in

Kampung Pejabat, Kampungnya Para Penjual Jamu Legendaris

Sumber gambar: banjarmasin.tribunnews.com

Saat ini, ada banyak tempat yang mulai menunjukkan ciri khasnya. Mereka mencoba menghadirkan keindahan agar banyak wisatawan yang datang. Namanya cukup unik dan menarik yaitu Kampung Pejabat. Sayangnya, disini tidak banyak pejabat yang tinggal lho.

Banyak wisatawan yang sudah datang kesini mengaku terbius akan keindahannya. Banyak kawasan yang instagenic jadi, jangan sampai kamu lupa membawa kamera tingkat tinggi kamu ya. Satu lagi, jangan lupa coba minuman jamu yang sangat spesial di tempat ini.

Mengenal Kampung Pejabat

Sumber gambar: banjarmasin.tribunnews.com

Nama Pejabat disini adalah sebuah singkatan, yaitu Pengolah Jamu Loktabat. Perlu diketahui, bahwa penduduk kampung ini sebagian besar adalah orang perantauan dari pulau jawa yang mencoba peruntungan dengan membuat jamu. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan disuguhkan dengan keasrian kawasan ini.

Penduduknya juga sangat ramah, mereka sadar benar bahwa wisatawan yang berkunjung adalah tamu yang harus dilayani dengan baik. Suasana kampungnya sangat bersih. Membuat kamu betah berlama-lama disini. Bahkan di depan pintu gerbangnya, kamu sudah disambut dengan bola-bola yang unik dan lucu.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Kawasan ini konon katanya sudah terkenal sebagai penghasil jamu sejak tahun 1979. Karena, menjadi mata pencaharian utama, tidak heran bila di rumah mereka ditanami beberapa tanaman obat dan juga berbagai rempah untuk membuat jamu. Konon katanya, semua menu yang ada disini, merupakan resep tradisional dan turun-temurun lho.

Cara Menuju Ke Kampung Pejabat

Kampung Pejabat sendiri terletak di Jl. R O Ulin Gang Baru, Rt.06, Rw.02, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Kamu bisa memulai perjalanan dengan menggunakan pesawat menuju ke Bandara Syamsudin Noor.

Sudah banyak pesawat yang menyediakan penerbangan menuju ke kota ini. Ada Jakarta, Jogja, Solo, dan Surabaya. Untuk harga bervariasi mulai dari 700 ribuan saja. Jarak dari bandara menuju ke objek wisata hanya 16 menit sampai 25 menit saja. Dengan jarak tempuh hanya 10 km.

Daya Tarik

Ada banyak daya tarik yang bisa kamu temui saat mengunjungi tempat ini. Selain bisa belajar mengenai berbagai tanaman obat dan rempah. Kamu juga bisa menemui cafe jamu yang berdiri megah. Suasananya cukup nyaman untuk duduk dan juga bercengkrama dengan teman atau keluarga.

Sumber Gambar: dutatv.com

Dari namanya, seharusnya kamu sudah tahu bahwa. hampir seluruh menunya berasal dari jamu. bahkan, ada juga es krim hingga makanan yang berasal dari jamu lho. Kamu harus mencobanya, karena rasanya benar-benar khas, nikmat dan lezat untuk disantap.

Cobalah untuk menikmati jus kencur, kunyit asem yang sangat segar bila ditambah dengan es. Rasa pahitnya pun seakan tersamarkan dengan pengolahan yang sangat tepat. Tidak hanya dingin saja, jus ini juga bisa disajikan dalam bentuk hangat lho.

Ada berbagai macam harga yang bisa kamu pilih yang disesuaikan dengan ukuran tempatnya, Bila botol dijual mulai dari 15 ribuan. Untuk gelas sendiri hanya 3 ribuan saja. Jamu di sini, mempunyai ketahanan kurang lebih 3 hari sampai 5 hari dengan cara penyimpanan dimasukkan ke dalam kulkas.

Penginapan Sekitar

Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkan tempat ini sebagai kunjungan pertama. Bila kamu datang disaat siang, tidak ada salahnya untuk check in kamar terlebih dahulu. Di sekitar kawasan kamu akan menemukan Fave Hotel yang bisa jadi rekomendasi.

Terletak di Jl. Ahmad Yani km. 32,5 Loktabat Utara, Banjarmasin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jaraknya hanya 4 menit saja, dengan beberapa pilihan kamar mulai dari superior dengan ukuran kamar 20 meter persegi. Ruangan AC, dan bebas asap rokok.

Fasilitas lainnya adalah televisi, desk, serta brankas selanjutnya, ada toilet dan juga shower yang bisa kamu nikmati. Harganya mulai dari 360 ribuan saja tanpa menggunakan sarapan. Bila kamu ingin mendapatkan sarapan, harganya akan naik menjadi 420 ribuan .

Kesimpulan

Kampung Pejabat menjadi salah satu kawasan yang saat ini diburu oleh wisatawan. Maklum saja, di musim corona jamu layak dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar bisa melawan virus yang datang. Jadi, kapan kamu datang ke tempat ini? jamu yang dibuat enak-enak lho.