OUR NETWORK

Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Pemandian Alam Way Belerang

Sumber: travelingyuk.com

Pemandian air panas Way Belerang menjadikan salah satu wisata alam di Lampung yang harus dikunjungi. Ada berbagai macam alasan mengapa destinasi wisata ini menjadi tempat yang penting dan menjadi destinasi wisata andalan dan paling recommended bagi siapa pun yang mengunjungi Lampung.

Sumber: Instagram @ ahxmotorandbikes

Salah satu alasan mengapa destinasi wisata way belerang ini harus dikunjungi yiatu tersimpan berbagai macam manfaat dengan berendam di dalam way belerang. Khususnya untuk manfaat kesehatan dan yang paling utama yaitu bagi yang sedang mengalami gangguan penyakit.

Manfaat Belerang

Berikut ini adalah manfaat dari belerang :

1. Mengatasi Panu Dan Kurap

Manfaat dari berendam di dalam way belerang yang pertama yaitu dapat menghilangi salah satu penyakit kulit yang sangat umum diderita di daerah tropis, yaitu panu dan kurap. Kandungan belerang yang tinggi mampu menetralisir dan juga membunuh semua bakteri yang menjadi penyebab panu dan kurap.

2. Menghilangkan jerawat

Selain dapat menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab kurap dan panu, belerang juga dapat membersihkan kulit wajah dengan cukup baik. Bahkan dapat pula menghilangkan timbunan kotoran dan lemak pada wajah yang menjadi penyebab utama terkena jerawat. Serta bekas jerawat pun juga dapat memudar.

3. Mengatasi gatal – gatal

Apabila tubuh sedang terdapat gangguan gatal – gatal / sering gatal, salah satu solusi utamanya yaitu kunjungi way belerang. Dengan berendam di pemandian alam tersebut, masalah gatal – gatal pada tubuh akan hilang. Rasa panas yang ditimbulkan oleh belerang pun dapat menetralisir luka akibat garukan tangan.

4. Mengatasi koreng dan kudis

Penyakit kulit lain yang dapat disembuhkan oleh belerang lain yaitu koreng dan kudis. Semua luka akibat kudis dan koreng tidak akan terasa lagi dan semua bakteri yang menjadi penyebab koreng dan kudis pun akan Kenya is seketika.

5. Mengatakan eksim

Eksim pada dasarnya merupakan salah satu bentuk dari penyakit gatal – gatal. Hanya saja untuk eksim merupakan suatu penyakit yang akut. Dimana tubuh tidak hanya terasa gatal, namun juga perih. Bekas luka garukan pun mengeluarkan nanah.

Bagi yang menderita eksim, sebaiknya segera kunjungi way belerang. Lalu rasa sakit, perih dan nanah pun akan berkurang. Karena in termasuk penyakit akut, mungkin butuh waktu lama dalam proses penyembuhannya. Jadi harus kunjungi tempat wisata alam ini secara rutin.

6. Mengatasi ketombe

Bukan hanya sekedar penyakit kulit saja yang dapat disembuhkan dengan belerang. Namun juga ketombe. Bahkan mengatasi ketombe dengan berenang di Way Belerang ini jauh lebih efektif daripada produk kecantikan.

7. Mengatasi rosacea

Untuk penyakit kulit rosacea ini disebut juga dengan radang kulit. Jenis penyakit kulit ini sangat jarang terjadi. Tetap penyakit kulit ini dapat sembuh dengan berendam di dalam way belerang.

8. Mengatasi penuaan dini

Khusus untuk manfaat yang satu ini mungkin tidak terlalu nyata. Dengan kata lain lain tidak dapat membuat wajah terlihat lebih muda hanya dengan berendam di Way Belerang ini. Hanya saja semua bakteri, kotoran, sel kulit mati akan hilang. Sehingga kulit pun menjadi lebih sehat dan lebih bersih layaknya adanya suatu regenerasi.

9. Mengatasi radang sendi

Selain sangat bermanfaat bagi kulit, belerang juga baik untuk tulang dan sendi. Rasa panas yang ditimbulkan dari belerang mampu menghilangkan rasa kaku pada tulang. Kandungan dalam belerang yang berupa sulfoxide dimetil merupakan suatu zat yang dimanfaatkan dalam penyembuhan penyakit tulang dan sendi. Jadi berendam di pemandian alam ini dapat sekaligus relaksasi dan melepas penat.

Lokasi Way Belerang Lampung

Way belerang terletak di Kalianda, Lampung Selatan. Lokasi tersebut dapat ditempuh hanya dengan ±2 jam dari arah pusat kota Bandar Lampung. Kondisi jalan pun sangat luas dan memadai, sehingga sangat mudah dijangkau dengan berbagai macam kendaraan. Entah itu motor, mobil, mini bus, hingga bus pariwisata besar.

Sumber: lampung.tribunnews.com

Rute lokasi menuju ke way belerang ini cukup dengan menyelusuri jalur lintas Sumatra yang menuju ke arah Kalianda, Lampung Selatan. Untuk patokan dari lokasi tempat wisata pemandian alam ini yaitu gedung Bupati Lampung Selatan. Kemudian ikuti saja petunjuk arah jalan yang ada. Dapat pula memanfaatkan akses Google map.

Harga Tiket Masuk Dan Waktu Operasional Way Belerang

Harga tiket masuk untuk destinasi wisata pemandian alam ini tidak begitu mahal. Untuk tarif khusus anak – anak hanya sebesar 10.000 IDR / orang dan dewasa sebesar 15.000 IDR / orang. Selain mengeluarkan akomodasi tiket masuk, pengunjung juga harus mengeluarkan akomodasi parkir sesuai dengan jenis kendaraan. Untuk tarif parkir sepeda motor yaitu 15.000 IDR dan mobil sebesar 20.000 IDR. Sedangkan untuk tarif parkir bus sekitar ±25.000 IDR.

Sumber: pararawendy.wordpress.com

Waktu operasional untuk Way Belerang ini tidak menentu untuk jam tutupnya. Jam buka dari destinasi wisata pemandian alam ini dimulai sekitar ±08.00 WIB. Sedangkan untuk jam tutupnya terkadang pada pukul 17.00 WIB / 18.00 WIB. Namun ada suatu waktu destinasi wisata ini dibuka hingga malam. Biasanya pengunjung yang pada malam hari masih berada di area sedang melakukan terapi belerang.

Fasilitas Way Belerang

Fasilitas yang terdapat di destinasi wisata alam Way Belerang ini cukup memadai dan kompleks. Mulai dari toilet, kamar bilas, tempat ibadah, area parkir luas, taman, food court, pondok dan lain sebagainya. Untuk kondisi air di toilet dan kamar bilas ialah air tawar.

Sumber: Instagram @ahxmotorandbikes

Walaupun di area tempat wisata ini telah disediakan area food court dengan menu kompleks dan harga terjangkau, namun peraturan di tempat wisata ini cukup fleksible. Dimana pengunjung dibebaskan untuk membawa makanan dari luar. Sehingga dapat menekan biaya akomodasi kuliner.

Untuk fasilitas utama di tempat wisata ini yaitu sumber mata air panas yang mengandung belerang. Area pemandian telah dibeton, jadi terlihat jauh lebih bersih. Ada 2 buah kolam yang tersedia di Way Belerang ini. Kolam dilengkapi dengan pancuran kecil dengan kondisi suhu sekitar ± 50° C – 60° C.

Sumber: travelingyuk.com

Kolam pertama mempunyai kedalaman kolam maksimal yaitu 1,5 meter dengan kondisi dasar kolam berundak. Sehingga cukup aman untuk anak – anak dan minim resiko tenggelam. Kondisi belerangnya tidak terlalu kuat.

Kolam yang kedua mempunyai kedalaman maksimal hanya 1 meter. Untuk kolam yang kedua ini memiliki kandungan belerang yang jauh lebih tinggi daripada kolam pertama. Jadi bau air lebih menyengat. Untuk kolam yang kedua ini menjadi tempat utama dalam melakukan terapi belerang.

Fasilitas lain yang ada di Way Belerang yaitu area outbound dan playground. Dalam area tersebut terdapat berbagai macam jenis permainan yang menyenangkan. Lalu di tempat ini juga dilengkapi dengan pendopo / balai pertemuan.

Sedangkan untuk fasilitas yang tidak boleh dilewatkan yaitu produk khas dari Way Belerang ini. Produk tersebut berupa sabun batang yang terbuat dari belerang. Harga sabun sangat murah, hanya 1000 IDR dan berisi 2 buah sabun batang ukuran kecil.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…