From Korea With Love Concert

Yang Belum Tahu, Ini Aturan Wajib Kalau Mau Berkemah Di Ranu Kumbolo!

Kalian sudah tidak asing dong dengan Ranu Kumbolo? Sebuah danau yang berada di Gunung Semeru yang dapat kalian temukan jika melalui jalur via Ranu Pane. Ranu Kumbolo ini sendiri memiliki keindahan yang sudah sangat legendaris.

Ranu Kumbolo sendiri semakin dikenal oleh banyak orang ketika menjadi lokasi untuk sebuah film yang berjudul 5 Cm yang dibintangi oleh artis – artis ternama. Akan tetapi Ranu Kumbolo tidak hanya indah akan tetapi ada beberapa aturan wajib yang perlu kalian taati saat berkemah disini. Bukan rahasia lagi jika Ranu Kumbolo merupakan tempat yang dianggap sakral oleh penduduk setempat.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Tempat ini sering digunakan sebagai tempat digelarnya berbagai macam acara atau upacara adat oleh penduduk setempat. Jadi tidak mengherankan jika memang ada tata cara yang benar – benar harus kalian taati saat ingin berkemah di Ranu Kumbolo ini. Apa sajakah itu?

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas ya. Dengan begitu kalian akan mendapatkan gambaran apa saja aturan – aturan yang harus kalian taati saat berada di Ranu Kumbolo.

Tidak Boleh Sembarang Tempat Untuk Mendirikan Tenda

Sumber Gambar: Google Maps @ Venom Neo

Ranu Kumbolo memang dikenal sebagai spot berkemah dengan pemandangan yang sangat mengesankan. Akan tetapi bukan berarti kalian dapat membangun tenda sesuka kalian, karena lokasi ini dianggap sakral oleh penduduk setempat. Jadi hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah dimana kalian akan mendirikan tenda kalian.

Hanya ada dua spot yang dapat kalian gunakan untuk mendirikan tenda kalian yang pertama adalah area padang savana yang dekat dengan pos empat. Dan yang satunya lagi adalah didekat shelter yang berada di balik bukit Ranu Kumbolo.

Jangan Berenang Di Danau

Sumber Gambar: Phinemo

Danau memang menjadi salah satu daya tarik utama dari Ranu Kumbolo, dengan keindahannya yang memang akan membuat kalian takjub. Apalagi danau ini memiliki air yang jernih dan sangat menggoda untuk menceburkan diri kalian. Akan tetapi kalian sangat dilarang untuk berenang di danau ini.

Kenapa? Ada beberapa hal yang menjadi alasannya, selain karena danau ini dianggap sakral faktor keamanan juga menjadi salah satu pertimbangan. Danau ini sendiri cukup dalam, kedalaman yang dimiliki oleh danau ini sekitar 28 meter. Ditambah lagi suhu yang ada di dalam danau sangat tidak menentu dan selalu berubah – ubah, membuat cukup berbahaya.

Aturan Untuk Bersih – Bersih

Sumber Gambar: kedaipena

Saat kalian ingin meninggalkan kemah tentu saja kalian harus bersih – bersih sehingga tidak akan meninggalkan jejak. Pertama – tama kalian dilarang untuk membersihkan peralatan makan kalian di tepi danau karena akan mencemari air danau itu sendiri. Cara yang harus kalian lakukan adalah dengan menggali sebuah lubang yang jaraknya paling tidak 15 meter dari tepian danau.

Nah, lubang ini kemudian dapat kalian gunakan untuk berbagai macam aktivitas bersih – bersih kalian dengan membuang air cucian dan juga makanan sisa yang kemudian kalian tutup kembali. Tapi perlu diingat yang boleh kalian buang di lubang ini hanyalah sampah sisa makanan yang dapat terurai bukannya sampah plastik atau bungkus lainnya.

Untuk membuang sampah yang tidak dapat terurai kalian harus menyediakan satu lagi tempat terpisah untuk kalian membuang sampah – sampah tersebut.

Tidak Boleh Ada Api Unggun

Sumber Gambar: Hudson Reporter

Membuat api unggun saat sedang berkemah memang sangat menyenangkan untuk dilakukan, akan tetapi kalian tidak boleh melakukannya di Ranu Kumbolo. Tapi tenang buat kalian yang ingin berapi unggun ria ada satu api unggun yang boleh digunakan bersama. Dengan begitu tidak hanya akan menghemat kayu akan tetapi dapat mengeratkan hubungan antara satu pendaki dengan pendaki lainnya.

Aturan ini dibuat tentu saja ada alasannya, pihak pengelola merasa jika jumlah pohon yang ada di Ranu Kumbolo ini semakin hari semakin berkurang dan menipis. Yang membuat dibuatlah aturan untuk tidak membuat api unggun terutama dari kayu yang berasal dari sekitar danau. Pihak pengelola memiliki harapan dengan dibuatnya aturan ini akan membuat kondisi alam dari Ranu Kumbolo tetap alami dan terjaga.

Nah, itulah beberapa aturan yang harus kalian ikuti saat ingin berkemah di Ranu Kumbolo dan semoga dapat menjadi panduan yang membantu buat kalian.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.