in

Pantai Mincau, Surga Dunia di Pesisir Barat Indonesia Yang Bikin Takjub

Pantai Mincau
Pantai Mincau

Untuk kamu yang tertarik dengan wisata bahari, Pulau Simeulue, Aceh akan menjadi salah satu destinasi yang akan membuatmu jatuh cinta. Pulau ini memiliki banyak pantai dengan keindahannya masing-masing. Salah satu pantai yang menyimpan panorama keindahan yang telah diakui adalah Pantai Mincau. Untuk bisa ke pantai ini, kamu membutuhkan perjalanan selama 30 – 40 menit menggunakan speed boat.

Selain terkenal dengan keindahan baharinya, Pulau Simeulue juga dikenal karena ombaknya yang ganas. Pulau ini menjadi tempat terfavorit para peselancar karena memiliki karakter ombak barel yang unik dan memacu adrenalin. Penasaran dengan keindahan lain yang dimiliki oleh pantai terindah yang ada di Aceh ini? Yuk simak lebih dalam lagi.

Keindahan Pantai Mincu Yang Tiada Dua

Pantai Mincau yang dikenal juga sebagai Pulau Mincau atau Pulau Kelapa memang memiliki keindahan yang sudah diakui oleh para wisatawan yang pernah berkunjung. Bahkan keindahannya mampu dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang sudah mendunia. Bagi kamu yang tinggal di Aceh dan sekitarnya, tidak perlu ke luar negeri atau luar pulau untuk menikmati keindahan yang sama.

Meskipun letaknya berada di pesisir barat Indonesia, namun hal ini tak mengurungkan niat para wisatawan untuk berkunjung. Pesonanya yang sangat indah akan menarik jutaan pasang mata yang melihatnya. Berikut ini beberapa keindahan yang dimiiki oleh Pantai Mincau yang berada di Pulau Simeulue.

  • Dikelilingi Oleh Pasir Putih dan Pohon Kelapa

Identik dengan keindahan pantai, pantai yang ada di pulau ini juga dikelilingi oleh pasir putih dan pepohonan kelapa. Meskipun sudah sangat terkenal dan hampir setiap pekan dikunjungi oleh para wisawatan, namun pantai ini tetap terasa sangat asri dan alami. Disini kamu juga bisa mendapatkan ketenangan karena tempatnya yang cukup luas dan jauh dari kebisingan.

Perpaduan pasir putih dan pohon kelapa memang sangat sempurna. Siapa sih yang tidak menyukai pasir pantai berwarna putih? Selain akan membuat pantai tampak bersih, pasir putih juga semakin menambah pesona dari pantai. Banyaknya pepohonan kelapa yang ada juga semakin menambah kesegaran dan kesejukan suasana santai di pantai.

  • Cocok Untuk Snorkeling dan Diving

Selain memiliki pasir putih, pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih. Bahkan kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas permukaan air lho! Jika kamu bisa berenang, maka kamu bisa melihat keindahan bawah laut secara lebih jelas dengan snorkeling atau diving. Ini akan menjadi aktivitas yang seru dan tidak akan mudah untuk dilupakan.

Koleksi ikan yang cantik dan terumbu karangnya akan membuatmu terpukau. Keindahan bawah lautnya tidak kalah dengan pulau-pulau atau pantai-pantai yang namanya sudah mendunia. Tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmati keindahan bawah laut di pantai ini.

  • Tempatnya Para Peselancar

Sesuai dengan yang dijelaskan diatas, Pulau Mincau termasuk salah satu pulau yang sering dikunjungi wisawatan mancanegara yang doyan surfing. Keindahan dan keunikan ombaknya sudah terkenal hingga mancanegara lho! Banyak peselancar yang penasaran dan ingin menaklukkan ombak di pantai ini.

Selain di pantai ini, ada banyak pantai lainnya yang masih berada di dalam kawasan Puau Simeulue yang memang terkenal dengan lokasi berselancar yang cukup banyak. Jadi aka nada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan disini! Ombak disini juga sangat ramah untuk kamu yang ingin belajar berselancar.

  • Memiliki Koleksi Fauna Yang Khas

Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan spesies burung punai putih yang hidup di pantai ini. Hutan dengan kelapa yang subur menjadi habitat dari burung punai putih. Bagi kamu yang belum pernah melihat atau bahkan tidak mengetahui spesies burung yang satu ini dijamin akan sangat terpukau dan dibuat melongo dengan kecantikannya.

Selain burung punai putih, disini kamu juga bisa berjumpa langsung dengan kawanan penyu yang kerap bertelur di pantai. Kamu bisa menemani penyu bertelur dan melihat bagaimana menggemaskannya penyu-penyu yang naik ke daratan kemudian kembali lagi ke lautan. Jadi tidak hanya ikan saja yang bisa kamu lihat disini!

Nah, bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Pantai Mincau? Selain pantai ini, kamu juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di Pulau Simeulue, Provinsi Aceh. Jangan lupa untuk membawa kamera karena setiap sudut pantai di pulau ini sangat cantik dan sayang jika tidak diabadikan.