in

Air Terjun Berawan Sebagai Air Terjun Tertinggi di Kalimantan Barat

Air Terjun Berawan
Air Terjun Berawan

Pulau Kalimantan memang memiliki ratusan wisata air terjun, salah satunya berada di Provinsi Kalimantan Barat. Di Provinsi Kalimantan Barat terdapat satu objek wisata air terjun yang tertinggi, yaitu Air Terjun Berawan. Jika mendengar namanya, kebanyakan orang yang tidak mengetahui tentang sejarahnya pasti akan membayangkan adanya awan yang menghiasi air terjun. Namun tidak demikian, nama Berawan tersebut berasal dari bahasa dayak yaitu Berawan’t  yang berarti emas.

Objek wisata air terjun ini terletak di Dusun Biang, Desa Bengkawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Objek wisata air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung karena terkenal sebagai air terjun tertinggi di Kalimantan Barat. Karena julukannya ini, para pengunjung yang berasal dari luar Kota bahkan luar pulau rela jauh-jauh datang untuk memuaskan rasa penasaran mereka. Selain sebagai air terjun tertinggi, Air Terjun Berawan ini juga menjadi salah satu objek wisata air terjun terbaik yang ada di Pulau Kalimantan.

Sumber: Instagram @deviefarraditajane

Berada di aliran anak Sungai Biang air terjun ini terletak di ketinggian 160 mdpl dengan aliran air terjun dengan ketinggian mencapai 75 meter. Tidak heran jika objek wisata air terjun ini dijuluki sebagai air terjun tertinggi. Aliran air terjun yang terdengar sangat deras akan membuat suasana menjadi sangat menyatu dengan alam. Anda dapat menikmati beningnya air terjun yang ada di kolam penampung dibawah curahan aliran air. Batu-batu yang berukuran besar disekitar air terjun dapat anda duduki untuk menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Jika anda berkunjung pada saat musim hujan, maka disarankan untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika aliran air sungai diatas air terjun tiba-tiba deras sehingga akan menimbulkan air dengan curah arus yang tinggi. Karena tidak ada penjaga yang ada di atas air terjun, dikhawatirkan para pengunjung akan terseret arus dan hilang. Oleh karena itu disarankan untuk senatiasa berhati-hati dan menjaga diri dengan baik saat berkunjung.

Ada Sejarah Unik Air Terjun Berawan

Sumber: Instagram @modestus95

Terbentuknya Air Terjun Berawan ini ternyata dilatar belakangi oleh adanya legenda yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Konon katanya ada sebuah pertempuran antara seekor ular raksasa melawan seorang Panglima Perang. Karena Panglima Perang tersebut memiliki ilmu dan kesaktian yang sangat luar biasa, akhirnya Panglima Perang dapat mengalahkan ular raksasa tersebut dengan cara memotong tubuh ular pada saat pertempuran terjadi. Kemudian bagian dari tubuh ular yang telah terpotong tersebut tiba-tiba telah menjelma berubah menjadi air terjun yang memiliki ukuran yang sangat besar dan tinggi.

Sumber: Instagramn @dhaniielev

Selain mitos tersebut, terdapat juga mitos tentang adanya seekor rusa yang sering menampakkan diri di kawasan air terjun ini. Rusa itu terlihat menghasilkan sinar kuning keemasan pada saat melewati air terjun. Karena beberapa kali didapati penampakan seekor rusa yang bersinar keemasan inilah, maka air terjun ini diselipkan nama berawan yang dalam bahasa dayak berarti emas. Sampai saat ini pun legenda tentang terbentuknya air terjun ini masih menjadi mitos dan banyak dari warga setempat yang percaya dan tidak percaya atas cerita tersebut.

Akses Menuju Air Terjun Berawan

Sumber: bappeda.bengkayangkab.go.id

Untuk menuju ke lokasi air terjun, anda bisa mengendarai kendaraan roda empat dan roda dua. Jika anda berangkat dari Kota Bengkayang, maka perjalanan yang akan anda tempuh kira-kira selama 45 menit. Setelah sampai di titik awal lokasi, anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalanan kaki selama kurang lebih 30 menit. Namun bagi anda yang mengendarai sepeda motor, anda bisa langsung  ampai di tepian air terjun dan kemudian menuruni tebing sekitar 5 menit saja. Tidak dikenakan tiket masuk ke Air Terjun Berawan, anda hanya perlu membayar sebasar Rp. 5.000 jika anda menitipkan kendaraan anda ke penduduk setempat.