in

Pulau Lemukutan, Liburan yang Sesungguhnya

Sumber Gambar Dari Instagram @lemukutan_island

Diantara semua kawasan pulau di Kalimantan Barat. Ada satu tempat yang harus kamu kunjungi. Kawasan tersebut adalah Pulau Lemukutan. Dimana, kamu akan dimanjakan dengan pesona airnya yang tidak akan pernah berhenti dari awal kamu tiba sampai kamu pulang.

Pulau ini dihuni oleh beberapa penduduk yang akan menyambut kamu saat menginjakkan kaki disini. Keramahannya memang bisa dikatakan juara. Bahkan, kamu merasa seperti pulang ke kampung halaman lho. Udaranya sangat sejuk, asri dan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Mengenal Pulau Lemukutan

Sumber: pontianak.tribunnews.com

Satu hal yang harus kamu perhatikan saat mengunjungi pulau ini. Keberadaan listrik dan sinyal. Biasanya hanya ada saat malam hari, diatas pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi. Bahkan, ada yang hanya sampai pukul 3 pagi. Selain listrik, kamu juga harus perhatikan sinyal yang memang sulit mendapatkannya.

Berada ditempat ini kamu akan merasakan bagaimana liburan yang sebenarnya, tanpa kesibukan dunia lain melalui handphone. Kamu juga bisa bermain dengan penduduk sekitar lho. Mereka akan dengan senang hati memberikanmu pengalaman yang tidak bisa kamu temukan di kota.

Sumber: phinemo.com

Nama Pulau lemukutan sendiri berasal dari warga pontianak yang melihat kawasan ini dari jauh berbentuk seperti seekor lembu. Dalam bahasa dayak, lembu bisa diartikan sebagai lemukutan.

Cara Menuju ke Pulau Lemukutan

Menuju ke Pulau Lemukutan tidaklah sulit. Tempat pertama yang harus kamu tuju adalah Pantai Samudera Indah Bengkayang. Kemudian, kamu bisa menggunakan kapal yang menempuh jarak selama 1 jam sampai 2 jam. Harga yang harus kamu bayar mulai dari 30 ribu sampai 60 ribu rupiah.

Sumber: m.brilio.net

Di sepanjang perjalanan kamu bakal disuguhkan dengan birunya air laut, gunung, serta perbukitan yang menjulang. Sungguh, pemandangan yang membuat kamu enggan berkedip. Terlebih lagi, semilir angin sepoi-sepoi terasa. Membuat perjalanan menuju ke Pulau Lekumutan tidak akan pernah membosankan. Bila beruntung, kamu juga bisa melihat banyak burung-burung berkicauan dan saling bersahutan lho.

Pesona dan Keindahan Pulau Lemukutan

Sumber: daengpajoka.com

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati disini, mulai dari snorkeling, bertemu dengan banyak biota laut. Salah satu spot terbaiknya adalah Bungaron. Dimana, kamu bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang mengesankan. Sayangnya, kamu harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah. Bagi kamu yang datang saat sore hari, ada pemandangan tambahan yang bisa kamu nikmati. Biasanya, lumba-lumba akan ikut berenang dan berada di sebelah kapal kamu.

Sisi menariknya lagi adalah melihat matahari terbenam dari kapal. Pesona siluet Pulau lemukutan benar-benar membuat kamu terpana dan enggan untuk berkedip. Dari bibir pantai pun, pesona senja juga tidak kalah romantisnya. Biasanya kamu bisa melihat banyak kapal yang berlalu lalang.

Sumber: amazingsingkawang.com

Selain snorkeling, kamu juga bisa menyewa kano lho untuk berkeliling atau pergi memancing ikan. Maklum saja, tidak jauh dari tempat ini, kamu bisa menikmati spot memancing, dan bisa mendapatkan ikan-ikan yang melimpah. Ikan ini bisa kamu olah di restoran tempat kamu menginap lho.

Cobalah berbaur bersama dengan warga sekitar, mereka orangnya ramah-ramah sekali. Kamu akan disambut dengan berbagai macam aneka kuliner. Bahkan, kamu bisa mencoba memasaknya langsung lho. Bisa juga kamu memanggil para warga untuk menikmati momen bakar ikan bersama dari hasil tangkapan kamu. Sungguh, pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Penginapan Sekitar

Tempat ini memang super lengkap. Kamu bisa menikmati hotel hingga villa. Dengan harganya mulai dari 300 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah sekali pun ada. Fasilitas minimnya adalah kipas angin, disertai dengan sarapan pagi dengan menu khas Kalimantan Barat. Semakin tinggi harga, kamu bisa merasakan berbagai fasilitas.

Bahkan, ada villa yang kamarnyanya mempunyai fasilitas balkon dan menghadap langsung ke laut lho. Bayangkan, bila kamu bangun tidur, dan kamu melihat langsung matahari terbit tanpa perlu beranjak dari kamar.

Kesimpulan

Pulau Lemukutan menjadi salah satu kawasan di Kalimantan barat yang sayang untuk kamu lewatkan. Ada banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati disini. Mulai dari penginapan hinggam dunia bawah lautnya yang tidak bisa dibohongi. Jadi, Kapan kamu akan mengagendakan waktu menuju ke Pulau Lemukutan?