in

Indahnya Kota Purwakarta dari Puncak Gunung Bongkok

Sumber Gambar: Google Maps @sandalkuilang

Gunung Bongkok, menjadi salah satu tempat paling menarik di Purwakarta yang harus kamu kunjungi. Terlebih, bila kamu adalah seorang pendaki. Ketinggiannya memang tidak mencapai 1000 mdpl. Hanya sekitar 975 Mdpl saja. Tetapi, jalanan dan trek menuju ke atas benar-benar mengesankan dan membuat lutut kamu lemas.

Ada dua puncak yang bisa kamu nikmati. Pemandangannya pun benar-benar cantik dan mengesankan. Oleh karena itu, tidak salah bila banyak pendaki yang datang ke tempat ini setiap weekend. Penasaran bagaimana, keseruan pendakian Gunung Bongkok? Mari kita lanjutkan pendakiannya di bawah ini.

Menuju Titik Awal Pendakian

Titik awal pendakian Gunung Bongkok, bisa diawali dari Kampung Cikandang, Desa Sukamulya Tegal Waru, Purwakarta. Menuju ke tempat ini kamu bisa naik kereta dan turun di stasiun Purwakarta. Menuju ke lokasi kamu bisa numpang truck pasir yang biasa melintas atau sewa kendaraan dengan harga 300 ribu sampai 550 ribu rupiah untuk pulang pergi.

Sumber Gambar: Google Maps @Chuper Adventure

Di Basecamp ini, kamu bisa melihat saung-saung yang bisa kamu pakai untuk istirahat. Biasanya, para pendaki sampai disini sekitar pukul 11 sampai 12 malam. Kemudian, istirahat terlebih dahulu dan memulai menuju puncak sekitar pukul 2 pagi sampai 4 pagi.

Bagi kamu yang belum terbiasa mendaki, disarankan untuk memulai mendaki pukul 2 pagi. Agar kamu bisa menikmati puncaknya dengan pesona matahari terbitnya. Tetapi, bila kamu sudah terbiasanya berangkat pukul 4 juga tidak menjadi masalah. Untuk harga simaksinya kurang lebih 12 ribu rupiah. Bila ingin menyewa saung tambah 10 ribu rupiah.

Menuju ke Pos 1

Pos pendakian Gunung Bongkok memang hanya ada satu saja. Menuju kesana pun juga tidak terlalu sulit. Karena, sudah banyak papan petunjuk yang sudah dipasang di berbagai tempat. Nah, perjalanan menuju ke Pos 1 memang tidak sulit. Waktunya hanya 10 menit hingga 25 menit.

Sumber Gambar: Google Maps @Syamsul Arifin

Jalur yang harus kamu lalui juga cenderung masih ramah. Tanjakan terlihat hanya saja tidak terlalu tajam. Setibanya, di Pos 1 kamu akan melihat banyak saung. Ada beberapa pendaki yang memilih untuk berada disini dan beritirahat disini. Atau ada pula yang memilih mendirikan tenda di atas,

Menuju Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Fred ID

10 menit pertama menuju puncak memang kamu akan dimanjakan dengan trek dan jalanan yang masih lurus. Kadang turun, semuanya tampak indah dan menyenangkan. Tetapi, setelah itu kamu akan menyadari bahwa jalur lurus dan turunan tadi hanyalah untuk pemanasan sebelum kamu naik keatas.

Tanjakan yang akan kamu temui benar-benar diluar dugaan. Kamu harus melewati sudut kemiringan kurang lebih 70 derajat hingga 90 derajat. Nah, disini kamu harus membawa lampu senter yang nyalanya beneran. Karena, perjalanan malam akan sangat berbahaya, bila lampu senter kamu meredup.

Sumber Gambar: Google Maps @sandalkuilang

Disana, ada pohon bambu yang bisa kamu temui. Tetapi, saat kamu mencoba untuk pegangan, rasanya tangan-tangan kamu akan gatal-gatal. Tidak hanya itu saja, jalur treknya pun cukup licin jadi, kamu harus benar-benar berhati-hati. Beruntungnya, kamu bisa memanfaatkan tali webbing yang sudah disediakan.

Oleh karena itu, disarankan membawa kaos tangan yang cukup kuat. Agar tangan kamu tidak sakit selama berpegangan pada tali. Terkadang kamu juga akan melihat bebatuan besar yang sangat besar yang membuat kamu kesusahan naik keatas, dan lutut kamu bisa lemas dibuatnya.

Nah, hampir menuju ke puncak kamu bisa melihat persimpangan dimana belok kiri kamu bisa menuju ke puncak utama. Sementara, ke kanan kamu bisa melihat puncak batu tumpuk. Semunya, sama-sama menghadirkan keindahan yang menawan.

Panorama Gunung Bongkok

Sumber Gambar: Google Maps @Nono Sutrisno

Semua lelah dan keringat kamu akan terbalaskan dengan pemandangan sang fajar yang sangat mengesankan. Kamu juga bisa melihat pemandangan berupa perbukitan dan juga waduk jatiluhur yang benar-benar mengesankan, Terkadang kabut-kabut yang turun juga bisa membuatmu terpukau.

Selain itu panorama kota purwakarta, Gunung Lembu, Gunung Parang, Sungai Citarum, bendungan Cirata dan beberapa desa bisa kamu nikmati dari puncak ini. Tetapi, tetap hati-hati ya, karena di bawah kamu adalah jurang yang menganga.

Kesimpulan

Menuju ke Gunung Bongkok kurang lebih 2 jam hingga 3 jam dan untuk perjalanan turun kurang lebih 1,5 jam hingga 2,5 jam. Jangan lupa bawa persediaan air yang cukup karena, di tempat ini jarang ditemui sumber air. hati-hati pula trek yang disajikan di ketinggian 400, 700 dan 900 Mdpl. Jadi, sudah siap mendaki puncak Gunung Bongkok?