Air Terjun Tansaran Bidin Surga Tersembunyi di Bener Meriah

Bener Meriah merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Saking kayanya, kabupaten ini memiliki beberapa objek wisata yang akan sangat sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah Air Terjun Tansaran Bidin yang berada di Desa Wonosari, Kecamatan Bandar, Kabuaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Untuk bisa sampai di air terjun ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari darat melalui Kota Bener Meriah. Setelah sampai di Desa Wonosari, kamu harus melanjutkan perjalnan sekitar 20 menit berjalan kaki melewati semak belukar dan perkebunan warga untuk bisa sampai di air terjun. Meskipun membutuhkan waktu dan tenaga yang lumayan, namun keindahan yang akan disuguhkan seolah akan membayar lunas lelahnya perjalanan lho!

Pesona Air Terjun Tansaran Bidin

Perjalanan yang akan kamu tempuh untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Tansaran Bidin dijamin tidak akan membosankan. Terlebih lagi jika kamu berkunjung bersama dengan teman-teman, keluarga, maupun orang tersayang. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan hijaunya pepohonan dan deretan tebing yang tampak sangat indah.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kamu wajib berhati-hati saat mengunjungi air terjun ini di musim hujan, sebab jalannya tergolong cukup terjal. Saat musim hujan akan menjadi licin sehingga kamu wajib berhati-hati agar tidak terpeleset. Jalan setapak yang tersedia tidak akan memungkinkan kendaraan untuk melewatinya, jadi mau tidak mau kamu harus menempuhnya dengan berjalan kaki.

Salah satu hal yang membuat air terjun ini menjadi salah satu objek wisata yang ramai diperbincangkan adalah suasana alamnya yang masih terasa begitu asri dan alami. Berikut ini beberapa pesona yang dimiliki oleh Air Terjun Tansaran Bidin.

  • Menerima Penghargaan

Tahukah kamu jika saking indahnya, air terjun yang ada di Kabupaten Bener Meriah ini pernah mendapatkan penghargaan? Objek wisata ini berhasil menyabet Penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2019 kategori Surga Tersembunyi Populer. Penghargaan ini memang sangat sesuai dengan kondisi dan situasi, siapapun yang pernah berkunjung pasti akan setuju jika objek wisata ini seolah menjadi surga dunia.

  • Memiliki Ketinggiar 50 meter

Air terjun berukuran 50 meter memang sudah tergolong cukup tinggi. Ketinggian 50 meter seolah menjadi perpaduan yang sangat pas. Sebab saat kamu berkunjung suara gemericik air yang jatuh seolah akan menghipnotis dan memberikan ketenangan serta kenyamanan. Airnya yang begitu segar juga mampu menghilangkan stress dan penatmu.

  • Panorama Alam Sekitar

Meskipun air terjunnya indah namun jika panorama alam sekitarnya tidak pasti akan menjadi biasa saja kan? Nah, disini kamu seolah akan dibawa ke dunia lain dimana keindahan air tejun dan panorama alam sekitar yang sangat luar biasa. Seolah menjadi lukisan Tuhan yang sangat sempurna. Kamu akan menjumpai pemandangan perbukitan yang hijau dan tebing bebatuan yang tampak sangat eksotis.

  • Kolam Di Bawah Air Terjun

Sama dengan air terjun pada umumnya dimana memiliki kolam yang berada di bawahnya, air terjun ini juga sama. Kamu akan menjumpai kolam atau sungai yang ada di bawah air terjun dengan ukuran yang cukup luas. Disini kamu bisa dengan bebas bermain air, berenang, atau sekedar duduk-duduk santai di bebatuan.

  • Masih Minim Fasilitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa air terjun ini masih sangat asri dan alami. Oleh karenanya, fasilitas yang ada masih sangat minim. Kamu tidak akan bisa menjumpai toilet umum, tempat ibadah, maupun warung atau kantin untuk beristirahat. Jadi disarankan untuk membawa bekal agar bisa berjaga-jaga. Jangan lupa untuk jangan pernah meninggalkan sampah di area air terjun agar kelestarian dan keindahannya tetap terjaga.

Meskipun masih minim fasilitas, namun hal ini tidak akan mengurangi keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Tansaran Bidin. Justru hal ini akan semakin menambah sensasi dan suasana yang masih terasa sangat asri dan alami.

Tempat wisata yang seperti inilah yang membuat liburan semakin terasa sempurna sebab kita seolah bisa menyatu secara sempurna dengan alam. Berkunjung ke tempat ini akan menambah daftar kenangan dan perjalanan terbaik yang dijamin tidak akan pernah mudah untuk dilupakan deh!

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.