in

Kesejukan Objek Wisata Air Terjun Ringin Yang Masih Alami

Bagi anda yang sangat menyukai kegiatan berwisata dengan nuansa alam dan petualangan, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak merupakan tempat yang cocok untuk anda kunjungi. Sesuai dengan nama Kecamatannya yaitu Air Besar, kawasan ini memiliki berbagai sumber mata air. Anda akan menjumpai berbagai wisata air terjun jika anda berkunjung ke Kecamatan Air Besar. Beberapa air terjun yang sering dikunjungi adalah Air Terjun Terpaan, Air Terjun Romboksetin, Air Terjun Remabo, Air Terjun Meroban, Air Terjun Beda wandi, Air Terjun Berul, Air Terjun Ringin, Air Terjun Padelembayung, dan Air Terjun Terinting

Salah salah satu wisata air terjun yang wajib untuk anda kunjungi di Kecamatan Air Besar adalah Air Terjun Ringin. Terletak di Dusun Tejo, Desa Sepangah, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Air terjun ini menjadi salah satu yang paling sering dikunjungi karena memiliki pesona keindahan alam yang sangat asri. Air terjun ini memiliki tingkat 3 yang semakin menambah keindahannya. Dengan di dominasi dengan bebatuan-bebatuan yang ada di kawasan tersebut yang menimbulkan suara gemiricik air yang syahdu akan membuat para pengunjung nyaman dan betah untuk berlama-lama berada disana.

Akses Menuju Air Terjun Ringin

Sumber: Instagram @tejo_life

Untuk bisa sampai di objek wisata Air Terjun Ringin, anda akan menempuh perjalanan kira-kira selama satu jam dengan berjalan kaki. Untuk itu tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai kegiatan hiking atau mendaki. Anda akan melewati kawasan yang seperti hutan dengan jalur yang cukup landai sehingga tidak begitu melelahkan. Meskipun anda harus berjalan kaki melewati pepohonan yang seperti hutan, anda tidak akan tersesat karena telah ada petunjuk arah yang akan menuntun anda untuk sampai di tempat tujuan. Perjalanan akan terasa menyenangkan jika anda pergi beramai-ramai bersama dengan teman-teman anda.

Sumber: Instagram @ penkyxs_

Jika anda sudah mendengar gemiricik suara air, maka itu pertanda bahwa anda sudah dekat dengan air terjun. Setelah sampai, anda akan merasakan kesejukan angin yang berhembus. Hembusan angin membawa butiran-butiran air terjun akan membuat keringat dan lelah karena telah berjalan jauh selama satu jam akan hilang. Perjalanan yang cukup melelahkan dan memakan waktu akan terbayar dengan pemandangan yang akan anda jumpai.

Sumber: Instagram @dikdoraharjo

Air yang turun tidak akan sederas seperti air terjun yang lainnya. Karena disini air yang turun akan melewati tiga tingkat bebatuan sehingga tidak turun dengan deras. Gemiricik air yang turun secara perlahan, ditambah dengan pemandangan pohon hijau yang mengelilingi tempat ini merupakan salah satu pemandangan yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan.

Tips Berlibur di Air Terjun Ringin

Sumber: indonesiakaya.com

Bagi anda yang sudah memiliki rencana untuk berkunjung, disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup seperti air minum dan makanan atau snack ringan. Karena di tempat ini tidak akan ada warung atau tempat yang menyediakan makanan dan minuman. Dan jangan lupa untuk membawa kantong  kresek untuk membuang sampah yang anda bawa. Dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan di kawasan air terjun karena akan merusak ekosistem dan keindahan alam yang ada. Dan disarankan untuk menggunakan alas kaki yang anti selip saat anda berkunjung di musim penghujan. Karena jalanan yang licin akan menyebabkan anda terjatuh atau terpeleset.

Untuk tiket masuk ke kawasan Air Terjun Ringin tidak dikenakan biaya. Anda hanya perlu membantu untuk tidak membuang sampah sembarangan sehingga kelestarian yang ada akan tetap terjaga. Bagi anda yang membawa kendaraan sepeda motor, bisa dititipkan ke warga setempat sebelum anda melakukan perjalan untuk mendaki menuju air terjun. Biasanya tidak dikenakan biaya untuk menitipkan motor, namun tak jarang juga pengunjung yang tetap memberi upah untuk pemilik rumah sebagai bentuk ucapan terimakasih.