OUR NETWORK

Pesona Mistis Gunung Bungkuk Sebagai Gunung Paling Angker Di Indonesia

Sumber: pariwisato.com

Gunung Bungkuk mempunyai ciri khas yang sangat terkenal akan kisah mistis yang menyelimutinya. Bahkan gunung tersebut menjadi gunung paling angker yang ada di Indonesia. Bahkan kesan dari mistis dan angker gunung melebihi dari gunung merapi jogja yang dianggap sebagai gunung keramat.

Sumber: Instagram @emong_soewandi

Banyak peristiwa mistis yang pernah terjadi di Gunung bungkuk. Seperti penampakan dari sosok anak dalam yang merupakan makhluk mistis yang mendiami gunung setinggi ±1162 m. Disamping dari kesan mistis yang sangat kuat, menyebabkan diberlakukan aturan khusus yang tidak boleh di langgar siapapun yang hendak memasuki area gunung. Ataupun hanya sekedar hiking menikmati pesona gunung yang memiliki bentuk unik dan sedikit membungkuk.

Selain identik dengan kesan mistis, Gunung Bungkuk juga mempunyai julukan lain. Julukan dari gunung disebut dengan Benteng / Tebo Bulet.

Lokasi Gunung Bungkuk

Gunung bungkuk terletak di Komersial, Merigi, Bengkulu. Daerah tersebut cukup terpencil dan sulit untuk dijangkau. Hal tersebut diperkuat dengan adanya aura mistik gunung yang berbahaya. Oleh karena itu bagi yang hendak mengunjungi gunung harus dengan juru kunci Gunung, supaya tidak tersesat.

Sumber: Instagram @widhiofrock

Rute perjalanan yang ditempuh juga cukup jauh dan dapat mencapai sekitar seharian penuh dari pusat kota Bengkulu. Untuk rute arah jalan yang tepat mengunjungi gunung adalah melalui Kec Pagar Jati. Sementara untuk jarak antara Kec Pagar Jati dan gunung mencapai ±4 km.

Rute Arah Menuju Ke Destinasi Gunung Bungkuk

Rute lokasi menuju ke arah gunung Bungkuk dapat ditempuh melalui jalan simpang masuk tugu Hiu. Kemudian menuju ke arah Desa Pondok Kubang. Dari desa pondok Kubang, menuju ke arah pertigaan Keroya. Arah tersebut dapat ditempuh sepanjang ±20 kilometer.

Sumber: pariwisato.com

Dari arah pertigaan Keroya, ambil arah yang menuju desa Karang Are. Perjalanan tersebut memakan jalan sepanjang ±5 km. Setelah sampai di Desa Karang Are, dapat langsung menuju ke arah Gunung Bungkuk.

Tips Menuju Ke Puncak Gunung Bungkuk

Sebelum menuju ke Gunung Bungkuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena gunung sangat angker, keberadaannya dijaga dengan sangat ketat. Tidak ada seorang pun yang dibebaskan untuk mengunjungi gunung tersebut.

Sumber: Instagram @ino.suke

Apabila hendak mengunjungi gunung, harus melakukan beberapa ritual dan meminta ijin terlebih dahulu sesuai dengan arahan warga setempat. Terutama arahan yang akan disampaikan oleh juru kunci. Akan lebih baik lagi jika perjalanan didampingi oleh juru kunci. Juru kunci tersebut dapat menuntun menuju ke puncak gunung dengan rute yang terbaik. Juru kunci juga sekaligus menjadi pelindung ketika berada di Gunung Bungkuk tersebut.

Juru kunci akan menunjukkan 2 buah rute terbaik menuju ke puncak gunung. Rute yang pertama adalah jalan setapak yang dipenuhi dengan tumbuhan belukar. Sedangkan untuk rute yang kedua adalah rute dengan jalan setapak yang berupa bebatuan.

Kedua rute menuju ke atas bukit mempunyai resiko tinggi. Tingkat kemiringan dari gunung juga cukup curam dengan tingkat kemiringan mencapai 40 – 50 derajat. Perlu diketahui di area Gunung Bungkuk tidak akan dijumpai hewan apapun. Hal ini disebabkan karena kondisi gunung yang diselimuti dengan aura mistik yang sangat kuat.

Sumber: Instagram @_rhiyo

Dengan mengikuti arahan tersebut, pengunjung pun dapat mendaki Gunung Bungkuk dengan sangat aman. Serta tanpa resiko apapun. Sehingga hal – hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Terutama hal buruk yang berhubungan dengan dunia mistis. Butuh waktu selama sehari penuh untuk melakukan hiking di Gunung Bungkuk. Ketika malam telah tiba, sebaiknya bermalam di area gunung.

Pada malam hari suasana gunung menjadi sangat sunyi, sepi dan gelap. Begitu pula dengan cuaca gunung juga sangat dingin. Jadi harus menyediakan selimut dan jaket yang cukup tebal supaya tidak terkena hipotemia.

Kisah Anak Dalam Cerita Mistis Dibalik Gunung Bungkuk

Kisah anak dalam yang merupakan sosok gaib penghuni Gunung Bungkuk memang sangat populer. Ada tidaknya sosok tersebut merupakan hal mistik yang sangat dipercayai akan keberadaan dari sosok tersebut. Keberadaannya juga sangat diperkuat dengan beberapa pengakuan dari orang yang mempunyai kemampuan spiritual yang merasakan anak dalam memang benar adanya. Sebagai sosok mistis dan daerah Indonesia sendiri sangat mempercayai akan animinse, membuat sosok anak dalam sangat dihormati.

Sumber: Instagram @lilihromawati01

Selain itu Gunung Bungkuk yang menjadi tempat tinggal anak dalam dijaga dengan sangat baik. Area tersebut harus sangat bersih dan tidak akan kerusakan sedikit pun yang dibiarkan begitu saja. Baik secara fisik maupun verbal. Karena hal itu, warga setempat mempunyai aturan khusus dan harus ditaati oleh siapapun yang menginjak kaki di gunung tersebut.

Keberadaan dari sosok mistis tersebut memang belum diketahui secara pasti asal usulnya. Apakah sosok tersebut merupakan jelmaan dari seorang raja, dewa, pertapa dan lain sebagainya. Berdasarkan pengakuan dari seorang sosok anak dalam digambarkan sebagai seorang yang memakai baju putih. Sosok tersebut, konon sering duduk di atas perahu. Jika suatu ketika sosok anak dalam menampakkan diri dengan berjalan menyelusuri gunung. Merupakan suatu tanda akan adanya suatu peristiwa yang cukup besar.

Sumber: Instagram @merius_tasko

Seperti suatu peristiwa yang pernah terjadi pada tahun 90an. Seseorang melihat sebuah sosok yang memakai pakaian putih sedang berjalan menyelusuri gunung. Kemudian tidak berselang lama, area gunung dan sekitarnya mengalami musim kemarau yang cukup panjang dengan suasana terik matahari yang cukup panas.

Hal tersebut mengakibatkan adanya kebakaran yang terjadi secara alami di seluruh hutan yang berada di gunung bungkuk dan area sekitar. Peristiwa kebakaran yang terjadi secara alami hanya sebuah fenomena alam. Itu juga pernah diuji secara ilmiah.

Sosok Mistis Lain Selain Anak Dalam

Ada suatu fakta mistis lain yang juga cukup mencengangkan. Sosok tersebut adalah sepasang harimau. Sosok harimau juga sangat dipercaya merupakan penghuni dari gunung tersebut. Belum diketahui secara pasti bentuk seutuhnya dari sosok harimau tersebut. Begitu pula dengan warna bulu dari harimau, apakah termasuk harimau yang berwarna kuning maupun putih. Hal yang memperkuat dari keberadaan harimau tersebut adalah dengan ditemukan suatu bukti. Bukti tersebut berupa bulu harimau yang sering terlihat dalam gua.

Tidak jauh dari lokasi Gunung Bungkuk, terdapat gua keramat dan sebuah kuburan batu. Untuk gua memang dijadikan sebagai tempat keramat dan sekaligus sebagai tempat untuk bernazar serta sebagai bentuk atas bukti syukur. Warga yang telah melakukan nazar di gua juga selalu memberi beberapa sesajen.

Sedangkan untuk kuburan batu masih sangat misterius. Tidak ada seorang pun yang tahu tentang kuburan batu tersebut. Tetapi masyarakat setempat juga turut percaya bahwa kuburan juga merupakan kuburan keramat. Berdasarkan kepercayaan warga setempat, sosok harimau tersebut juga merupakan sosok mistis. Harimau juga merupakan harimau jelmaan.

Itulah beberapa fakta mistis tentang gunung bungkuk. Keberadaan dari sosok mistis yang mendiami gunung memang tidak dapat dibuktikan secara langsung. Namun harus menghormati sosok tersebut sebagai suatu hal yang dipercayai keberadaannya oleh beberapa orang.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…