in

Berbagai Daya Tarik Objek Wisata Pantai Selimpai

Pantai Selimpai
Source Image: marisaalimasite.wordpress.com

Pantai Selimpai terletak di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pantai ini terletak di wilayah konservasi Taman Wisata Alam Tanjung Belimbing. Pemandangan yang disuguhkan pantai ini berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Jika biasanya pantai identik dengan pemandangan pohon kelapa yang menjuntai tinggi, maka pantai ini memiliki pemandangan lain. Pantai ini dikelilingi dengan pemandangan pohon pinus yang tumbuh lebat dan tinggi. Sangat jarang ditemukan adanya kawasan hutan pinus yang berada di sekitar pantai.

Karena terletak di Pulau Selimpai, pantai ini terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Oleh karenanya, jika anda ingin berkunjung ke pantai ini anda harus menggunakan perahu motor atau spead boat sekitar setengah jam. Di sepanjang perjalanan untuk menuju ke pantai, anda bisa menikmati hamparan laut yang sangat indah. Anda juga bisa melihat laut natuna karena Pulau Selimpai ini berbatasan dengan Laut Natuna. Jadi bisa dijamin perjalanan anda tidak akan membosankan.

Sumber: iklankalbar.com

Keindahan alam yang masih terasa alami bisa anda rasakan. Udara yang sejuk, bebas dari polusi, disertai dengan pemandangan pantai dengan pasir putih akan membuat anda sangat nyaman. Karena dataran pantai yang tergolong landai, pantai ini memiliki ombak yang tidak besar. Ombak dari pantai ini masih tergolong sedang dan aman bagi anda yang ingin bermain air atau berenang di kawasan pantai. Pantai Selimpai sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat dari keramaian hiruk pikuk daerah perkotaan.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Selimpai

Sumber: marisaalimasite.wordpress.com

Memiliki bagian daratan yang menjorok ke laut membuat Pantai Selimpai ini tergolong dalam pantai yang unik. Salah satu pantai eksotis yang dimiliki oleh Kalimantan Barat ini menjadi daya tarik yang sangat besar bagi pertumbuhan pariwisata di wilayah ini. Jika anda berkunjung, anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang sangat menyenangkan.  Anda bisa berkeliling dan menjelajahi pantai dengan bersepeda atau berjalan kaki tanpa perlu khawatir kepanasan karena lebatnya pohon pinus yang mengelilingi pantai.

Sumber: bataritours.com

Bagi anda yang menyukai kegiatan berenang, anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dari pantai ini dengan cara snorkeling. Keindahan bawah laut yang disajikan tidak kalah indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang terkenal dengan pemandangan bawah lautnya. Selain itu bagi anda yang ingin bermalam di pantai ini, anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi beramai-ramai bersama para sahabat dan keluarga. Pantai ini juga sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai kegiatan memancing, berbagai macam ikan dengan berbagai ukuran bisa anda dapatkan disini.

Berbagai Macam Jenis Penyu di Pantai Selimpai

Sumber: borneoscape.com

Bagi anda yang memutuskan untuk menginap di pantai ini, anda juga bisa menyaksikan proses penyu bertelur. Sebagai salah satu kawasan konservasi, pantai ini juga dimanfatkan sebagai salah satu tempat penangkaran penyu yang ada di Indonesia. Biasanya para penyu akan naik ke pantai pada malam hari, jadi menginap adalah pilihan yang tepat agar anda bisa menyaksikan peristiwa yang jarang dijumpai di tempat wisata yang lain.

Sebagai salah satu tempat penangkaran penyu di Indonesia, Pantai Selimpai akan dikunjungi oleh penyu setidaknya lima kali dalam satu tahun untuk bertelur. Beberapa jenis penyu yang memilih pantai ini sebagai tempat berkembang biak antara lain terdiri dari penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Menurut hasil penelitian, di dunia ini hanya terdapat tujuh jenis penyu yang tersebar diseluruh penjuru dunia. Dan uniknya enam diantaranya terdapat di Indonesia, selain empat jenis yang disebutkan sebelumnya, dua jenis lainnya yang bisa ditemukan di Indonesia yaitu penyu tempayan dan penyu pipih.