in

Siapkan Dirimu, Petualangan yang Sesungguhnya Ada di Wana Wisata Ciwaringin

Sumber gambar dari alyarentcar.com

Wana Wisata Ciwaringin menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi. Kawasannya sangat asri, berupa pedesaan khas Sunda didominasi oleh pepohonan kayu putih. Pemandangan sawah dan juga gunung akan mengingatkan kamu kepada sebuah lukisan anak-anak zaman dahulu.

Mengenal Wana Wisata Ciwaringin

Sumber: nativeindonesia.com

Wana Wisata Ciwaringin menjadi tempat paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari sekitar Cirebon maupun luar Cirebon.  Ciri khas yang tidak bisa kamu lupakan adalah pemandangan desa yang benar-benar menakjubkan mata. Hijaunya mampu mencuci mata kamu hingga bersih lho.

Cara Menuju ke Titik Lokasi

Lokasi Wana Wisata Ciwaringin terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Bagi kamu yang ingin pergi ke tempat ini, mulailah dari Tol Kanci – Palimanan. Ikuti saja jalannya, ada banyak papan petunjuk menuju ke lokasi. Bila bingung, kamu bisa bertanya ke beberapa warga sekitar yang akan mengarahkan kamu kesini.

Untuk Jam bukanya sendiri dimulai dari pukul 8 pagi dan akan tutup pukul 6 sore. Tiket masuknya pun juga tidak mahal. Kamu akan dikenakan sebesar Rp10 ribu saja. Ditambah dengan jasa parkir bagi yang membawa mobil Rp5 ribu dan Rp3 ribu bagi kamu yang menginginkan naik kendaraan bermotor.

Ada juga transportasi lain yang bisa kamu pilih. Mulai dari kereta atau juga Bus. Selanjutnya, bisa menyewa motor atau juga naik ojek online.

Keindahan Wana Wisata Ciwaringin

Sumber: nativeindonesia.com

Sebelum kita berbicara mengenai keindahannya, lebih baik kita berbicara terlebih dahulu mengenai fasilitas yang akan kamu nikmati selama disini. Ada toilet, WC, mushola, kamar mandi yang semuanya berada dalam kondisi yang sangat baik. Jadi, kamu tidak perlu ragu bila ingin memanfaatkannya.

Nah, Wana Wisata Ciwaringin ini sendiri mempunyai berbagai macam aktivitas yang bisa kamu nikmati. Tetapi, semua aktivitas yang dihadirkan disini menuntut kamu untuk mengeluarkan tenaga. Jadi, persiapkan benar fisikmu dan bersenang-senanglah dengan alam.

Sumber: nativeindonesia.com

Baiklah, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjelajah alam Ciwaringin. Kamu akan diajak mengelilingi hutan dengan suguhan beberapa pepohonan yang menjulang tinggi, Selain itu, ada juga tanaman perdu yang tumbuh dan biasa dijadikan wisatawan sebagai spot foto.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pohon minyak kayu putih yang menjadi ciri khas kawasan ini. Kalau kamu lihat, batang dari pohonnya sebenarnya tidak terlalu besar, Tetapi, bentuk daunnya yang nyatanya cukup unik. Berbentuk Bulan Sabit. Dan biasa dijadikan sebagai salah satu tanaman obat.

Sumber: nativeindonesia.com

Jadi, bagi kamu yang sering membeli minyak kayu putih. Berkunjung ke tempat ini kamu akan melihat bahan utamanya langsung. Cobalah petik dan rasakan baunya yang sangat khas.

Sumber: nativeindonesia.com

Bagi kamu yang menyukai kegiatan memancing, kamu bisa memanfaatkan beberapa spotnya yang sudah tersedia disini. Nuansanya memang bisa dikatakan juara. Hati-hati bila memancing disini. Kamu bisa mengantuk dengan semilir angin yang berhembus lirih.

Danau alami yang terbentuk ini menyediakan banyak ikan-ikan mulai dari yang kecil hingga yang besar. Sayangnya, kamu harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah. Pihak pengelola memang tidak menyediakannya.

Danau ini bernama Ciranca mempunyai diameter 300 meter. Penampakan yang bisa kamu lihat adalah kejernihan danau dan suasananya yang benar-benar alami. Hasil tangkapan ini boleh di bawa pulang lho. Aktivitas selanjutnya, adalah wahana motor cross. Permainan ini memang mampu memacu adrenalin kamu. Kebut-kebutan di jalanan berpasir menjadi sebuah tantangan yang wajib kamu coba.

Jangan takut menggunakan motornya. Karena, sudah berstandar internasional. Jadi, kecelakaan karena kesalahan teknis pada motor tidak akan pernah terjadi.

Kesimpulan

Keindahan alam yang ada disini memang terlepas dari kebersihan yang selalu terjaga. Oleh karena itu, disarankan membawa kantong bekas. Semua sampah makanan dan minuman harap dimasukkan ke dalam kantong dan buanglah pada tempatnya.

Wana Wisata Ciwaringin menjadi salah satu tempat yang tidak boleh kamu lupakan. Ada banyak kegiatan alam yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke tempat ini. Aksesnya yang tidak terlalu sulit membuat tidak ada alasan lain untuk tidak mengunjungi. Jadi, kapan kamu akan ajal sekeluarga pergi menjelajah kawasan ini?