From Korea With Love Concert

Tips Mendirikan Tenda Agar Kalian Dapat Berkemah Dengan Nyaman

Berkemah memang aktivitas yang menyenangkan, apalagi buat kalian yang tinggal di area perkotaan dan ingin merasakan lebih dekat dengan alam. Tentu saja agar dapat berkemah ada banyak persiapan yang harus kalian siapkan. Dan salah satu yang paling penting adalah tenda, dimana kalian gunakan untuk bermalam.

Bagi kalian yang sudah berpengalaman mungkin mendirikan tenda bukanlah perkara besar, akan tetapi berbeda ceritanya bagi mereka yang belum berpengalaman. Untuk mendirikan tenda yang nyaman, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dulu. Dan di bawah ini akan kami berikan kalian beberapa tips yang dapat kalian gunakan.

Pengen tahu? Kalau begitu, mari ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja tipsnya.

Memilih Jenis Tenda Yang Benar

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: expedisigunung.blogspot.com

Ada banyak sekali jenis – jenis tenda yang dapat kalian temukan di luar sana dan untuk dapat berkemah dengan nyaman kalian harus memilih yang tepat. Jika kalian ingin berkemah dengan nyaman maka tenda yang kalian gunakan haruslah tenda portable. Pilihlah tenda yang tidak terlalu berat kemudian mudah untuk kalian pasang dan juga kalian bongkar, sehingga dapat kalian pasang dengan mudah.

Jangan yang terlalu berat karena akan membuat perjalanan kalian menjadi lebih berat karena tenaga kalian akan terkuras lebih cepat.

Mencari Lahan Yang Tepat Untuk Mendirikan Tenda

Sumber Gambar: SUPERLIVE

Setelah menentukan jenis tenda yang ingin kalian gunakan, kalian tentunya harus melakukan perjalanan untuk menuju ke area camping ground. Setelah sampai ke area camping ground yang perlu kalian lakukan adalah mencari lahan yang tepat. Sehingga kalian dapat mendirikan tenda dengan mudah dan nyaman untuk ditinggali.

Pastikan jika kalian mencari lahan yang datar dan dilapisi dengan rumput jangan yang miring karena sangat rawan longsor. Nah, jika di area perkemahan ada pepohonan alangkah lebih baiknya jika kalian mendirikan tenda di bawahnya. Pepohonan akan menjaga tenda kalian untuk terkena sinar matahari langsung dan juga hujan.

Pastikan Pasak Terpasang Dengan Baik Dan Benar

Sumber Gambar: AliExpress

Pemasangan pasak yang baik dan benar adalah salah satu keharusan jika kalian ingin menghabiskan malam kalian dengan nyaman di dalam tenda. Jika tidak terpasang dengan baik dan benar, tenda yang kalian pasang akan rentan copot ketika terkena angin kencang. Jika pasak sudah terpasang dengan baik dan benar, kalian dapat menghabiskan malam kalian dengan nyaman nantinya.

Pada bagian tenda ada yang namanya Flysheet, bagian ini adalah lapisan luar dari tenda yang menjadi bagian pertama yang terkena angin dan juga hujan. Kalian harus memastikan agar Flysheet ini tidak menyatu dengan lapisan dalam tenda. Dengan begitu kalian tidak perlu khawatir jika bagian dalam tenda akan lembab saat malam hari karena embun atau hujan. Flysheet juga dapat kalian manfaatkan untuk menjadi “dapur” jika di sekitar kalian ada pepohonan yang dapat kalian untuk mengikat ujung – ujung Flysheet.

Buat Parit Kecil Di Sekitar Tenda

Sumber Gambar: SIT Insantama

Beda permukaan tanah membutuhkan penanganan yang berbeda, misalnya saja permukaan yang berumput dan juga “tandus”. Saat kalian mendirikan tenda di permukaan tanah yang tandus kalian harus membuat sebuah parit kecil di sekeliling tenda. Hal ini untuk mencegah air masuk ke dalam tenda ketika hujan turun.

Berbeda ketika kalian mendirikan tenda di atas permukaan berumput, rumput – rumput ini akan membantu kalian untuk menyerap air hujan yang turun sehingga tidak masuk ke dalam tenda. Untuk jaraknya, kalian bisa membuat parit ini sekitar 15 hingga 20 centimeter untuk menghindarkan air masuk ke dalam tenda saat hujan.

Jangan Dirikan Tenda Kalian Di Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Kompas

Satu hal yang benar – benar harus kalian perhatikan adalah jangan dirikan tenda kalian di jalur pendakian. Kalian tentu tidak ingin tenda yang kalian dirikan malah mengganggu pendaki lainnya. Selain mengganggu, kenyamanan kalian dalam berkemah juga akan berkurang dengan sangat drastis.

Oleh sebab itu, carilah lahan kosong yang ada di area berkemah tersebut. Akan jauh lebih baik mendirikan tenda kalian ditempat yang kurang strategis dibandingkan menghalangi pendaki lainnya.

Nah, itulah beberapa tips mendirikan tenda yang dapat kalian gunakan sehingga waktu bermalam kalian akan menjadi lebih nyaman.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.