in

Ajak Si Kecil Bermain Pasir Di Pantai Bagedur Yuk!

Sumber Gambar: penabanten.com

Kecantikan alam Indonesia sungguh tak pernah bisa disa disandingkan dengan alam dimanapun. Indonesia yang kaya akan hasil alam membuat siapapun yang mengenalnya pasti langsung jatuh cinta, mulai dari ujung Sabang sampai ujung Merauke semuanya punya kecantikan alam yang berbeda dan khas. Tak terkecuali dengan Banten, mungkin sebagian orang masih menganggap Banten masuk dalam wilayah Jakarta padahal Banten sendiri merupakan sebuah provinsi. Provinsi Banten merupakan provinsi di paling barat dari bagian Pulau Jawa, dengan ibukotanya yaitu Kota Serang.

Dari wilayah administrasi di 8 kabupaten atau kota terdapat 6 pesisir pantai, itu artinya wilayah Banten di dominasi oleh perairan. Jika melihat perbandingannya lewat angka maka dari luas keseluruhan wilayah Banten yaitu 20.797 kilometer, luas daratan hanya sekitar 9.662 kilometer atau 46 % saja sedangkan sisanya sekitar 11.486 kilometer atau 54 % adalah perairan. Tak heran bila objek wisata di Banten rata – rata berbentuk pantai dan pulau, jumlah pantai yang terkenal atau yang belum terkenal pun bisa mencapai puluhan.

Jalan – jalan ke Banten sangat cocok bagi kamu pecinta olahraga air atau bagi kamu yang mau berbasah – basahan di pantai. Salah satu rekomendasi pantai yang bisa kamu datangi adalah Pantai Bagedur yang berada di Malingping, Lebak, Banten. Ingin lihat kecantikan pantainya serta aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disana? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pesona Pantai Bagedur di Malingping

Sumber Gambar: Google Maps @masis

Pantai ini mempunyai nama yang terkesan unik yaitu “bagedur”, penamaannya ternyata tidak begitu saja disematkan pada pantai ini. Menurut warga yang tinggal di sekitar pantai, kata “bagedur” menggambarkan bunyi meriam. Hal ini berkaitan dengan keberadaan meriam di tengah – tengah penginapan yang jaraknya sekitar 200 meter dari bibir pantai, meriam itu dinamakan meriam aki dan nini Bagedur. Meriam aki dan nini Bagedur menjadi bukti bahwa wilayah Banten khususnya Banten Selatan merupakan wilayah pertahanan dari bangsa asing pada zaman penjajahan dahulu.

Sumber Gambar: Google Maps @fakhriy dinansyah

Melihat bentuk pantai ini sebagian pengunjung pasti setuju bila dikatakan pantainya mirip dengan Pantai Pangandaran yang berada di bagian tenggara Jawa Barat. Mengapa demikian? Bisa dikatakan mirip karena Pantai Bagedur memiliki garis pantai yang terbentang panjang > 5 kilometer serta lebar bibir pantainya mencapai 50 meter. Pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna kecoklatan serta tekstur pasir yang padat, oleh karena itu biasanya para pengunjung bisa mengeksplor garis pantai dengan menggunakan motor.

Sumber Gambar: Google Maps @yopi eldian

Selain itu, untuk pengunjung yang membawa mobil pun bisa memarkirkan mobilnya di bibir pantai karena bibir pantainya yang lebar dan hamparan pasirnya padat. Pantai Bagedur juga cocok menjadi wisata keluarga, kamu bisa membawa si kecil kesini karena pantainya landai dan tidak ada karang sekitarnya. Namun sebaiknya kamu harus tetap berhati – hati ketika bermain air di pantai ini karena ombaknya terbilang cukup besar, maklum saja karena pantai ini memiliki ciri khas laut selatan.

Fasilitas umum yang tersedia di pantai bisa dikatakan cukup lengkap misalnya toilet umum, pos jaga, lifeguard, warung makan, pedagang kaki lima, menara pandang, gazebo hingga sudah dilaksanakannya pembangunan taman tak jauh dari bibir pantai dan akan ada wahana flying fox. Untuk bisa menikmati Pantai Bagedur maka pengunjung harus membayar tiket masuk di loket yang berada sekitar 500 meter dari bibir pantai, harga tiketnya Rp 5.000 per orang.

5 Aktivitas Seru Di Pantai Bagedur

  • Sewa ATV

Sumber Gambar: Google Maps @Muhamad Yusuf Ferdiyanto Adi Nugroho

Aktivitas seru yang satu ini bisa kamu coba selama berada di Pantai Bagedur. Di bibir pantai, kamu bisa menemukan banyak penyewaan ATV. Kamu bisa menggunakan ATV ini untuk mengelilingi garis pantai yang sangat panjang, jika membawa si kecil pun kamu bisa menyewa 1 ATV untuk naik bersama si kecil. Tarif penyewaan mulai dari Rp 15.000 saja, kamu bisa mengeksplor Pantai Bagedur dan melihat keindahannya. Namun sebaiknya kamu tetap berhati – hati saat menggunakan ATV karena pantai ini selalu ramai didatangi pengunjung maka jangan sampai mengganggu kegiatan pengunjung lainnya ya!

  • Bermain pasir

Sumber Gambar: Google Maps @Wawan Setiawan08

Aktivitas yang satu ini cocok dilakukan si kecil di tepi pantai, bermain pasir pasti menambah kecerian si kecil. Sebaiknya kamu membawa perlengkapan dari rumah misalnya cetakan pasir dan sekop mainan untuk bermain pasir. Sambil bermain pasir, kamu dan si kecil bisa berlari kecil ke arah pantai untuk sedikit berbasah – basahan.

  • Menyantap bakso ikan khas Malingping

Sumber Gambar: gofood.co.id

Tak lengkap rasanya bila tak mencoba kuliner tepi pantai. Selain seafood, kamu harus menyantap hidangan yang khas dari wilayah Malingping tempat dimana Pantai Bagedur berada. Salah satu kuliner khasnya yaitu Baso Ikan Khas Malingping, banyak warung makan atau pedagang gerobak yang menjajakan hidangan khas ini. Baso Ikan khas Malingping berbahan dasar ikan tenggiri yang dihaluskan lalu dicampur dengan adonan dan bumbu penyedap yang khas dan direbus beberapa saat. Sambil menikmati pemandangan pantai dan gulungan ombak kamu bisa sambil menyantap hidangan yang satu. Harga per porsi juga tidak begitu mahal yakni mulai dari Rp 15.000 saja per porsi. Dijamin akan bikin kamu ketagihan!

  • Bersantai di gazebo

Sumber Gambar: poskota.co.id

Selain duduk di tepi pantai sambil mengawasi si kecil bermain air, kamu bisa juga duduk – duduk di gazebo yang tersedia disana. Di gazebo ini juga lebih memungkinkan kamu dan keluarga besar untuk meriung bersama sambil menyantap bekal yang sudah dibawa dari rumah.

  • Naik ke menara pandang

Sumber Gambar: poskota.co.id

Jika pembangunan menara pandang di Pantai Bagedur sudah selesai maka pengunjung bisa naik kesana. Menara pandang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan terdiri dari 3 lantai, dari atas menara pengunjung bisa melihat keseluruhan Pantai Bagedur lebih puas.