah. Saat ini sudah ada banyak sekali spot – spot berkemah yang dipenuhi dengan sampah terutama sampah plastik. Produk plastik memang praktis untuk digunakan akan tetapi jika kalian buang secara sembarangan akan berdampak sangat buruk terhadap lingkungan.

Hal ini dikarenakan, sampah plastik membutuhkan waktu yang lama agar dapat terurai secara alami. Padahal jika kalian melakukan hal tersebut maka akan mengurangi kenyamanan para pengunjung lainnya yang ingin berkemah. Bagi kalian yang ingin berkemah akan tetapi tetap ramah lingkungan akan kami berikan kalian beberapa tips yang dapat kalian gunakan.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kalian penasaran? Kalau begitu ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas sehingga aktivitas berkemah kalian tidak akan merugikan lingkungan.

Jangan Gunakan Wadah Plastik Sekali Pakai

Tempat Makan Plastik | SIPLah
Sumber Gambar: SIPLah

Agar dapat berkemah dengan nyaman tentu saja kalian akan membawa perbekalan seperti makanan atau pula minuman. Jika kalian ingin berkemah dan menjaga lingkungan berkemah yang kalian gunakan tetap bersih. Maka akan jauh lebih baik jika tidak menggunakan wadah plastik sekali pakai.

Karena wadah plastik sekali pakai merupakan salah satu sampah yang paling banyak kalian temukan di area untuk berkemah. Ada banyak wadah sebenarnya yang dapat kalian gunakan untuk menggantikan wadah plastik sekali pakai. Entah itu kalian menggunakan wadah yang dapat kalian gunakan berkali – kali atau wadah yang lebih ramah lingkungan.

Jangan Gunakan Alat Makan Sekali Pakai

Sumber Gambar: theguardian.com

Mungkin kalian ingin mencari alat – alat makan yang praktis seperti sendok plastik atau garpu yang juga terbuat dari plastik. Memang alat – alat ini menawarkan kepraktisan akan tetapi alat makan ini sering kali kalian temukan sudah menjadi sampah di area perkemahan. Oleh sebab itu tidak heran banyak para camper yang tidak merekomendasikan untuk menggunakan alat – alat makan sekali pakai ini.

Akan jauh lebih baik jika kalian menggunakan alat – alat makan yang dapat kalian gunakan kembali nantinya. Kalian bisa menggunakan alat – alat makan yang biasanya kalian gunakan di rumah sehingga tidak perlu menggunakan alat makan sekali pakai. Jika kalian ingin yang lebih ramah lingkungan lagi ada sendok kayu yang sudah dapat kalian gunakan.

Sendok jenis ini sendiri sudah dapat kalian temukan dengan cukup mudah di luar sana, apalagi bentuknya juga tidak besar sehingga tidak akan memakan banyak tempat.

Tidak Membawa Peralatan Mandi Sachet

Sumber Gambar: AliExpress

Hal berikutnya yang harus kalian lakukan adalah dengan tidak membawa peralatan mandi yang bentuknya sachetan. Mandi tentu aktivitas wajib yang tidak boleh kalian lewatkan karena akan membuat tubuh kalian menjadi lebih segar dan menghilangkan kotoran pada tubuh. Apalagi kalian melakukan perjalanan yang cukup melelahkan sehingga membuat tubuh kalian penuh dengan keringat.

Kita cenderung membuang sachet yang isinya sudah kita gunakan entah itu sabun maupun sampo. Sehingga tidak heran jika peralatan mandi yang satu ini sangat tidak disarankan. Bisa dimengerti kenapa ada banyak para camper yang membawanya, hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil membuatnya cukup praktis.

Akan tetapi sayangnya kepraktisan ini harus dibarengi dengan potensinya untuk merusak lingkungan. Oleh sebab itu membawa peralatan mandi dalam botolan kecil yang mana dapat kalian isi ulang kembali saat ingin berkemah. Dengan begitu kalian bisa mengurangi jenis sampah ini akan tetapi tetap dapat mandi dengan nyaman.

Kalian mungkin akan sedikit kerepotan karena tentu saja sachetan akan lebih praktis dibandingkan dengan kemasan botolan. Akan tetapi masih cukup mudah untuk kalian bawa berkemah.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan jika ingin menghabiskan waktu berkemah kalian dengan nyaman dan disaat yang bersamaan menjaga lingkungan tetap bersih. Menjaga kebersihan dan kelestarian alam tentu saja adalah tugas kita bersama, dengan begitu kita tetap dapat menghabiskan waktu kita dengan nyaman.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.