OUR NETWORK

Alasan Tepat Mengapa Kamu Harus Berkunjung Ke Pulau Tidung

Sumber: Tapak.id

Nama Pulau Tidung mungkin tidak asing lagi bagi kamu. Dimana, objek wisata di Jakarta ini mempunyai sejuta keindahan yang tiada duanya. Tidak heran bila banyak wisatawan yang memilih tempat ini sebagai salah satu daftar kunjungan di saat libur panjang.

Sejarah Pulau Tidung

Sumber: Instagram @fajarhw

Sebelum kita masuk lebih jauh bagaimana panorama Pulau Tidung. Tidak ada salahnya bila melihat sejenak sejarah yang sudah tertulis di Pulau ini. Menurut cerita orang tua yang menghuni tempat ini. Nama kawasan ini diambil dari seorang raja yang memimpin sebuah suku.

Sumber: Google Maps @very deandels

Suku tersebut memiliki kerajaan bernama Tidung Kuno yang ada di tahun 1076 sampai 1156. Kehadiran Belanda membuang Raja Pandhita memberontak. Mereka kalah dan sang raja akhirnya diasingkan. Mampu melepaskan diri dari pengasingan. Raja Pandhita bersembunyi di sebuah pulau. Disana, beliau mendapat sebutan kaca. Beliau juga tidak menyebutkan dari mana. Hingga meninggal dan dimakamkan di sekitar kawasan yang saat ini masih merawat dengan baik. Tidak lama kemudian, ada yang mencari keberadaan Raja Pandhita. Karena, arif dan bijaksana, sebagai wujud penghormatan nama pulau tersebut akhirnya diberi nama Tidung.

Keindahan Pulau Tidung

Sumber: Tapak.id

Objek wisata ini mempunyai luas kawasan kurang lebih 109 hektar. Mempunyai dua pulau dan dihubungkan melalui sebuah jembatan sepanjang 800 meter. Jembatan ini mempunyai sebuah mitos lho.

Ada banyak mitos yang tersaji disini. Banyak dari mereka yang cukup mempercayai. Bagi kamu yang jomblo, kamu akan segera menemukan jodoh, bagi yang punya sepasang kekasih. hubunganmu akan semakin langgeng. kalau yang sedang bertengkar maka, tak lama kemudian bakal baikan.  Mereka hanya perlu berjalan menyusuri jembatan ini saja. oleh karena itulah banyak yang menyebutnya sebagai jembatan cinta. 

Sumber: Paket Tour Belitung

Nah, di kawasan ini ada banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati. Mulai dari permainan air yang super menyenangkan. Salah satunya adalah melompat dari jembatan ini ke bawah. Salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan seru untuk dinikmati.

Bila masih kurang, disini juga menyediakan berbagai peralatan untuk snorkeling atau juga diving. Maklum saja, dunia bawah lautnya memang begitu mengesankan. Bisa juga meminjam single canoe, banana boat, jetski, double canoe yang bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp30 ribu saja 

Sumber: lostpacker.com

Selain panorama alamnya, kamu juga bisa menyewa sepeda atau membawa sendiri dari rumah. Berkeliling wisata menyusuri setiap sudut pulau. Menjadi sebuah aktivitas yang super menyenangkan.

Bersama dengan kekasih hati di sore hari sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Langit akan berubah seketika menjadi oranye. Pemandangan yang pastinya membuat kamu terpukau. Apalagi, disini ada banyak sekali tempat untuk melihat kecantikannya.

Agrowisata dan Ziarah Makam

Tidak hanya bersepeda saja, trek yang disajikan juga bisa kamu manfaatkan untuk jogging. Selain itu, tidak ada salahnya bila kamu mengunjungi Agrowisata. Mulai dari perkebunan buah naga, penangkaran ikan Hiung, hingga mengolah kotoran sapi menjadi biogas. Seperti yang sudah dijelaskan di sejarah pulau ini. Terdapat makam Raja Pandhita dan adalahi Pangeran Hitam. Keduanya bisa kamu kunjungi. Tetapi, jangan saat bulan ruwah ya. Di bulan ini, banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang dan melaksanakan upacara sadranan. Bila kamu beruntung, kamu juga bisa mengikuti prosesnya lho.

Menuju Ke Pulau Tidung

Menuju ke Pulau Tidung punya beberapa alternatif. Pertama, kamu bisa naik speed boat dari Dermaga Marina Ancol dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Selanjutnya, ada di pelabuhan muara angke dengan kapal ferry yang memakan waktu 3 jam.

Sumber: Joko Yuwono

Terakhir, kamu bisa melalui pelabuhan Rawa Saban yang akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Jadi, kamu mau pilih yang mana?

Kesimpulan

Untuk penginapan sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Sudah banyak tempat menginap yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari rumah warga dengan harga Rp100 ribu sampai hotel berbintang dengan harga Rp500 ribu. Pulau Tidung menjadi bagian dari Kepulauan Seribu yang tidak akan pernah ada habisnya. Pesona yang dihadirkan cukup mengesankan. Ayo, masukkan Pulau Tidung di daftar kunjungan kamu. Dijamin pasti seru dan menyenangkan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…