in

Menikmati Golden Sunrise di Puncak Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong

Sudah bukan rahasia lagi jika Gunung Burni Telong merupakan destinasi favorit bagi para pecinta alam dan wisatawan yang hobi mendaki gunung. Mendaki gunung kini memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan secara rutin. Selain bisa berwisata, kamu juga bisa menambah kesehatan dan kebugaran badan.

Mendaki gunung kelihatannya memang terdengar akan sangat melelahkan. Namun, lelah karena perjalanan akan dibayar lunas dengan indahnya pemandangan yang akan dijumpai saat berhasil mencapai puncak. Sensasi inilah yang membuat kegiatan mendaki gunung kini menjadi kegiatan favorit para wisatawan. Penasaran dengan keindahan salah satu gunung tercantik di Aceh ini?

Fakta Menarik Wisata Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong berada di Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Dikenal sebagai salah satu gunung tercantik di Aceh sebab gunung ini memiliki keindahan alam yang begitu luar biasa. Aceh seolah tiada hentinya menawarkan beragam objek wisata yang dijamin akan sulit untuk ditolak. Sebab setiap sudut provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah menyimpan kekayaannya masing-masing.

Secara geografis gunung ini berada di Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Jarak antara kaki gunung dari Simpang Tiga Redelong kurang lebih sekitar 16 kilometer yang bisa kamu tempuh selama 30 menit. Titik ini terletak di Bandar Lampahan, Desa Rembune yang merupakan start favorit pendakian di gunung tersebut.

Keindahan gunung ini sudah terkenal tidak hanya di pendaki lokal saja. Gunung berapi ini sudah menjadi incaran bagi pendaki yang berasal dari luar kota seperti Lhokseumawe, Bireun, Medan, Takengon, Banda Aceh, dan kota-kota yang berada di luar provinsi. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik dari Gunung Burni Telong untuk kamu yang penasaran dan ingin mengunjunginya.

  • Termasuk Gunung Berapi Yang Masih Aktif

Gunung ini termasuk gunung berapi yang terhitun masih aktif hingga kini. Menurut data yang ada, pada 7 Desember 1924 gunung ini terakhir kali mengeluarkan laharnya. Aktifitas gunung berapi pada saat itu menyebabkan kerusakan lingkungan pada alam sekitar beserta pemukiman warga yang berada di kaki gunung. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Burni Telong berarti terbakar, nama ini diambil dari nama gunung yang merupakan gunung berapi aktif.

  • Termasuk Gunung Paling Tinggi di Aceh

Ketinggian yang harus kamu taklukkan untuk bisa mencapai puncak gunung ini adalah lebih dari 2.600 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini menjadikannya gunung paling tinggi yang berada di Provinsi Aceh. Hal ini juga yang menyebabkan gunung ini sangat menggoda untuk ditaklukkan para pendaki. Ada kepuasan tersendiri saat berhasil mencapai salah satu puncak gunung tertinggi di Provinsi Aceh.

  • Memiliki Medan Yang Cukup Ekstrim dan Menantang

Bukan mendaki namanya jika track atau jalur yang dilewati biasa-biasa saja. Gunung ini memiliki jalur-jalur dengan medan yang cukup ekstrim dan menantang. Ada beberapa medan yang sangat menanjak sehingga membutuhkan konsentrasi tinggi dan stamina yang mumpuni. Meskipun medannya sangat ekstrim, namun pemandangan di sepanjang perjalanan akan menemani dan membuatmu enjoy kok!

  • Keindahan Samudera Awan

Menikmati sunrise di puncak gunung ini seolah menjadi tujuan utama dari para pendaki. Meskipun di luar sunrise pun pemandangan akan tetap sangat memukau, namun kamu akan menjumpai keindahan samudera awan yang sangat luar biasa menakjubkan di momen matahari terbit atau sunrise.

Perpaduan antara warna jingga dari matahari yang terbit dan samudera awan yang akan membuatmu tampak berada di atas awan sungguh akan menjadi pemandangan yang tidak akan bisa kamu lupakan deh!

Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih saat hendak mendaki, yang pertama yaitu rute melalui Bandar Lampahan dan rute Pante Raya. Mayoritas pendaki mengatakan lebih suka menggunakan rute Bandar Lampahan sebab jarak tempuhnya jauh lebih dekat jika dibandingkan dengan rute Pante Raya. Untuk bisa mencapai puncak, perjalanan yang harus ditempih kurang lebih akan selama 6 jam pendakian.

Pendakian menyusuri perkebunan, hutan belantara, dan taman bunga edelweiss tumbuh subur akan membuatmu semakin semangat untuk bisa mencapai puncak. Untuk kamu yang tidak tahan dengan hawa dingin, maka sangat disarankan untuk menggunakan pakaian hangat karena ketinggian gunung ini akan membuat hawa dan udara sangat dingin hingga menusuk tulang. Jadi, kapan kamu akan menaklukkan Gunung Burni Telong Aceh?

Geomedia - JFK 2022