OUR NETWORK

Danau Bekri Lampung Sebagai Destinasi Yang Recommended Untuk Relaksasi Dengan Suasana Hening Sempurna

Sumber: Facebook @ Ini Lampung Yay

Danau Bekri menjadi sebuah tempat wisata yang mempunyai karakter uniknya. Danau ini tidak begitu besar, terapi ada beberapa hal menarik daring pesona danau. Sehingga membuat danau ini menjadi cukup hits dan dijadikan sebagai spot foto yang sangat ikonik dengan suasana khas area perkebunan.

Semua nuansa alam yang terdapat di Danau Bekri membuat destinasi wisata ini menjadi tempat yang sangat recommended untuk relaksasi. Semua beban dan keletihan yang dapat menjadi terasa ringan. Sebab suasana di destinasi wisata ini sangat tenang dan hening.

Lokasi Danau Bekri

Letak dari danau bekri, tidak begitu strategis. Sebab danau ini pada dasarnnya masih berada di dalam area perkebunan kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit tersebut dikelola sepenuhnya oleh PT Perkebunan Nusantara VII / PTPN VII.

Dengan demikian Danau Bekri bukan merupakan tempat umum yang dapat dilalui oleh siapapun, kecuali para pegawai di PTPN VII dan orang yang berkepentingan. Tetap pihak dari PTPN VII telah memutuskan untuk memanfaatkan danau bekri sebagai tempat wisata alam. Sehingga danau itu pun dapat dikunjungi oleh siapapun.

Sementara itu, untuk akses menuju ke lokasi danau tidak begitu mudah dan jauh dari jalan raya. Oleh sebab itu penggunaan alat transportasi umum sangat tidak recommended sebagai akses menuju ke destinasi wisata alam ini.

Selama perjalanan, akan melewati area perkebunan milik PTPN VII. Dengan kata lain akan disambut dengan nuansa khas perkebunan. Jenis tanaman yang dikelola di perusahaan tidak hanya kelapa sawit, tetapi ada beberapa tanaman perkebunan seperti singkong, tebu dan lain sebagainya.

Sumber: Instagram @aan_bmc

Untuk alamat lengkap dari Danau Bekri yaitu berada di daerah Seputih Mataram, Lampung Tengah. Daerah tersebut tidak terlalu jauh dari pusat kota Bandar Lampung. Waktu perjalanan dari arah Bandar Lampung hanya selama ±1½ jam. Untuk arah darurat kota Bandar Lampung, cukup dengan menyelusuri jalan lintas Sumatra. Kemudian ada 2 buah rute perjalanan untuk menuju ke destinasi wisata Danau ini.

Sedangkan rute terbaik dalam menuju ke Danau Bekri yaitu rute Wates / Kampung Wates. Daerah tersebut berada di kec Bumiratu. Rute lain menuju ke Danau yaitu rute Gotongroyong, Kec Gunung Sugih.

Harga Tiket Masuk Danau Bekri

Khusus untuk harga tiket masuk di destinasi wisata alam ini tidak menentu. Dengan kata lain selalu berubah – ubah sewaktu – waktu. Terkadang harga tiket masuk menuju ke danau ini adalah gratis dan tanpa adanya akomodasi apapun. Namun suatu waktu akan dikenakan biaya retribusi. Biasanya biaya retribusi tersebut merupakan biaya jasa parkir dan akses masuk menuju ke Danau Bekri.

Umumnya biaya retribusi terbesut sebesar 5000 IDR. Tetapi ada kemungkinan biaya retribusi yang berlaku lebih dari 5000 IDR. Namun tidak perlu khawatir sebab besarnya biaya retribusi tidak lebih dari 20.000 IDR.

Fasilitas Danau Bekri

Fasilitas yang tersedia di Danau Bekri ini masih tergolong cukup minim. Hal ini menjadi sangat wajar mengingat lokasi dari danau berada di dalam kawasan perkebunan yang dikelola secara langsung oleh sebuah perusahaan agribusiness. Apalagi PTPN VII lebih mementingkan hasil perkebunan daripada keberadaan sebuah tempat wisata yang cukup potensial.

Sumber: Instagram @hilmansuhandi

Dengan letak area danau yang berada di dalam kawasan tersebut, menjadi cukip sulit dikembangkan apabila pihak perusahaan PTPN VII seakan mengabaikannya. Sebab semua perkembangan pada danau bekri harus mendapatkan suatu ijin terlebih dahulu dari PTPN VII. Karena telah jelas lokasi danau yang masih berada di dalam wilayah perusahaan perkebunan tersebut, secara tidak langsung menjadi milik PTPN VII.

Jadi pengunjung harus membawa suatu perlengkapan sendiri dari rumah, khususnya untuk makanan dan minuman. Untuk area parkir juga masih berantakan dan tidak teratur dan pengunjung parkir dengan sesuka hati.

Sumber: triptrus.com

Satu – satunya fasilitas yang ada di Danau Bekri yaitu suatu jembatan yang menjadi penghubung antar daratan dan pulau kecil di tengah danau. Di beberapa sudut jembatan telah disediakan atap untuk berteduh. Fasilitas lain dari danau ini yaitu pesona alam yang masuh sangat asri dan natural. Dengan pengunjung yang tidak begitu banyak, dapat leluasa untuk mengeksplorasi danau tersebut.

Spot Danau Bekri

Sebagainya salah satu destinasi wisata yang tidak begitu mendapat perhatian dari pihak swasta maupun pemerintah, membuat spot yang ada di Danau Bekri inilah cukup terbatas. Hal ini pun menjadi suatu yang cukup wajar dan dapat dimaklumi.

Walaupun cukup terbatas, setidaknya masih sesuai dengan kondisi pengunjung yang sedikit. Hal tersebut dapat dilihat dari tag di instagram tentang Danau Bekri yang hanya ada beberapa postingan. Bahkan jumlah post tentang Danau Bekri tidak lebih dari 50.

Berikut ini adalah spot yang dapat dinikmati di Danau Bekri :

1. Jembatan

Sumber: Facebook @ Ini Lampung Yay

Jembatan menjadi satu – satunya fasilitas satu – satunya dan sekaligus menjadi spot foto satu – satunya yang ada di danau bekri. Nuansa jembatan sangat tradisional dan cukup ikonik dalam menggambarkan karakter suatu taman air. Jembatan tersebut hanya terbuat dari material kayu. Kondisi jembatan pun tidak terlalu lebar dan panjang, tetapi jembatan terlihat sangat kokoh.

Jembatan juga tidak terlalu lebar dan hanya dapat dilewati oleh seorang, jadi harus jalan satu per satu. Serta harus bersabar saat berpapasan dengan pengunjung lain dengan arah yang berlawanan. Dengan pengunjung yang masih sedikit, tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini. Dengan jembatan ini, menjadi satu – satunya cara dalam mengeksplorasi Danau Bekri. Selain itu juga menjadi satu – satunya akses untuk menuju ke arah tengah danau.

Di jembatan tersebut terdapat beberapa spot / lebih tepat dengan beberapa titik yang dilengkapi dengan atap. Jadi dapat digunakan untuk berteduh. Material atap yang digunakan pun sangat sederhana dan hanya berupa lempangan seng.

2. Danau Bekri

Untuk spot yang satu ini merupakan menjadikan spot utama di destinasi wisata alam Danau Bekri sendiri. Nuansa akan yang disuguhkan danau terasa sangat natural. Dengan pengunjung yang cukup sedikit membuat tempat ini sangat cocok untuk relaksasi dan menenangkan pikiran. Hal tersebut menjadi suatu kelebihan dari destinasi wisata alam ini. Keheningan yang akan diperoleh dengan mengunjungi Danau Bekri sangat sempurna. Air danau pun dapat menciptakan suasana yang sangat tenang dan damai dan sejuk.

Selain suasana danau yang tenang dan hening, pesona dari danau pun cukup mempesona. Sekeliling danau pun dipenuhi dengan pepohonan dan area hijau. Kondisi air danau pun juga sangat jernih. Saat ini kondisi air danau telah ditumbuhi dengan beberapa spesies tumbuhan air. Tumbuhan tersebut membuat suasana alam danau menjadi sangat natural.

Selain tumbuhan air, di dalam Danau Bekri juga terdapat beberapa spesies ikan. Keberadaan ikan di dalam danau masih sangat aman dan tidak begitu terancam. Penduduk sekitar pun jarang terlihat di lokasi danau hanya untuk sekedar memancing.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…